July 6, 2016

Baru Pertama Kali Diadakan, Tim Indonesia Sabet Gelar Juara di Shell Eco Marathon DWC

Penulis: Desmal Andi
Baru Pertama Kali Diadakan, Tim Indonesia Sabet Gelar Juara di Shell Eco Marathon DWC  

MOBITEKNO – Shell Eco Marathon Drivers World Championship (SEM DWC) akhirnya usai digelar pada 3 Juli 2016. Dan, satu tim dari Indonesia, yaitu Tim Bumi Siliwangi Team 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mampu menjadi kampium di gelaran yang pertama kali diadakan Shell sejak 30 tahun penyelenggaraan Shell Eco Marathon. Tim ini berhasil mengalahkan tim mahasiswa dari Prancis dan Amerika Serikat di final SEM DWC yang berlangsung di Queen Elizabeth Olympic Park, London, Inggris.

Tim Bumi Siliwangi Team 4 yang memboyong mobil UrbanConcept berenegi baterai elektrik “Turangga Cheta EV3” berhasil mengalahkan Tim ISEN Toulon, Perancis yang juga membawa mobil berenergi baterai elektrik, yang meraih posisi kedua di ajang ini. Posisi ketiga diraih oleh Tim Mater Dai Supermileage High School dari Amerika Serikat yang menghadirkan mobil UrbanConcept berbahan bakar bensin.

“Kami sangat senang dapat mengambil bagian dari ajang ini sekaligus meraih gelar juara pertama di ajang bergengsi Shell Eco Marathon Drivers World Championship,” kata Amin Sobirin, tim manager Tim Bumi Siliwangi Team 4 UPI. 

Kegembiraan ini juga diungkapkan oleh Darwin Silalahi selaku Presiden Direktur dan Country Chairman Shell Indonesia. “Kami sangat bangga dan berbesar hati atas prestasi dan kemenangan yang diraih oleh Tim Bumi Siliwangi Team 4 dari UPI paa ajang bergengsi Shell Eco Marathon Drivers World Championship yang baru diselenggarakan untuk pertamakalinya oleh Shell ini,” ujar Darwin.

Selama 30 tahun Shell selalu menyelenggarakan Shell Eco Marathon di berbagai negara untuk mencari dan merangsang para anak muda dan mahasiswa menciptakan kendaraan hemat energi. Namun, baru pada tahun 2016 ini, para pemenang Shell Eco Marathon diadu kembali dalam ajang Shell Eco Marathon Drivers World Championship. UrbanConcept sendiri merupakan kategori yang masih menggunakan sistem pembakaran. Kompetisi ini berlangsung dari tanggal 30 Juni – 3 Juli 2016.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES