July 9, 2016

Dimulai iPhone 7, Apple Dikabarkan Tidak Lagi Produksi Varian 16 GB

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Dimulai iPhone 7, Apple Dikabarkan Tidak Lagi Produksi Varian 16 GB  

MOBITEKNO – Informasi mengenai Apple iPhone 7 yang akan diluncurkan dalam beberapa bulan ini mulai bermunculan. Salah satu topik yang cukup ramai dibicarakan adalah mengenai tidak disertakannya lagi port/jack audio (headphone) 3,5 mm dan tombol Home (home button).

Di samping kedua rumor itu, masih ada lagi kabar burung lainnya, seperti adanya fitur dua lensa pada kamera iPhone 7 yang juga mulai diadopsi beberapa smartpone premium Android.

Ternyata masih ada satu lagi perubahan iPhone 7 yang dilakukan Apple. Kali ini menyangkut kapasitas internal storage pada semua varian iPhone 7 saat dirilis nanti. Kabar terbaru ini menyebutkan Apple tidak lagi menawarkan iPhone 7 dalam varian 16 GB seperti yang selam ini dilakukannya.

Apple biasanya membedakan varian iPhone berdasarkan kapasitas internal storage-nya yang diwakili varian 16 GB, 64 GB, dan 128 GB. Pengecualian terjadi seri iPhone SE yang hanya tersedia dalam dua varian, yaitu 16 GB dan 64 GB.

Menurut informasi yang disampaikan ke media Wall Street Journal, Apple sepertinya mulai mendengar masukan dan keluhan dari penggunanya yang mempertanyakan absennya varian 32 GB iPhone dan lebih memilih iPhone 16 GB sebagai varian terbawah/termurah.

Absennya varian 32 GB iPhone selama ini diduga merupakan strategi Apple agar calon pembeli yang tidak ingin memilki varian 16 GB dapat langsun memilih iPhone dengan kapasitas internal storage yang lebih besar (64 GB atau 128 GB).

Apabila Apple benar-benar tidak lagi menyediakan varian iPhone 16 GB, besar kemungkinan varian iPhone termurah akan tersedia dengan kapasitas 32 GB atau bahkan 64 GB. Belum dapat dipastikan, apakah iPhone 7 varian terbawah (32 GB atau 64 GB) akan ditawarkan dengan harga yang kurang lebih sama dengan varian 16 GB pada iPhone sebelumnya.

Terlepas dari harga jualnya nanti, perubahan ini (jika benar terjadi) merupakan langkah positif Apple karena mau mendengar feedback konsumennya selama ini. Meski cloud storage sudah lazim digunakan sebagai perpanjangan media penyimpanan smartphopne, kapasitas internal storage 16 GB sudah dianggap kurang memadai mengingat ukuran sistem operasi, aplikasi, file-file multimedia yang terus membesar dari waktu ke waktu.

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES