Kembangkan Tujuh Seri Nokia, HMD Global Berambisi Hadir di Semua Segmen Pasar

Tanggal : Rabu, 12 Juli 2017 - 23:30 WIB
Penulis : Iwan RS


Kembangkan Tujuh Seri Nokia, HMD Global Berambisi Hadir di Semua Segmen Pasar

MOBITEKNO - Sedikit demi sedikit, HMD Global sudah mengumumkan jajaran smartphone yang bakal hadir tahun ini. Setelah untuk pertama kali kembali meramaikan pasar smartphone dengan memperkenalkan seri mid-range Nokia 6, HMD Global kemudian mengumumkan dua seri smartphone (Nokia 3 dan Nokia 5) dan satu seri feature phone, Nokia 3310 (2017) Reborn.

Di samping Nokia 3310 (2017) yang sudah hadir di pasar Tanah Air, berdasarkan database di website Ditjen Postel (Ditjen SDPPI e-sertifikasi), setidaknya sudah ada dua seri Nokia lagi yang sedang menunggu giliran sertifikasi, yaitu Nokia 3 dan Nokia 5.

Apabila Nokia 3 difokuskan untuk smartphone entry level, segmen mid-range diperuntukkan untuk Nokia 5 dan Nokia 6. Apakah HMD Global cukup puas dengan dua segmen tersebut? Mengingat branding Nokia yang kuat di masa lalu, HMD Global diyakini juga kepincut mengambil peruntungan di segmen smartphone kelas atas (high-end) dengan mengandalkan seri flagship-nya.

Tidak heran jika akhirnya santer terdengar seri pamungkas Nokia 9 akan bakal hadir dengan spesifikasi premium, seperti prosesor nomor wahid Snapdragon 835, layar resolusi Quad HD (1440 x 2560 pixel), kamera ganda dengan dukungan teknologi Carl Zeiss, dan beberapa fitur mumpuni lainnya

Dengan hadirnya Nokia di tiga segmen ini, tentu banyak yang ingin tahu apa saja lini lengkap produk smartphone yang bakal meluncur di pasar tahun ini atau mungkin tahun depan.

Berdasarkan sumber terpercaya yang diperoleh media NPU (NokiaPowerUser.com), setidaknya ada tujuh (7) seri smartphone Nokia dengan prosesor berbeda yang akan hadir di pasar. Ketujuhnya ada yang diperkuat prosesor Qualcomm Snapdragon dan ada pula yang akan diperkuat prosesor MediaTek.

Seri terbawah, Nokia 2 masih belum dapat dipastikan jenis prosesornya, apakah memakai Qualcomm (Snapdragon 212) atau prosesor MediaTek entry level. Yang sudah pasti adalah seri entry level Nokia 3 yang menggunakan prosesor MediaTek MT6737 (CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53, GPU Mali-T720MP1).

Berikut ini daftar lengkap smartphone Nokia berbasis Android 7.x Nougat beserta prosesor yang diusungnya di berbagai segmen pasar smartphone.

  • Nokia 2 (Snapdragon 212 atau Mediatek)
  • Nokia 3 (Mediatek MT6737)
  • Nokia 5 (Snapdragon 430)
  • Nokia 6 (Snapdragon 430)
  • Nokia 7 (Snapdragon 630)
  • Nokia 8 (Snapdragon 660
  • Nokia 9 (Snapdragon 835)