MatahariMall.com dan BAZNAS Luncurkan Kalkulator Zakat

Tanggal : Kamis, 01 Juni 2017 - 14:00 WIB
Penulis : Karyo
Editor : Desmal Andi


MatahariMall.com dan BAZNAS Luncurkan Kalkulator Zakat

MOBITEKNO - Pusat Kajian Stategis BAZNAS yang menyatakan bahwa pada tahun 2016, jumlah penghimpun zakat Indonesia disinyalir masih rendah, yakni sejumlah Rp 5 triliun. Jumlah tersebut hanya sekitar dua persen dari potensi zakat di Indonesia. Besarnya potensi zakat di Indonesia tersebut, membuat para pihak termasuk berbagai badan amil zakat, berupaya untuk mencari terobosan baru dalam upaya mempermudah proses pembayaran zakat yang merupakan ibadah wajib bagi umat muslim. Salah satunya adalah dengan cara membayar zakat secara online.

Menyikapi hal itu MatahariMall.com dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) resmi meluncurkan kalkulator zakat online. Upaya ini dilakukan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk masyarakat di Indonesia dalam menunaikan zakat secara online, khususnya zakat penghasilan dan zakat harta (maal) yang mudah, transparan, dan terpercaya.

Layanan zakat online bertujuan untuk memberikan kenyamanan untuk masyarakat di Indonesia dalam menunaikan zakat secara online, khususnya zakat penghasilan dan zakat harta (maal) yang mudah, transparan, dan terpercaya. Dengan mengakses kalkulator zakat di situs MatahariMall.com, para calon Muzaki (orang yang membayar zakat) dapat dengan mudah mengecek berapa jumlah zakat penghasilan atau zakat harta (maal) yang harus mereka bayarkan, lalu memantau penyalurannya melalui BAZNAS.

Melalaui kalkulator zakat tersebut, para muzaki tidak perlu repot menghitung berapa zakat yang harus dibayarkan sesuai dengan ketentuan atau syariat Islam. Para muzaki hanya mengisi data-data penghasilan untuk zakat profesi dan data-data jumlah harta yang dimiliki untuk zakat maal. Secara otomatis kalkulator akan menghitung berapa jumlah nominal zakat yang harus dibayarkan sesuai dengan ketentuan tersebut.

Menurut Hadi Wenas, CEO MatahariMall.com, melalui kalkulator zakat online tersebut, MatahariMall.com bersama BAZNAS ingin agar masyarakat paham akan pentingnya membayar zakat. MatahariMall juga ingin mendukung terciptanya pembayaran zakat yang mudah, transparan, terpercaya.

“Dengan mengakses kalkulator zakat di situs MatahariMall.com, para calon Muzaki dapat dengan mudah mengecek berapa jumlah zakat penghasilan atau zakat harta (maal) yang harus mereka bayarkan, lalu memantau penyalurannya melalui BAZNAS,” ujar Wenas, saat peluncuran Kalkulator Zakat di Jakarta, Rabu ( 31/05/2017)

Sementara itu, Arifin Purwakananta, Direktur Koordinasi Pengumpulan, Komunikasi dan Informasi Zakat Nasional berharap kerjasama tersebut akan menarik banyak calon Muzaki dari generasi muda.

“Saya berharap kerjasama BAZNAS dengan MatahariMall.com ini memulai tradisi baru bagi kemudahan berzakat. Saya meyakini generasi muda akan menjadi penentu bagi banyak hal termasuk berzakat. Kerjasama BAZNAS dan MatahariMall.com yang menyediakan Layanan digital dalam berzakati adalah sebuah gagasan untuk masa depan. Saya yakin akan diterima baik oleh publik,” ujar Arifin saat acara peluncuran tersebut.