February 22, 2016

HP Elite x3: Phablet Windows 10 Mobile Serba Bisa untuk Kalangan Bisnis

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
HP Elite x3: Phablet Windows 10 Mobile Serba Bisa untuk Kalangan Bisnis  

MOBITEKNO – Selain Samsung Galaxy S7 series dan LG G5, ajang MWC 2016 di Barcelona juga menampilkan produk smartphone lainnya yang tidak kalah menarik. Produk tersebut adalah Elite x3, smartphone Windows 10 Mobile besutan HP Inc. yang lebih dikenal sebagai produsen PC, notebook, dan printer.

Berbeda dengan kebanyakan vendor yang lebih berfokus segmen konsumen, smartphone flagship pertama HP di tahun 2016 ini lebih diperuntukkan untuk pengguna di lingkungan enterprise. Tidak heran, mengingat platform Windows 10 Mobile yang diadopsi HP Elite x3 mengusung fitur-fitur yang menunjang aktivitas produktif, misalnya Continnum.

Aroma flaghsip pada phablet berlayar 5,96 inci ini tercium dari spesifikasi teknisnya yang mumpuni, seperti SoC Qualcomm Snapdragon 820 (2.15 GHz), RAM 4 GB, internal storage 64 GB, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, LTE Advance, wireless charging (Qi, PMA), water resistance (IP67), dan resolusi layar AMOLED-nya yang mencapai 2560 x 1440 pixel.

Berhubung digunakan di ranah enterprise, aspek sekuritinya tidak luput dari perhatian HP dengan adanya dukungan identifikasi biometri iris dan sidik jari (fingerprint reader). Tidak ketinggalan dukungan enkripsi yang meliputi standar FIPS 140-2 cryptography, enkripsi disk 256 bit, TPM 2.0, proteksi terhadap firmware rollback, dan lain-lain.

HP mencoba melakukan diferensiasi Elite X3 di antara flagship smartphone Windwos 10 Mobile lain, seperti Microsoft Lumia 950/XL, Acer Jade Primo, atau Alcatel Idol Pro 4.

Salah satu diferensiasinya adalah lima pin yang terletak di bagian belakang smartphone (disebut pogo pin). Adanya pogo pin ini diharapkan HP akan direspons produsen pihak ketiga dengan merilis berbagai aksesori yang kompatibel saat dipasangkan dengan Elite X3 melalui pin tersebut.

Pengguna bisnis yang membutuhkan suara speaker jernih juga diamini HP dengan menghadirkan dual speaker berdeasin menarik dari Bang & Olufsen yang berada di sisi bawah layar.

Beragamnya pilihan aksesori inovatif dengan fungsi ekstra (scanning atau lainnya) tentu akan membuat phablet HP Elite X3 akan semakin menarik bagi pengguna di lingkungan korporat berbagai industri.

Seperti smartphone flagship Windows 10 Mobile, HP Elite x3 pun telah mendukung fitur Continuum. Apabila Microsoft menyediakan aksesori Display Dock untuk menunjang fitur Continuum pada Lumia 950/XL, HP menyertakan docking khusus yang dinamakan Desk Dock.

Desk Dock akan menyediakan fasilitas docking untuk Elite x3 melalui konektor USB Type-C. Selengkapnya, Desk Dock menyediakan DisplayPort, dua port USB Type-A, satu USB Type-C, dan port Ethernet RJ-45.

Aksesori yang tidak kalah menariknya adalah Mobile Extender. Aksesori ini berwujud seperti sebuah laptop yang hanya menyertakan keyboard, layar Full-HD 12,5 inci, dan baterai internal (tanpa motherboard, CPU, RAM, dan lain-lain). Mobile Extender ini dapat terhubung dengan Elite x3 melalui koneksi wireless.

Konsep Mobile Extender pada Elite x3 bukanlah yang pertama. Lima tahun lalu, konsep docking laptop pernah dihadirkan Motorola pada smartphone Android-nya ATRIX.

HP belum membeberkan harga jual dan jadwal ketersediannya di pasar. Walau begitu, harganya dijanjikan akan cukup bersaing. Mengingat kategorinya sebagai flagship device, HP Elite x3 mungkin akan dijual atas harga 6 atau 7 jutaan.

 

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES