February 25, 2016

Review: Samsung Galaxy Note 5

Penulis: Desmal Andi
Review: Samsung Galaxy Note 5  

MOBITEKNO – Keberadaan Samsung Galaxy Note 5 di Indonesia sudah ada sejak kuartal keempat tahun 2015 lalu. Dengan ukuran layar 5,7 inci, phablet ini bersaing dengan iPhone 6S Plus. Namun, ada beberapa kelebihan yang dibawa Samsung Galaxy Note 5 ini dan menjadi daya tarik serta unik bagi konsumennya, terutama di Indonesia.

Generasi kelima dari varian note ni dibekali dengan fitur yang mewah, yang semakin memanjakan penggunanya dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Bahkan, menurut survei yang dilakukan Samsung sendiri, 96 persen pengguna Samsung Galaxy Note akan merekomendasikan perangkat ini ke orang lain.

Samsung Galaxy Note 5 yang hadir di Indonesia memiliki kapasitas penyimpanan internal sebesar 32 GB. Cukup besar untuk menyimpan dokumen dan file probadi di perangkat phablet ini. Dibekali dengan prosesor Exynos 7420 64 bit Octa Core 2.1 GB dan 4 GB RAM, membuat phablet ini dapat bekerja maksimal untuk mendukung pekerjaan penggunanya.

Beragam fitur dibenamkan dalam phablet ini. Salah satu yang menjadi daya tarik perangkat ini adalah keberadaan S Pen yang terus bekerja semakin sempurna di setiap versi terbaru Samsung Galaxy Note. Apa saja kelebihan phablet besutan Samsung ini? Simak hasil pengujian yang Mobitekno lakukan dengan Samsung Galaxy Note 5 selama beberapa hari.

Kelengkapan

Paket Samsung Galaxy Note 5 datang ke meja redaksi Mobitekno dalam keadaan lengkap. Kotak kemasannya yang padat dan penempatan unit dan pendukungnya yang rapi di dalam kotak membuat ukurannya menjadi tidak besar. Apa saja yang ada di dalam paket Samsung Galaxy Note 5 ini?

Setelah dibuka, ternyata di dalam kotak kemasannya, Anda bisa melihat adanya:

  1. Unit phablet Samsung Galaxy Note 5
  2. Buku Petunjuk Singkat
  3. Buku Garansi
  4. Kabel Data
  5. Adapter
  6. Headphone

Desain

Samsung Galaxy Note 5 hadir dengan ukuran layar 5,7 inci. Ukuran yang besar tetapi pas digunakan sebagai media untuk bekerja. Dibandingkan Samsung Galaxy Note 4, Note 5 tampil lebih tipis dengan ketebalan 7,6 mm. Sementara versi sebelumnya memiliki tebal bodi 8,5 mm. Dimensi lengkap Samsung Galaxy Note 5 adalah 153,2 x 76,1 x 7,6 mm. Dengan bodi yang tipis ini, bobot keseluruhannya pun turut berkurang menjadi 171 gram saja. Dengan ukurannya ini, ada baiknya device ini diletakkan di dalam tas kecil saat diajak bepergian. Sebenarnya masih muat untuk diletakkan di saku celana atau baju. Namun, hal ini akan mengganggu pergerakan Anda karena cukup menyita ruang saku, baik di celana maupun baju. Penyimpanan di tas kecil juga menghindari Anda dari kasus kejahatan.

Dengan bodi berbahan metal, Samsung Galaxy Note 5 tetap tampil dengan kesan mewah. Lengkungan di setiap sudutnya turut mempercantik salah satu flagship dari Samsung ini. Layar super AMOLED Quad HD membuat apapun yang tampil di layar tersebut terlihat cerah dan jelas. Layarnya ini langsung berhadapan dengan bezel tipis si sisi kiri dan kanan. Di bagian atasnya terdapat kamera depan beresolusi 5 MP. Sementara di bagian bawahnya tetap menjadi ciri khas samsung, terdapat Home Button yang sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint.

Beralih ke bagian belakang. Dengan sisi kanan dan kiri yang didesain melengkung, membuat pengguna merasa nyaman untuk menggenggam phablet ini hanya dengan satu tangan. Tepat berada di tengah atas, kamera belakang berkemampuan 16 MP yang sudah dilengkapi fungsi autofocus, bukaan f/1.9, dan didukung oleh LED flash. Frame kamera belakang memang agak menonjol menjadi tidak sebidang dengan bodi. Namun, jangan khawatir karena frame ini justru melindungi lensa yang posisinya agak ke dalam. Di bagian belakang ini juga terdapat chip NFC yang tersembunyi di balik bodi. NFC memiliki banyak fungsi, terutama untuk proses transfer atau pembayaran dengan sistem Samsung Pay.

Untuk sisi-sisinya, Samsung Galaxy Note 5 ini dibalut dengan bezel didesain sangat rapi. Di bagian atas ada dua garis memotong bezel untuk mempermanis tampilan bezel. Di sisi atas ini juga terdapat slot single nano SIM card.

Beralih ke kiri. Sepasang tombol kecil mencuat di tengah atas bezel yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan volume suara. Posisinya cukup pas dijangkau oleh jempol jika Anda memegangnya dengan tangan kanan. Sementara itu di bagian kanan terdapat tombol power untuk mematikan dan menyalakan perangkat ini.

Kini ke bagian bawah. Samsung Galaxy Note 5 menggunakan port Micro USB untuk berhubungan dengan perangkat lain, termasuk proses charge. Khusus untuk proses charge ini, Note 5 sudah mendukung fungsi Quick Charge sehingga tidak membutuhkan waktu yang super lama untuk mengisi penuh daya yang dibutuhkan Note 5.

Masih di bagian bawah dan menjadi salah satu daya tarik varian Note, yaitu lokasi penempatan untuk S pen. S Pen yang memiliki banyak fungsi dan mempermudah pengoperasian Samsung Galaxy Note 5 ini dapat diambil dengan menekannya sekali. Begitu juga untuk meletakkannya kembali, tekan sampai ada bunyi ‘klik’ agar S Pen terkunci di tempatnya.

Khusus untuk S Pen, Samsung telah membekali S Pen ini dengan banyak fungsi. Selain membantu dalam proses pengetikkan, S Pen ini juga memiliki fitur Air Command, menulis memo dalam keadaan layar terkunci, hingga melakukan capture untuk halaman web yang panjang. Desain S Pen ini juga nyaman untuk dipegang.

Samsung Galaxy Note 5 memiliki desain unibody yang bagian-bagiannya sudah menyatu satu sama lainnya. Dengan demikian, Anda tidak bisa mengganti baterai sendiri atau menambah memori.

Fitur & Performa

Dengan kisaran harga yang cukup tinggi, Samsung Galaxy Note 5 ternyata dibekali fungsi dan fitur yang banyak. Namun, yang menjadi fokus produk Note 5 ini adalah S Pen. Cabut S Pen dari tempatnya. Air Command langsung muncul di layar dan menjadi shortcut ke berbagai aplikasi favorit Anda. Selain dapat membuat shortcut ke aplikasi favorit, di dalam Air Command ini, Anda juga bisa mengakses Action memo, Screen Write, S Note, dan Smart Select. Respon S Pen juga cukup sensitif. Tanpa harus menyentuh layar (hanya berjarak beberapa milimeter), Anda bisa mengklik S pen untuk menjalankan aplikasi tersebut. Namun, manfaat S Pen paling besar adalah saat digunakan untuk proses mengedit, terutama untuk gambar dan presentasi. Di sinilah terasa bedanya menggunakan phablet Samsung Galaxy Note 5 dibandingkan produk lain yang sejenis.

Untuk fungsi kamera, Samsung juga memberikan banyak opsi di dalamnya. Selain mode Auto, pengguna Samsung Galaxy Note 5 juga bisa memanfaatkan mode Pro dengan mengatur beberapa setting kamera secara manual. Namun, sejumlah efek siap saji sudah bisa langsung digunakan, seperti Selective Focus, Panorama, Video Collage, Live Broadcast, Slow Motion, Fast Motion, Virtual Shot, hingga Dual Camera. Salah satu yang menarik adalah Video Collage. Anda bisa merekam vieo dengan banyak adegan, tetapi ditampilkan dalam satu layar. Cukup menarik dan hampir tidak ditemukan pada aplikasi bawaan di smartphone lain.

Untuk kamera depan, Samsung juga sudah membekali beberapa fitur agar hasil foto lebih cerah. Selain beautify, ada juga fungsi HDR agar bisa menangkap gambar di suasana minim cahaya.

Selain sensor fingerprint yang dapat berfungsi untuk mengamankan device, Samsung Galaxy Note 5 juga sudah memiliki NFC yang dapat diatur untuk banyak fungsi. Salah tunya adalah fitur Samsung Pay. Memang, fitur ini belum bisa digunakan di Indonesia. Namun, fungsi ini bisa digabungkan dengan fingerprint untuk sistem pembayaran dala Samsung Pay. Namun, fungsi lain NFC seperti men-transfer data atau kontak, bisa dilakukan dengan mudah dengan perangkat ber-NFC lainnya. Bahkan, Mobitekno sempat meng-install aplikasi dari salah satu bank untuk mengetahui jumlah saldo kartu eMoney dengan menempelkan kartu tersebut di belakang bodi Samsung Galaxy Note 5.

