Fokus Kembangkan AR, Apple Akuisisi SensoMotoric Instruments

Tanggal : Kamis, 29 Juni 2017 - 10:30 WIB
Penulis : Redaksi Mobitekno
Editor : Desmal Andi


Fokus Kembangkan AR, Apple Akuisisi SensoMotoric Instruments

MOBITEKNO -  Selain sedang sibuk membangun pasar gadget di India dengan membangun infrastruktur, pabrik, dan sumber daya manusia, diam-diam Apple juga mengakuisisi sebuah perusahaan teknologi asal Jerman. Perusahaan pembuat iPhone dan iPad tersebut dilaporkan sudah selesai mengakuisisi SensoMotoric Instruments, perusahaan yang yang bergerak di bidang pengembangan eye-tracking.

Ada alasan mengapa Apple akhirnya memutuskan untuk mengakuisisi perusahaan tersebut, tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan teknologi augmented reality (AR), baik dari sisi hardware maupun software.

SensoMotoric Instruments sendiri bukanlah pemain baru di industri hardware. Pasalnya, perusahaan tersebut sudah didirikan pada tahun 1991 silam, dan kini mereka sedang mengembangkan teknologi eye-tracking untuk disematkan pada headset dan kacamata.

Sayangnya, belum diketahui bagaimana perjanjiannya dan berapa nilai akusisi yang sudah dihabiskan oleh Apple untuk membeli SensoMotoric Instruments. Apple pun masih enggan untuk mengutarakan hasil akuisisi tersebut.

"Apple membeli perusahaan teknologi yang kecil dari waktu ke waktu dan kami umumnya tidak membeberkan maksud maupun rencana kami untuk mengakuisisinya", pernyataan Apple kepada Axios, sebuah media asal Amerika.

Untuk mengembangkan teknologi AR, diperkirakan Apple ke depannya akan lebih fokus untuk menggarap software, sementara SensoMotoric Instruments bakal lebih banyak mengembangkan hardware.