July 8, 2016

Berharap Atasi Macet Uber Perluas Layanan UberPOOL Hingga Jabodetabek

Penulis: Elizabeth Swanti
Berharap Atasi Macet Uber Perluas Layanan UberPOOL Hingga Jabodetabek  

MOBITEKNO – Jakarta makin macet! Itu keluhan tak asing yang sering didengar banyak orang. Pemerintah sendiri telah melakukan beragam cara untuk mengatasi hal ini seraya membangun lebih banyak infrastruktur untuk membantu mengurai kemacetan. Meski demikian, sektor swasta juga diharapkan turut berperan dalam tujuan ini; terutama taksi online yang mengklaim fungsi dan tujuannya bukan hanya untuk mempermudah yalanan transportasi bagi pengguna memberikan lapangan pekerjaan dan penghasilan tambahan bagi pengemudinya, namun juga membantu mengurangi kemacetan di wilayah ibukota.

Salah satu upaya yang dilakukan layanan taksi online Uber adalah dengan meluncurkan layanan terbarunya, UberPOOL mulai akhir Juni lalu. Dilansir melalui siaran persnya yang diterima Mobitekno.com, UberPOOL yang diluncurkan di Jakarta bulan Mei 2016 adalah pilihan ridesharing terbaru yang memasangkan Anda dengan pengguna lain yang melakukan pemesanan dari area yang sama ke tujuan yang searah.

Uber menyatakan keyakinannya bahwa uberPOOL adalah masa depan transportasi: mengangkut lebih banyak orang dalam jumlah mobil lebih sedikit, yang seiring berjalannya waktu akan membantu mengurangi kepadatan lalu lintas dan polusi udara.

Pasalnya, dengan berbagi tumpangan, masing-masing pengguna berhemat 25 persen dari biaya perjalanan reguler dengan uberX, sambil mengurangi kepadatan lalu lintas. Tak hanya itu, biaya perjalanan dengan uberPOOL dijamin dimuka, bahkan jika Anda tidak terpasangkan dengan pengguna lain, Anda tetap membayar biaya yang sama. Dikatakan oleh Dian Safitri, Head of Communications Uber Indonesia, walau ada uberPOOL, pilihan perjalanan dengan uberX tetap tersedia untuk Anda.

Mulai 29 Juni 2016, Uber memperluas lokasi penurunan perjalanan uberPOOL ke seluruh wilayah kota Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang dan Bogor, sementara lokasi penjemputan tetap berada di sebagian kota Jakarta dalam peta tertentu.

Menariknya, Uber juga memberikan promo khusus bagi pengguna pertama UberPOOL, yakni perjalanan gratis senilai Rp. 35 ribu dengan memasukkan kode promosi TEMANPOOL.

Penggunaan uberPOOL di seluruh dunia sejak pertama diluncurkan hingga awal 2016 telah berhasil mengurangi perjalanan berkendara sejauh 144,8 juta kilometer – hampir setara dengan jarak Bumi ke Matahari – menghemat konsumsi BBM sebanyak 6,8 juta liter, dan mengurangi emisi karbon dioksida sebesar 16.000 metrik ton

Tags: , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES