Nokia Mentransformasi Jaringan Fiberstar di Indonesia agar Siap Hadirkan Jaringan Canggih

Tanggal : Selasa, 22 November 2016 - 18:00 WIB
Penulis : Iwan Ramos Siallagan


Nokia Mentransformasi Jaringan Fiberstar di Indonesia agar Siap Hadirkan Jaringan Canggih

MOBITEKNO - FiberStar (PT Mega Akses Persada), penyedia infrastruktur jaringan, salah satunya menggelar kabel fiber optik di Indonesia, telah memilih solusi teknologi jaringan Nokia dalam mengimplementasikan jaringan canggih Internet Protocol Multiprotocol Label Switching (IP/MPLS) Metro Ethernet di 48 kota Jawa dan Bali

Aspek scalability dan flexibility jaringan MPLS dalam me-relay data dianggap bisa medukung FiberStar dalam menghadirkan layanan dengan kinerja tinggi, meningkatkan uptime, dan mengurangi network congestion (QoS rendah). Sehingga, jaringan tersebut akan memungkinkan masyarakat untuk dapat menikmati broadband kecepatan tinggi dan layanan-layanan berkualitas tinggi berbasis IP lainnya. 

Solusi Nokia untuk jaringan FiberStar meliputi Nokia 7750 Service Router (SR) series, yang menyediakan jaringan dengan kinerja tinggi dan mendukung penyediaan layanan-layanan canggih. Solusi ini diharapakan bisa membuka peluang untuk memanfaatkan layanan Software Defined Network (SDN) dan Network Functions Virtualization (NFV) masa depan. 

Implementasi jaringan Nokia akan diperkuat oleh Nokia 5620 Service Aware Manager (SAM) yang berperan mendukung kelancaran operasi dengan mengintegrasikan IP dan optics layer dari infrastruktur jaringan. Dampak postifnya, FiberStar bisa menawarkan layanan-layanan yang yang fleksibel dan dinamis sekaligus dapat menean biaya operasional.

Sugiharto Darmakusuma, President Director FiberStar, berkata: “Jaringan IP/MPLS yang baru dan skalabel akan membantu kami memenuhi kebutuhan para konsumen kami. FiberStar menjalin kerja sama dengan Nokia, karena kami memiliki cita-cita yang sama untuk mempercepat pembangunan nasional dan meningkatkan kualitas hidup orang Indonesia melalui koneksi broadband berkecepatan tinggi. Dengan keahlian Nokia yang telah terbukti, kami akan mampu  memberikan layanan data broadband berkecepatan tinggi, voice dan layanan TV kabel bagi pelanggan kami.”

Robert Cattanach, President Director of Indonesia Nokia,  menyatakan "Setelah menggelar layanan Transport 100G untuk FiberStar di Pulau Jawa dan Bali, kami dengan gembira mengumumkan penggelaran IP/MPLS terbaru yang akan membantu FiberStar mengembangkan jaringannya demi peningkatan kualitas dan layanan baru bagi pelanggannya. Kami mengharapkan hubungan jangka panjang dan saling menguntungkan dengan FiberStar."