Ninja Express Ramaikan Jasa Pengiriman Paket di Tanah Air. Apa Kelebihannya?

Tanggal : Selasa, 11 April 2017 - 23:00 WIB
Penulis : Iwan RS


Ninja Express Ramaikan Jasa Pengiriman Paket di Tanah Air. Apa Kelebihannya?

MOBITEKNO - Industri e-commerce saat ini tumbuh pesat di Tanah Air berkat penetrasi Internet dan smartphone yang terus meningkat. Perkembangan ini juga membawa dampak pada sektor digital lainnya, yaitu jasa pengiriman dan penerimaan paket (kurir) berbasis teknologi/digital yang ditawarkan perusahaan logistik. Salah satu layanankurir yang baru saja hadir di Tanah Air adalah Ninja Express dari perusahaan logistik asal Singapura, Ninja Van. 

Sebagai perusahaan logistik berbasis teknologi, Ninja Express menawarkan jasa pengiriman dan penerimaan paket yang menawarkan sistem real time. Sebelum masuk ke Indonesia, Ninja Van sudah eksis di Singapura, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Thailand

Lai Chang Wen, CEO Ninja Van, menganggap pangsa pasar Indonesia sangat besar di kawan Asia Tenggara. "Indonesia memiliki pangsa pasar yang sangat besar di Asia Tenggara. Bisnis e-commerce juga terus bertumbuh sehingga kami memutuskan melakukan ekspansi ke Indonesia,” ujarnya di Jakarta (6/9/2016).

Indra Wiralaksmana, Country Head Ninja Xpress, menambahkan bahwa sistem mereka bisa membantu para pelaku e-commerce untuk mengaksesnya 24 jam. "Mereka dapat mereservasi penjemputan paket dan meng-upload informasi paket-paket yang akan dikirim melalui Ninja Express," tambahnya.

Indra Wiralaksmana, Country Head Ninja Xpress berpose bersama Ryo Ninja.

Lebih lanjut, terkait tema transparansi pelacakan, Indra menjelaskan pelacakan barang dilakukan melalui situs resmi Ninja Express dimana customer sebelumnya akan mendapat ID.

Untuk memastikan keamanan dalam pelacakan barang, Ninja Express mengirimkan notifikasi berupa sms. "Bukan hanya untuk memberitahu, tapi jug efisiensi sehingga kurir tidak perlu kirim dua kali," kata Indra.

"Kami juga melakukan notifikasi lewat email. Jika kiriman datang customer tidak dapat menerima dapat membuka link untuk menjadwalkan pengiriman," sambung dia.

Selain sistem real time, Ninja Xpress juga telah mendukung layanan Cash on Delivery (COD) yang mempermudah konsumen untuk dapat membayar barang yang dibeli saat menerimanya secara langsung.

Menurut Indra, salah tantangan e-commerce adalah sistem pembayaran. Pasalnya, belum semua konsumen atau pembeli melakukan pembayaran secara online. Selain on-demand pickup, dukungan layanan COD yang dihadirkan Ninja Epress bisa menjadi nilai tambah tersendiri bagi para pelaku e-commerce.

Meskipun di Indonesia telah ada jasa kurir, seperti JNE dan TIKI, pihak Ninja Express mengaku punya diferensiasi layanan tersendiri dibandingkan layanan tersebut.. Ninja Xpress lebih spesifik sebagai perusahaan logistik 'one to one point' dengan moda transportasi darat (motor dan mobil). Menurut Lai Chang Wen, rival Ninja Xpress yang sesungguhnya justru, seperti Grab Express dan Go-Jek.

Ninja Xpress menyediakan tiga jenis layanan utama, Ninja Reg, Ninja Fast, dan Ninja Super. Ninja Reg merupakan layanan pengiriman standar dengan waktu pengiriman paket bergantung pada lokasi pengirim dan lokasi si penerima. Kedua, Ninja Fast yang menjanjikan paket tiba pada keesokan harinya, dan terakhir, layanan tecepat Ninja Super yang mengirimkan paket samapai di hari yang sama.

Ninja Express saat ini telah melayani pesanan pengiriman paket ke beberapa wilayah, diantaranya, Jakarta, Bogor Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Medan, Bandung, Surabaya, termasuk Sidoarjo dan Gresik, Malang.