June 9, 2016

Skor Tertinggi AnTuTu di Bulan Mei, Smartphone Asal Tirai Bambu Mendominasi

Penulis: Abdillah
Skor Tertinggi AnTuTu di Bulan Mei, Smartphone Asal Tirai Bambu Mendominasi  

MOBITEKNO – Smartphone asal Tiongkok kini tidak bisa dipandang sebelah mata. Performa smartphone yang dikembangkan produsen asal negeri Tirai Bambu tersebut semakin diakui, bahkan mampu mengalahkan smartphone merek global.

Hal ini terlihat dari dominasi smartphone asal Tiongkok dalam daftar terbaru AnTuTu untuk smartphone berkinerja terbaik pada bulan Mei 2016. Salah satu yang menjadi faktor penting adalah kombinasi hardware memori RAM 6 GB dengan prosesor baru Qualcomm Snapdragon 820.

Tiga smartphone yang berkinerja tinggi semuanya memiliki kombinasi fitur tersebut, seperti Vivo Xplay 5 Elite, Leeco Max 2, dan Lenovo Zuk Z2 Pro. Tidak hanya itu, smartphone-smartphone ini juga menawarkan pilihan penyimpanan internal sebesar 64 GB dan 128 GB.

Di bulan Mei 2016 lalu, Vivo Xplay 5 Elite menjadi yang terbaik dengan skor Antutu rata-rata 138.706, diikuti oleh Leeco Max 2 dengan 138.026 dan Lenovo Zuk Z2 Pro dengan skor rata-rata 136.853. Sedangkan smartphone populer, seperti Samsung Galaxy S7 Edge dan Apple iPhone 6S hanya berada pada posisi kelima dan keenam.

Smartphone terjangkau Apple iPhone SE juga mencetak skor yang cukup baik dengan torehan rata-rata 131.401, lalu ada LG G5 yang mencetak 128.232 dan Honor V8 dengan skor Antutu 94.164. Menariknya, tidak ada sejumlah smartphone premium seperti HTC 10, Huawei P9 atau ZTE Axon 7 dalam daftar top sepuluh smartphone berkinerja terbaik.

Nilai rata-rata dari semua perangkat ini telah dihitung oleh AnTuTu berdasarkan beberapa faktor, seperti kinerja CPU dan GPU. Bahkan jika ada smartphone dengan kombinasi prosesor dan RAM yang sama, skor AnTuTu tergantung pada faktor lainnya, sebut saja seperti ukuran layar, resolusi dan penyimpanan internal.

Sementara itu, pada bulan Maret lalu AnTuTu juga merilis daftar chip smartphone terbaik berdasarkan kinerja CPU dan GPU. Prosesor Qualcomm Snapdragon 820 menduduki puncak daftar yang diikuti oleh chip Apple A9 dan prosesor Samsung Exynos 8890 yang mengotaki Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge.

Sedangkan dalam daftar top smartphone, prosesor Snapdragon 820 terus mendominasi meskipun menampilkan smartphone dengan layar yang lebih besar dan beresolusi tinggi, dimana Samsung Galaxy S7 Edge mengalahkan iPhone Apple 6s dan iPhone SE dalam skor rata-rata.

Selain itu, prosesor Huawei Kirin 955 yang memiliki kemampuan yang sama seperti Snapdragon 820 dan Exynos 8890, berada di posisi kesepuluh dalam daftar. Harus diingat bahwa skor AnTuTu ini didasarkan pada tes terbatas, dan hasil yang didapat mungkin tidak mencerminkan kemampuan nyata jangka panjang dari smartphone-smartphone tersebut.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES