Direspons Positif, Kapan Galaxy Note Fan Edition Masuk Pasar Global?

Tanggal : Selasa, 11 Juli 2017 - 12:00 WIB
Penulis : Iwan RS


Direspons Positif, Kapan Galaxy Note Fan Edition Masuk Pasar Global?

MOBITEKNO - Galaxy Note FE sudah diluncurkan di pasar negara asalnya, Korea Selatan, baru-baru ini. Pada dasarnya Galaxy FE atau Galaxy Fan Edition merupakan smartphone/phablet rekondisi (refurbished) dari Galaxy Note 7 yang diluncurkan akhir tahun lalu dengan beberapa penyesuaian tertentu.

Sebelumnya, banyak fan atau pengguna setia Note 7 cukup kecewa karena phablet tersebut harus ditarik secara global meski belum lama beredar di pasaran setelah beberapa kali mengalami insiden terbakar. Namun, kekecewaan para fan Note 7 tampaknya tidak berlangsung lama karena produk 'pelipur laranya', yakni Note FE sudah tersedia meski hanya ditawarkan dalam unit dan pasar terbatas.

Samsung diketahui telah menggelontorkan 400 ribu unit Galaxy Note FE di pasar lokalnya (Korea Selatan). Berdasarkan laporan sementara, penjualan phablet ini di berbagai outlet mendapatkan respons positif dari konsumen. Harga yang lebih murah 20 persen (dari Note 7), fitur masih tergolong premium, dan warna menarik (Blue Onyx dan Blue Coral) menjadi salah satu alasan Note FE masih menarik di mata konsumen.

Serupa tapi tak sama, Galaxy Note 7 (kiri) dan Galaxy Fan Edition (kanan).

Samsung membanderol Note FE seharga 699,600 Won (sekitar US$ 610) dengan spsifikasi yang hampir sama dengan Note 7, kecuali pada beberapa aspek, seperti penurunan kapasitas baterai (dari 3.500 mAh menjadi 3.200 mAh). Menariknya, Note FE sudah mendapatkan berbagai peningkatan aspek software, seperti mengusung Android 7.x Nougat, asistem AI Bixby, dan software kamera yang lebih baik.

Kabar yang ditunggu selanjutnya adalah jadwal kedatangan Note FE di pasar global. Menurut laporan media The Investor, Samsung sedang menimbang-nimbang rencana untuk memasarkan Galaxy Note FE di pasar global. Dengan semakin dekatnya peluncuran Galaxy Note 8, Samsung tentu punya alasan tersendiri untuk memilih negara mana saja (di luar Korea Selatan) yang akan kebagian jatah Note FE. Alasan logisnya adalah agar konsumen global tidak 'bingung' apakah harus memilih Note FE atau menunggu Note 8 yang sebentar lagi dirilis.

Sejauh ini Samsung mengklaim belum berniat meningkatkan inventori unit Note FE untuk pasar lokalnya. Namun, pernyataan ini bukan menunjukkan bahwa inventori unit Note FE untuk pasar global tidak dipersiapkan oleh Samsung. Kabarnya, Note FE versi global yang bakal diperkuat Qualcomm Snapdragon 821 (Note 7 diperkuat Snapdragon 820 atau Exynos 8890) ini siap ditawarkan di pasar beberapa negara pada akhir bulan ini. Apa saja negaranya? Mari kita tunggu.