July 6, 2016

Dukung Startup Global, Lenovo Bikin Inkubator

Penulis: Desmal Andi
Dukung Startup Global, Lenovo Bikin Inkubator  

MOBITEKNO – Maraknya enterpreneur digital yang diikuti dengan semakin ramainya startup baik global maupun global tak luput dilewatkan oleh Lenovo. Pekan lalu, produsen komputer asal Tiongkok ini mengumumkan peluncuran Lenovo Accelerator, inkubator yang menawarkan pendanaan, infrastruktur dan dukungan bisnis untuk startup kewirausahaan yang mengkhususkan diri dalam teknologi mutakhir, termasuk robotika, kecerdasan buatan (AI), dan big data. Lenovo Accelerator dijalankan oleh Lenovo Capital and Inkubator Group (LCIG), salah satu dari empat kelompok bisnis utama dari Lenovo yang bertujuan untuk mengintegrasikan sumber daya Lenovo global, meningkatkan layanan Internet dan ekosistem intelijen melalui investasi dan mendorong inovasi dalam dan di luar Lenovo.

Program Lenovo Accelerator yang pertama sedang dilakukan dalam kemitraan dengan Hong Kong Cyberport, sebuah jaringan komunitas 700 digital startups industri dan pengusaha teknologi dan target startup di Hong Kong dan Tiongkok selatan. Melalui proses aplikasi yang terbuka, total 10 startup akan diundang untuk berpartisipasi dalam program inkubasi tiga bulan yang komprehensif yang mencakup ruang kerja di Cyberport, mentoring profesional, riset dan konsultasi teknologi, produksi prototipe, dukungan roadshow, dan lain-lain. Selain itu, setiap startup akan menerima bantuan dana tahap awal sekitar US$ 100 ribu.

"Dengan latar belakang Lenovo yang kaya teknologi, rantai pasokan, merek dan jaringan pemasaran global, kami memiliki posisi untuk membentuk masa depan teknologi mutakhir melalui kemitraan dengan start-up dan membawa produk mereka ke pasar," kata George Dia, Senior Vice President dan CTO dari Lenovo Group dan President of Lenovo Capital and Inkubator Group (LCIG) melalui siaran persnya.

George Dia mengakui bahwa tujuan pembentukan Lenovo Accelerator tidak hanya untuk mendorong keuntungan finansial, namun ia juga melihat nilai yang signifikan untuk Lenovo dalam mengidentifikasi teknologi dan inovasi yang memiliki potensi dimasukkan ke dalam produk yang berorientasi pada konsumen.

"Lenovo Accelerator adalah lebih dari sebuah kendaraan finansial. Kami akan membantu pengusaha dan mengembangkan bisnis mereka dengan cepat dengan memanfaatkan kekuatan Lenovo, "kata Cindy Liang, General Manager Lenovo Accelerator ini. "Lenovo memiliki luas penuh layanan dan sumber daya untuk membantu para pengusaha Accelerator mengembangkan konsep produk mereka dan berada di pasaran dengan cepat, termasuk kemampuan R&D, jaringan pemasaran, solusi rantai distribusi dan jaringan mentor global."

Lenovo Accelerator berharap untuk melakukan dua atau tiga program Accelerator lebih selama tahun-tahun mendatang, dengan tujuan memelihara 20-30 perusahaan teknologi selama 12 bulan ke depan.

 
 
Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES