Dengan Aplikasi 'Backup and Sync', Backup File dari Windows dan Mac ke Google Drive Jadi Lebih Mudah

Tanggal : Kamis, 13 Juli 2017 - 23:30 WIB
Penulis : Iwan RS


Dengan Aplikasi 'Backup and Sync', Backup File dari Windows dan Mac ke Google Drive Jadi Lebih Mudah

MOBITEKNO - Google telah mengumumkan software backup all-in-one "Backup and Sync" yang berfungsi untuk melakukan backup dan sync berbagai jenis file, seperti dokumen, foto, atau gambar di PC/notebook ke layanan penyimpanan cloud Google Drive dan Google Photos. Aplikasi ini tersedia untuk platform dan Mac.

Aplikasi "Backup and Sync" sangat mudah digunakan. Pengguna cukup memilih file dan folder yang ingin di-backup (atau di-sync), lalu aplikasi tersebut akan melakukan tugasnya secara otomatis untuk mentrasfernya ke layanan cloud  storage Drive atau Photos.

Selain itu, "Backup and Sync" juga dapat dapat mengimpor dokumen/foto pada SD cards atau USB flash drive saat kamera, SD card, atau perangkat storage lainnya terhubung ke PC/notebook.

Ada pula beberapa fitur spesifk lainnya, misalany opsi bagi pengguna untuk meng-upload foto dalam resolusi yan lebih rendah (jika alokasi penyimpanan yang tersisa tinggal sedikit).

Aplikasi yang menggabungkan fungsi backup dan sinkronisasi ini dapat dikatakan sebagai jawaban Google untuk solusi yang disediakan Apple untuk platform Mac, yaitu Time Machine. Meski tidak sepenuhnya sama, pengguna Mac yang ingin menggunakan berbagai layanan cloud Google kini punya pilihan lain di luar layanan Apple iCloud. Aplikasi "Backup and Sync" sudah tersedia atau dapat diunduh (download) di Google Drive atau Google Photos.