Kerjasama Red Hat dan AWS: Kini Layanan AWS di Red Hat Bisa Diakses dengan Lebih Mudah

Tanggal : Jumat, 23 Juni 2017 - 08:00 WIB
Penulis : Desmal Andi


Kerjasama Red Hat dan AWS: Kini Layanan AWS di Red Hat Bisa Diakses dengan Lebih Mudah

MOBITEKNO - Cloud menjadi salah satu teknologi yang banyak digunakan perusaahaan-perusahaan saat ini untuk menjalankan bisnisnya. Namun, untuk menggunakan teknologi cloud ini, perusahaan biasanya menggunakan layanan-layanan yang ditawarkan berbagai perusahaan cloud, seperti yang ada pada Amazon Web Services. Fitur, kemudahan akses cloud,  hingga fleksibilitas menjadi kunci bagi penyedia layanan cloud untuk menarik pelanggannya.

Red Hat sebagai penyedia layanan open source yang mendukung transformasi digital perusahaan ke layanan cloud mengerti akan hal tersebut.Oleh sebab itu, Red Hat pun belum lama ini memperkuat kerjasamanya dengan Amazon Web Services (AWS) untuk menyediakan solusi yang mudah bagi pelanggan supaya bisa mengakses layanan-layanan AWS dalam Red Hat Openshift Container Platform. Solusi yang disediakan dua perusahaan ini tentunya bisa membawa kemudahan bagi pelanggan untuk memanfaatkan cloud yang paling komprehensif saat menggunakan Red Hat Openshift maupun dalam sebuah lingkungan on-premise. Solusi ini juga dapat mengantarkan pelanggan untuk mengkonfigurasi dan menerapkan berbagai layanan AWS seperti Amazon Aurora, Amazon Redshift, Amazon EMR, Amazon Athena, Amazon CloudFront, Amazon Route 53, dan Elastic Load Balancing hanya dengan beberapa klik saja.

Adopsi container tengah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan enterprise, dan aliansi ini dirancang untuk mempercepat adopsi tersebut dengan memberikan akses kepada para pelanggan ke layanan-layanan AWS secara langsung dari Red Hat OpenShift Container Platform,” kata Jim Whitehurst, Presiden dan CEO, Red Hat. “Dengan menggabungkan kecepatan inovasi yang luar biasa ini dan luasnya fungsionalitas yang diberikan oleh AWS melalui platform container kelas enterprise yang paling komprehensif di industri, kami memungkinkan para pelanggan untuk menikmati perpaduan keunggulan dari penawaran-penawaran ini di seluruh lingkungan hybrid mereka dengan dukungan gabungan kami,”tambah Jim.

Sejak tahun 2008, Red Hat dan AWS telah berkolaborasi untuk mempermudah dalam menjalankan Red Hat Enterprise Linux di AWS. Puluhan ribu pelanggan lintas industri menjalankan berbagai aplikasi perusahaan enterprise yang bersifat mission-critical, seperti aplikasi-aplikasi SAP, database Oracle, aplikasi-aplikasi analitik, dan banyak lagi, dengan menggunakan Red Hat Enterprise Linux di AWS. Seiring dengan perusahaan enterprise yang semakin mengeksplorasi penerapan aplikasi-aplikasi di dalam container, mereka meminta kepada Red Hat dan AWS untuk melancarkan penerapan dan pengelolaan container-container berbasis Red Hat OpenShift di AWS.

Melalui aliansi ini, AWS dan Red Hat akan memberikan para pelanggan kemampuan untuk dengan mudah membangun dan memperluas aplikasi-aplikasi enterprise berbasis container melalui Red Hat OpenShift Container Platform dengan menggunakan berbagai layanan komputasi, database, analitik, pembelajaran mesin, jaringan, mobile, dan berbagai layanan aplikasi AWS lainnya. Hal ini akan membuat para pelanggan Red Hat OpenShift Container Platform menjadi lebih lincah karena mereka akan mampu menggunakan platform pengembangan aplikasi yang sama untuk membangun on-premise atau di cloud.