June 28, 2016

Smartphone ‘Made in India’ Termurah di Dunia Resmi Dipasarkan

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Smartphone ‘Made in India’ Termurah di Dunia Resmi Dipasarkan  

MOBITEKNO – Siapa bilang smartphone dari Tiongkok saja yang bisa dijual dengan harga sangat terjangkau. India, negara Asia lainnya di luar Cina yang berpopulasi di tasa 1 miliar juga memiliki smartphone buatan lokal yang bukan hanya terjangkau tapil paling murah sedunia.

Smartphone besutan startup Ringing Bells dan dinamakan Freedom 251 ini akhirnya secara resmi dihadirkan di pasar India denga harga sekitar US$ 4. Mengenai harga Freedom 251 yang tidak masuk akal tersebut, Mohit Goel, CEO Ringing Bells, mengakui bahwa Freedom 251 memang sengaja dijual dengan harga ‘tekor’ dengan harapan sejalan waktu, kerugiannya akan bisa dikompromi oleh penjualan unitnya yang sangat besar nanti.

Spesifikasi yang diusung Freedom 251 menunjukkan smartphone tersebut masuk dalam golongan entry level. Freedom 251 datang dengan layar hanya 4 inci (resolsui 960 x 540 pixel), prosesor 1.3 GHz quad-core, RAM 1 GB, internal storage 8 GB, kamera utama (belakang) 8 MP, kamera depan (selfie camera) 3.2 MP front camera, dan bersistem Android 5.1 Lollipop.

Spesifikasi smartphone termurah di dunia ini mungkin tidak akan menarik sebagian besar pengguna yang mengincar smartphone seharga satu jutaan yang dengan spesiofikasi lebih mumpuni.

Namun, perlu diingat, Freedom 251 disasar bagi rakyat yang ada di daerah-daerah pelosok yang tersebar di India. Menurut Ashok Chadha, Presiden Ringing Bells tujuan awal mereka adalah menghadirkan gadget bereknologi tinggi yang berguna bagi banyak orang. Selain itu, Ringing Bells juga ingin mendukung pemerintah India untu menjembatani kesenjangan yang terjadi antara masyarakat di perkotaan dengan di desa selama ini.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES