Linksys Perkenalkan Tiga Produk Nirkabel yang Usung Teknologi MU-MIMO

Tanggal : Rabu, 21 Desember 2016 - 08:00 WIB
Penulis : Eko Lannueardy


Linksys Perkenalkan Tiga Produk Nirkabel yang Usung Teknologi MU-MIMO

MOBITEKNO - Jelang tutup tahun 2016, Linksys kembali menggebrak pasar Indonesia dengan menghadirkan produk nirkabel unggulannya. Tak main-main, Linksys menghadirkan tiga produk nirkabel sekaligus, yakni Max-Stream AC5400 MU-MIMO Gigabit Wireless Router, Max-Stream AC1900+ WiFi Range Extender serta Max Stream AC600 WiFi Micro USB Adapter.

Tak kalah menarik, ketiganya menjadi perangkat nirkabel pionir di masing-masing kategori dan telah dilengkapi dengan teknologi MU-MIMO (Multi-User, Multi-Input). Ini merupakan sebuah teknologi WiFi 802.11ac Wave 2 yang mampu mendorong performa dan efesiensi jaringan WiFi secara keseluruhan dengan bandwidth terdedikasi ke perangkat client.

"Jajaran produk baru Max-Stream kini hadir dengan portofolio yang lebih luas dan mumpuni karena telah mendukung teknologi MU-MIMO. Teknologi ini sendiri memungkinkan beragam perangkat bisa terkoneksi secara simultan dengan router dan/atau range extender, sehingga dihasilkan jaringan WiFi yang jauh lebih cepat," ujar Veroniaty Chang, Country Sales Manager Linksys Indonesia.

Lebih jauh mengenai ketiga produk nirkabel racikan Linksys ini juga dijelaskan oleh Kristian Anquillano, Technical Product Manager Asia Pacific Exclude Australia di hadapan sejumlah media di Jakarta, (20/12). Lewat presentasinya, Kristian mengungkapkan bahwa seluruh produk nirkabel terbaru yang dihadirkan cocok untuk pengguna SOHO (Small Office, Home Office).

"Berkat Max-Stream AC5400 MU-MIMO Gigabit Wireless Router, kini seluruh jengkal bagian rumah atau kantor bisa terkoneksi. Pengguna bisa memanfaatkan WiFi lebih optimal untuk banyak hal, seperti bermain game, mendengarkan musik, cek e-mail atau pun memutar film-film berkualitas 4K secara streaming," ujar Kristian.

Daya tarik lainnya, router ini juga mampu menyuguhkan delapan stream sekaligus ke perangkat client yang telah dapat mendukung teknologi MU-MIMO secara simultan. Keunggulan lainnya, Max-Stream AC5400 MU-MIMO Gigabit Wireless Router juga telah dilengkapi aplikasi mobile Linksys Smart WiFi.

Ditambahkan oleh Kristian berkat kehadiran aplikasi mobile Linksys Smart WiFi, kendali akses jarak jauh terhadap Max-Stream AC5400 MU-MIMO Gigabit Wireless Router bisa dilakukan lewat smartphone atau tablet. Dengan begitu, pengguna bisa melakukan pengaturan lebih lanjut kapanpun dan dimanapun.

Produk lainnya yang turut diperkenalkan oleh Linksys adalah Max-Stream AC1900+ WiFi Range Extender. Selain sebagai produk range extender pertama yang dilengkapi dengan teknologi MU-MIMO, perangkat nirkabel ini juga sudah mengadopsi teknologi Seamless Roaming dan fitur Room-to-Room WiFi.

"Disematkannya teknologi Seamless Roaming ke dalam range extender ini, seluruh perangkat mobile yang terkoneksi tetap bisa berpindah-pindah tanpa memutus jaringan sehingga selalu terhubung ke jaringan WiFi yang sinyalnya paling kuat. Sedangkan fitur Room-to-Room WiFi menjadikan perangkat ini memiliki performa jauh lebih unggul jika dipasangkan dengan router Linksys Max-Stream," tambah Kristian. 

Max-Stream AC1900+ WiFi Range Extender juga sudah dilengkapi dengan fitur Spot Finder Technology. Lewat fitur ini dengan bantuan perangkat mobile, pengguna bisa dengan mudah mengetahui di mana posisi yang tepat untuk menempatkan range extender sehingga menghasilkan performa yang lebih baik.

Bersamaan dengan diperkenalkannya Max-Stream AC5400 MU-MIMO Gigabit Wireless Router dan Max-Stream AC1900+ WiFi Range Extender, Linksys juga memboyong Max Stream AC600 WiFi Micro USB Adapter kepasar Indonesia. Perangkat ini memberi kemudahan bagi pengguna untuk mengkoneksikan laptop atau PC berbasis Windows ke jaringan wireless AC maupun router MU-MIMO.

"Produk ketiga yang kami perkenalkan adalah Max Stream AC600 WiFi Micro USB. Perangkat kecil ini mampu menyambungkan laptop atau PC berbasis Windows milik pengguna ke jaringan wireless AC atau router MU-MIMO, sehingga mampu mendorong efesiensi performa WiFi di rumahan atau perkantoran secara menyeluruh," pungkas Kristian.

Dipasar Indonesia, Max-Stream AC5400 MU-MIMO Gigabit Wireless Router oleh Linksys ditawarkan dengan harga Rp 5.729.000. Sedangkan Max-Stream AC1900+ WiFi Range Extender dibanderol mulai dari Rp 1.749.000. Jika Anda tertarik untuk membelinya, ketiga produk nirkabel ini sudah tersedia di beberapa toko pusat IT di Mangga Dua, Ratu Plaza dan Mall Ambassador serta di toko online, seperti Bhinneka.com.