Satu lagi yang menarik adalah fungsi pengisian ulang secara wireless. Walau Mobitekno tidak sempat mengujinya karena tidak memiliki perangkat wireless charger, tetapi fungsi ini kami nilai bermanfaat untuk Anda yang selalu aktif dengan Note 5-nya. Jadi, tidak perlu ada lagi kabel yang menghalangi Anda dan Note 5.

Performa

Dari hasil pengujian beberapa aplikasi benchmark, Galaxy Note 5 memiliki kemampuan yang baik. Nilai benchmark-nya cukup tinggi. Berikut ini hasil pengukuran tersebut:

Antutu 6.0

Geekbench 3.3.2

PCMark for Android

Spesifikasi

Samsung Galaxy Note 5 hadir dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Hal ini sudah dipikirkan pihak pembuatnya mengingat sasaran varian Note adalah para pekerja yang selalu aktif di setiap harinya. Mereka bisa menggunakan berbagai aplikasi office, media sosial, hingga fungsi kamera di aktivitasnya tersebut.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini spesifikasi dari Samsung Galaxy Note 5:

Layar 5,7 inci Super Amoled Corning Gorilla Glass 4 2560 x 1440 pixel
Sistem Operasi Android 5.1.1 Lollipop
Prosesor Exynos 7420 (64-bit, 14nm) Octa core (2.1GHz Quad + 1.5GHz Quad)
GPU Mali-T760MP8
Kamera 16 MP OIS f/1.9 (belakang) autofocus, 5 MP f/1.9 (depan)
RAM 4GB RAM (LPDDR4)
Storage 32 GB internal
Jaringan GSM/HSPA/4G LTE Cat 9 dan LTE Cat 6
Kartu SIM Single Nano SIM Card
Komunikasi dan fitur WiFi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4/5GHz), MIMO, Bluetooth® v 4.2 LE, ANT+, USB 2.0, NFC, Location (GPS, GLONASS, BeiDou), Fast Charging, S pen
Audio MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, WMA, AMR, AWB, FLAC, MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX, OTA
Video MP4, M4V, 3GP, 3G2, WMV, ASF, AVI, FLV, MKV, WEBM S
Sensor Accelerometer, Proximity, RGB Light, Geo-magnetic, Gyro, Fingerprint, Barometer, Hall, HRM
Baterai  3.000 mAh

 

Kesimpulan

Dengan ukurannya yang masuk kategori phablet, Samsung Galaxy Note 5 cocok digunakan untuk Anda yang selalu aktif, baik di pekerjaan maupun aktivitas lainnya. Samsung Galaxy Note 5 cukup nyaman digunakan untuk bekerja. Adanya S pen membuat Anda begitu mudah menulis, mengedit, hingga melakukan capture gambar untuk kebutuhan presentasi yang akan Anda lakukan. Bahkan, dengan S pen ini, Anda bisa lebih kreatif dengan menciptakan berbagai hal baru yang unik dari foto-foto yang sudah Anda jepret sebelumnya. Contohnya seperti kartu ucapan selamat ulang tahun atau ucapan di hari raya sehingga tampak berbeda dengan hasil buatan phablet lainnya.

Untuk Anda yang hobi menggunakan fungsi kamera juga jangan khawatir, karena kemampuan kamera belakang Samsung Galaxy Note 5 bisa diandalkan di berbagai kondisi cahaya. Anda bisa menggunakannya sebagai kamera foto atau kamera video. Bahkan, Anda bisa membuat sebuah kolase dengan masing-masing frame berisi adegan yang berbeda. Melalui tambahan efek slow motion, objek akan tampil lebih menarik. Untuk kamera depannya juga sama tangguhnya. Hasil jepretan untuk selfie bisa diandalkan karena memiliki tingkat kecerahan yang baik.

Untuk baterainya sukup menunjang aktivitas Anda dalam satu hari. Jika anda tipe orang yang aktif bekerja dan bermedia sosial. Baterai akan habis di malam hari. Dengan begitu, saat Anda tidur, Anda bisa mengisi baterai hingga penuh. Jangan khawatir, adapternya sudah mendukung fungsi pemutusan arus saat kapasitas baterai mencapai 100 persen

Untuk kebutuhan multimedia, dari aplikasi bawaannya sudah menunjang hampir semua format multimedia. Dengan begitu,, konsumen tinggal menikmatinya saja. Saat melakukan pengujian ini, Mobitekno mendapatkan Samsung Galaxy Note 5 dengan mode single nano SIM card. Namun kini, Samsung juga menyediakan model dual nano SIM card.

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES