Canon dan TNI AU Gelar Lomba Foto Kedirgantaraan

Tanggal : Kamis, 23 Maret 2017 - 10:00 WIB
Penulis : Karyo
Editor : Desmal Andi


Canon dan TNI AU Gelar Lomba Foto Kedirgantaraan

MOBITEKNO - PT Datascrip selaku distributor resmi produk Canon di Indonesia mengandeng TNI AU menggelar Lomba Foto Kedirgantara dalam rangka menyemarakkan Bulan Dirgantara 2017. Kompetisi foto bergengsi ini terbagi atas 2 kelompok, yaitu Lomba Foto Indonesian Air Games 2017 dan Lomba Foto Dirgantara Expo 2017.

Lomba Foto Indonesian Air Games 2017 dikhususkan pada kegiatan Kejuaraan Nasional dan Internasional Indonesian Air Games 2017 yang berlangsung dari tanggal 30 Maret-19 April 2017.Sementara Lomba Foto Dirgantara Expo 2017 difokuskan pada kegiatan acara dan atraksi di udara (air show) maupun di darat (ground show) yang berlangsung selama ajang Dirgantara Expo 2017 pada tanggal 20-23 April di Apron Selatan Terminal Haji Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Lomba Foto Dirgantara Expo 2017 terbagi dalam dua kategori, yaitu umum dan pelajar. Setiap peserta Lomba Foto Dirgantara Expo 2017 juga berkesempatan ikut dalam undian joyflight dengan helikopter dan trike yang disediakan oleh TNI AU. Semua foto yang dilombakan harus diambil dengan kamera digital, bukan dari kamera ponsel atau drone. Peserta Lomba Foto TNI AU-Canon berkesempatan memenangkan hadiah kamera dan printer canggih dari Canon yang bernilai puluhan juta rupiah.

Menurut Kepala Dinas Potensi Dirgantara TNI AU (Kadispotdirga) Marsma TNI Irwan Isdunggio, kompetisi foto ini adalah salah satu dari rangkaian selebrasi kegiatan kerdirgantaraan yang akan digelar di seluruh wilayah Indonesia. Dengan Lomba Foto ini, ia berharap akan dapat meningkatkan minat  masyarakat   terhadap dunia kedirgantaraan di Indonesia baik dari segi teknologi maupun cabang olahraganya melalui karya-karya fotografi yang menarik. Lewat kegiatan acara tersebut, juga berarti akan mendekatkan TNI AU dengan masyarakat.

 “Saya mengapresiasi lomba fotografi yang diselenggarakan Canon dan TNI AU. Dengan begitu, fotografi kelak dapat menghadirkan nuansa kedirgantaraan Indonesia. Saya yakin banyak fotografer berbondong-bondong ikut dalam kompetisi ini, “ujar Marsma TNI Irwan Isdunggio, di Skadron Tenik 021, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Merry Harun selaku Canon Division Director PT Datascrip, mengungkapkan bahwa fotografi adalah sarana paling efektik untuk memperkenalkan segala jenis kegiatan dunia penerbangan dan  kedigantaraan.  Ia juga antusias bisa menjadi mitra utama kompetisi fotografi dengan tema nyentrik ini.

“Canon sebagai pemimpin industri fotografi menyambut baik tawaran TNI AU dalam mengadakan kompetisi ini. Dengan kompetisi ini, semoga semakin banyak fotografer yang suka menggeluti tema penerbangan dan kedirgantaraan,” ujar Mery pada saat yang sama.

Pada kesempatan tersebut Sintra Wong, Division Manager PT Datascrip menjelaskan bahwa untuk bisa mengikuti lomba foto kedirgantaraan secara teknis sebaiknya menggunakan kamera DSLR. Pasalnya menurut Sintra, di  ajang lomba foto tersebut faktor kecepatan adalah hal yang paling utama. “Untuk dapat menangkap moment dengan kecepatan tersebut, kamera DSLR lah yang paling tepat. Karena kamera tersebut memiliki fitur speed yang memadai,” ujar Sintra menjelaskan.

Meski demikian, menurut Sintra tentu tidak semua ajang lomba tersebut membutuhkan teknik speed yang tinggi. Seperti kegiatan-kegiatan acara yang berlangsung di darat.

Lomba ini terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia dan tidak dipungut biaya (gratis). Foto yang sistem perlombaannya langsung diunggah ke Facebook atau Instagram peserta lomba dengan tag akun Canon (Indonesia) & TNI Angkatan Udara di Facebook atau tag akun @canon.indonesia & @tniudara di Instagram; serta mencantumkan tagar #TNIAU #CanonIndonesia #LombaFotoTNIAUCanon.

Bagi peserta yang membutuhkan akses ke wilayah Air Games 2017, e-mail salinan KTP/SIM ke lombafotocanon@datascrip.co.id dengan subjek email "Lomba Foto Indonesian Air Games 2017", serta mencantumkan cabang Air Games yang akan dikunjungi dan nomor telepon yang dapat dihubungi.