Putar YouTube Sambil Chatting akan Didukung oleh WhatsApp

Tanggal : Senin, 17 Juli 2017 - 23:30 WIB
Penulis : Iwan RS


Putar YouTube Sambil Chatting akan Didukung oleh WhatsApp

MOBITEKNO - Apabila kita membuka (men-tap) sebuah alamat (URL) YouTube yang diterima melalui pesan WhatsApp (WA), biasanya aplikasi YouTube akan dijalankan secara otomatis untuk membuka alamat tersebut.

Kini, developer WA dikabarkan sedang menguji fitur baru yang berkaitan dengan YouTube. Dengan fitur ini, video YouTube tersebut dapat langsung diputar tanpa harus menjalankan aplikasi YouTube. Dengan demikian, pengguna bisa menonton video sambil melakukan chatting secara bersamaan.

Bukan hanya memutar video dalam WA, pengguna pun dapat memakai fungsi pinch-to-zoom untuk mengontrol posisi dan ukuran video YouTube agar berada di atas (pop-out) aplikasi WA. Sayangnya, jendela video yang pop-up tersebut akan tertutup (hilang) secara otomatis jika pengguna berpindah dari satu chat/group ke chat/group lain.

Fitur yang disebut 'Picture in Picture mode' ini mirip dengan fitur pop-up video YouTube pada browser Opera. Opera dapat mem-pop-out video YouTube agar pengguna dapat membuka halaman web (tab) baru sambil terus menonton video YouTube yang sedang diputar.

Menurut informasi yang dperoleh wabetainfo.com, fitur ini baru diuji di platform iOS. Belum diketahui, kapan fitur baru ini akan diuji di Android. Mengingat faktor ukuran layar, fitur ini baru didukung oleh iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S+, iPhone 7, dan iPhone 7 Plus.