January 28, 2016

Punya Pimpinan Baru, Oracle Indonesia Siap Bantu Perusahaan dalam Transformasi Digital Berbasis Cloud

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Punya Pimpinan Baru, Oracle Indonesia Siap Bantu Perusahaan dalam Transformasi Digital Berbasis Cloud  

MOBITEKNO – Erwin Sukiato yang ditunjuk sebagai Country Managing Director Oracle Indonesia sejak November 2015 lalu bukanlah orang baru di industri TI karena telah punya pengalaman lebih dari dua dekade.

Setelah sempat memulai karir di perusahaan outsourcing TI di Auckland, Selandia Baru, Erwin juga pernah bergabung dengan IBM sebagai ASEAN Business Unit Executive untuk Channel Business, Country Manager di SAS Indonesia. Sebelum berbgabung dengan Oracle, Ia sempat memangku jabatan General Manager di VeriFone Indonesia.

Erwin sebenarnya bukan orang baru di Oracle karena selama dua tahun (1996 -1998) pernah menjabat Sales Director unuk Sektor Publik, Energi dan Telekomunikasi. Keluar dari Oracle saat itu, Erwin bahkan pernah mendirikan perusahaan sendiri yang masuk bursa saham 2001.

Selain memimpin operasional bisnis Oracle di Indonesia, Erwin mengemban misi bisnis Oracle di Indonesia, baik jangak pendek dan jangka panjang. Sejalan dengan tren cloud saat ini, Oracle juga ingin ikut berperan dalam transformasi digital perusahaan lokal Indonesia menuju cloud melalui solusi lengkap Oracle.

Berkaitan dengan penerapan cloud dalam rangka transormasi digital di lingkungan perusahaan, Erwin menekankan bahwa meskipun akan banyak kendala yang dihadapi, manfaat cloud yang besar bagi perusahaan layak diperjuangkan untuk diimplementasikan di perusahaan. Berbagai produk Oracle “end-to-end” pun telah siap digunakan perusahaan sesuai kebutuhannya.

Apa saja manfaat utama tersebut, Erwin mengatakan, “Aktivitas bisnis perusahaan akan menjadi lebih efisien karena berbagai biaya yang selama ini dikeluarkan perusahaan bisa ditekan secara signifikan. Pengusaha hanya perlu membeli layanan yang dibutuhkannya”

“Data dibutuhkan perusahaan untuk mendukung transformasi digital yang mengarah pada pendekatan ke pelanggan. Untuk itu, Oracle memiliki platform teknologi yang mendukung transformasi digital tersebut. Salah satunya yang ditawarkan Oracle saat ini melalui platform cloud,” tambah Erwin dalam acara Oracle Media Roundtable di Hotel Mulia, Senaya, Jakarta (27/1/2016).

Pada ajang globalnya tahun lalu, Oracle Open World 2015, Oracle telah meluncurkan beberapa produknya baru berkaitan dengan cloud computing. Beberapa di antaranya, seperti Oracle Customer Experience Cloud dan Oracle Commerce Cloud untuk industri e-commerce, Manufacturing/Supply Chain Cloud Services, Oracle Big Data Preparation Clioud Service, dan Oracle Appication Builder, dan lain-lain.

Berbagai produk yang mebawa fitur cloud satu per satu akan ditawarkan ke perusahaan di Indonesia. Meskipun rivalnya SAP sudah lebih dulu menghadirkan produk-produk yang lebih ramah cloud di pasar Indonesia, Oracle optimis berbagai produknya yang mendukung teknologi cloud akan disambut positif berbagai perusahaan di Indonesia di berbagai sektor industri.

Keyakin Oracle akan sambutan positif pasar terhadap produknya di dunia cloud bisa diketahui dari dukungan layanan cloud-nya yang lengkap untuk solusi hulu ke hilir (end-to-end). Sebut saja dari layanan cloud Software as a Service (SaaS), Platform as a Service (PaaS), hingga ke layanan Insfrastructure as a Service (IaaS).

 

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES