January 26, 2016

WhatsApp akan Berbagi Data dengan Facebook

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
WhatsApp akan Berbagi Data dengan Facebook  

MOBITEKNO – Facebook saat ini telah memiliki sekitar 1,55 miliar pengguna aktif bulanan (MAU atau monthly active user) dan WhatsApp mencapai 900 juta pengguna aktif bulanan.

Jumlah pengguna WhastApp ini masih di atas instant messenger milik Facebook lainnya, yaitu Facebook Messenger yang baru saja mengumumkan pengguna aktif bulanannya yang mencapai 700 juta. WhatsApp diprediksi akan menembus 1 miliar pengguna aktif bulanan di tahun 2016.

Setelah membeIi WhatsApp sebesar US$ 19 miliar, tidak banyak yang dilakukan Facebook terhadap aplikasi messenger mobile tersebut hingga beberapa pengumuman yang terjadi pada WhatsApp baru-baru.

Seperti diketahui, WhatsApp telah mengumumkan untuk menghentikan metode berlangganan layanannya selama setahun dan mencari metode yang lainnya sebagai sumber pendapatan.

Langkah kedua yang tidak kalah penting dan mungkin berkaitan dengan usahanya me-monetize layanan tersebut adalah rencananya untuk membagi data ratusan juta penggunanya dengan layanan Facebook.

Selain bisa meningkatkan experience pengguna Facebook (atau sebaliknya), proses berbagi data ini juga dianggap sebagai usaha Facebook untuk memberikan nilai tambah bagi jaringan iklan digitalnya.

Indikasi berbagi data pengguna sudah terlihat dengan hadirnya opsi baru yang masih tersebunyi pada versi beta WhatsApp untuk sistem Android. Sejauh ini, opsi tersebut masih belum aktif secara default (standar) pada WhastApp. Namun, Facebook sewaktu-waktu bisa saja mengaktifkannya secara otomatis saat WhatsApp di-install atau di-update dengan versi terbaru.

Selain opsi tersembunyi untuk berbagi data, WhatsApp terbaru juga akan menghadirkan opsi ‘end-to-end encryption’ yang mengamankan percakapan yang berlangsung antara pengguna WhatsApp. Dengan opsi ini, aksi penyadapan percakapan bisa dicegah bahkan oleh pihak WhatsApp sekalipun.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES