Bantu Tekan Biaya Operasional TI Perusahaan, Dell EMC Tawarkan Switch untuk Jaringan Terbuka

Tanggal : Jumat, 12 Mei 2017 - 20:00 WIB
Penulis : Desmal Andi


Bantu Tekan Biaya Operasional TI Perusahaan, Dell EMC Tawarkan Switch untuk Jaringan Terbuka

MOBITEKNO - Memelihara jaringan di sebuah perusahaan memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika perusahaan tersebut menggunakan sistem jaringan tertutup. Oleh sebab itu, berbagai solusi dan teknologi terus dilakukan oleh para perusahaan yang bergerak di industri pembuatan produk jaringan agar bisa menekan biaya pemeliharaan TI di sebuah perusahaan.

Dell EMC tampaknya paham betul mengenai masalah ini. Oleh karenanya, pada acara Dell EMC World 2017 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, pada tanggal 9 Mei 2017 kemarin, Dell EMC menawarkan solusi dengan biaya yang cukup efisien, melalui sistem jaringan terbuka (open networking). Dell EMC menawarkan berbagai produk switches yang dapat dipadukan dengan server PowerEdge generasi ke-14 untuk membantu data center dalam mengefisiensikan biaa pemeliharaan.

Dell EMC menggunakan sistem open networing karena menganggap bahwa arsitektur jaringan yang fleksibel merupakan kunci sukses perusahaan dalam memberikan respon yang lebih cepat terhadap berbagai kebutuhan internal perusahaan atau pelanggan.

"Di Dell EMC, kami yakin bahwa jaringan dapat memaksimalkan kinerjanya ketika dibuat menjadi sistem terbuka (open). Dengan cara seperti ini, pelanggan dengan skala sebesar apapun memiliki pilihan dan kemampuan yang optimal," kata Tom Burns, Senior Vice President, Networking, Enterprise Infrastructure & Service Provider, Dell EMC. "Dengan memilah-milah software sistem jaringan, dan dengan memisahkan software jaringan dari platform hardware, perusahaan dapat melepaskan diri dari lingkungan jaringan sebelumnya yang cenderung kaku dan eksklusif untuk menerapkan prinsip-prinsip jaringan yang diatur oleh software dan mendorong inovasi dalam berbagai skala,” lanjut Tom.

Beberapa produk switches yang bisa mendukung sistem open networking ini diantaranya adalah seri S5100-ON terbaru yang merupakan switch 25GbE Open Networking pertama dari Dell EMC. Produk ini menawarkan throughput switch dua kali lebih besar dari 10GbE untuk konektivitas in-rack. Produk ini kompatibel dengan server Dell EMC PowerEdge generasi ke-14 terbaru yang telah dilengkapi dengan dukungan 25GbE asli.

Selain itu, ada juga seri S4100-ON, switch Open Networking data center multi-fungsi yang telah dioptimalkan untuk kepadatan tinggi 10GbE fiber/copper atau server Fibre Channel 8/16/32 dan jaringan area lokal (LAN) terkonvergensi/ jaringan area penyimpanan (SAN) di dalam rak.

Baik S5100-ON dan S4100-ON merupakan produk pertama yang dikapalkan dengan standard OS10 Enterprise Edition, sistem operasi jaringan unggulan baru dari Dell EMC. OS10 Enterprise Edition sendiri merupakan sistem operasi berbasis teknologi open source dari Linux Foundation dan Open Compute Project. Sistem operasi ini mendukung jaringan modular masa depan dan bisa diprogram untuk lingkungan jaringan tradisional dan DevOps.