February 29, 2016

Dukungan WhatsApp Messenger untuk Perangkat BlackBerry dan Symbian Berakhir Akhir Tahun 2016

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Dukungan WhatsApp Messenger untuk Perangkat BlackBerry dan Symbian Berakhir Akhir Tahun 2016  

MOBITEKNO – WhatsApp akan mencabut dukungan aplikasi unutk perangkat BlackBerry, termasuk BlackBerry 10 hingga akhir 2016. Demikian pengumuman yang disampaikaan WhatsApp pada blog-nya belum lama ini.

Stop-nya dukungan WhatsApp Messenger juga berlaku untuk perangkat ‘jadul’ lainnya, seperti Nokia S40, Nokia Symbian S60, dan smartphoen Android 2.1, Android 2.2, dan Windows Phone 7.1.

Pengumuman ini disampaikan pada momen ulang tahun WhatsApp yang ketujuh dan keberhasilan mereka belum lama ini merangkul lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia.

Dalam rilisnya dikatakan, "Saat melihat ke depan, tepatnya tujuh tahun mendatang, kami ingin lebih berfokus pada platform mobile yang mayoritas digunakan oleh pengguna saat ini”.

Menurut WhatsApp, faktanya 70 persen pengguna menggunakan perangkat BlackBerry atau Nokia OS di tahun 2009 (saat WhatsApp Messenger diluncurkan). Namun, situasinya telah jauh berubah saat ini.

"Mobile OS dari Google, Apple, Microsoft sudah menguasi sekitar 99.5 pasar mobile saat ini. Bandingkan di waktu sebelumnya yang hanya skitar 25 persen”, tambah WhatsApp

Pihak Blackberry yang mulai menunjukkan indikasi meninggalkan platform BB10 dan beralih ke Android juga menjadi pertimbangan WhatsApp mencabut dukungannya pada perangkat tersebut.

WhatsApp belum lama juga telah menambah koleksi emoji pada aplikasi messenger-nya yang berkaitan dengan olahraga, bendera, peralatan/benda, dan makanan. Emoji dianggap penting bagi WhastApp agar penggunanya bisa leluasa mengekspresikan ide, emosi, perasaan, atau lainnya saat melakukan percakapan (chatting).

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES