December 7, 2015

IDC: Hanya Satu Digit, Pertumbuhan Pasar Smartphone Global Indikasikan Perlambatan

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
IDC: Hanya Satu Digit, Pertumbuhan Pasar Smartphone Global Indikasikan Perlambatan  

MOBITEKNO – Meski tinggal beberapa bulan minggu lagi, periset dan analis pasar TI, IDC (International Data Corporation) sudah menyampaikan prediksinya seputar pasar smartphone global sepanjang tahun 2015 ini.

Menurut IDC, 2015 merupakan tahun dimana pertumbuhan pasar smartphone unutk pertama kalinya hanya’ menyentuh angka satu digit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

IDC memprediksi jumlah smartphone yang dipasarkan akan bertumbuh 9.8 persen di tahun 2015 dengan total 1,43 milyar unit. Laporan IDC ini merupakan update dari prediksi sebelumnya berkaitan dengan melambatnya pertumbuhan pasar smartphone di kawasan Asia Pacifik (di luar Jepang), Amerika Latin, dan Eropa Barat.

Tren pertumbuhan pasar yang melambat ini mungkin akan terus berlangsung pada periode 2015-19 karena beberapa faktor, seperti turunnya jumlah smartphone berbasis Windows Phone dan platform alternatif lain (platform Non-Android, iOS, dan Windows) yang ditawrkan di pasar.

Selain itu, Cina yang menjadi fokus utama pasar smartphone juga mengalami perlambatan ekonomi berapa kuartal ini juga meberikan dampak pasar yang cuku siginifikan. Namun, IDC tetap mempertahankan pandangannya bahwa Cina tetap menjadi sebuah replacement market.

Pertumbuhan pasar di Cina diperkirakan akan ada level satu digit. Kawasan MEA (Middle East & Africa) akan mengalami pertumbuhan tertinggi di tahun 2015 dengan prediksi shipment produk hampir 50 persen ‘year over year’. Ini berarti melampui pertumbuhan di negara yang selama ini diketahui sangat cepat pertumbuhan pasarnya, yaitu India dan Indonesia.

Ryan Reith, Program Director IDC, "Pasar smartphone akhirnya melambat denga pertumbuhan satu digit, menjaga momentumnya akan tergantung pada beberapa faktor."

"Pendorong utama akan tetap berjanjut pada kesuksesan smartphone terjangkau (low cost) di pasar berkembangh," tambah Ryan. IDC juga meyakini pertumbuhan platform Android akan terus berlanjut karena ekosistemnya (aplikasi, service, dan lain-lain) yang sudah bersifat global.

 

Tags: , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES