May 31, 2020

Tingkatkan Kualitas Jaringan untuk Online Gaming, 3 Indonesia Terapkan Teknologi “Service Awareness”. Apa Itu?

Penulis: Iwan RS
Tingkatkan Kualitas Jaringan untuk Online Gaming, 3 Indonesia Terapkan Teknologi “Service Awareness”. Apa Itu?  

Mobitekno – Salah satu operator seluler Hutchison 3 Indonesia (Tri Indonesia) belum lama ini menyatakan penggunaan layanan datanya selama masa Lebaran 2020 mengalami peningkatan hingga 57 persen jika dibandingkan tahun lalu. Salah satu faktor pendorong peningkatan ini adalah meningkatnya penggunaan layanan aplikasi pesan, Whatsapp, dan dan apalikasi telekonferensi, seperti Zoom, Google Duo dan Meet.

Bagi 3 Indonesia, pentingnya menjaga kualitas layanan bukan hanya perlu dilakukan selama masa-masa melonjaknya pengguna layanan seluler. Operator ini bertekad untuk selalu menjaga kualitas layanannya untuk berbagai momen dan segmen. Salah satu yang baru dicanangkan oleh 3 Indonesia adalah layanan berkualitas bagi para pengguna saat bermain game online.

Untuk itu, 3 Indonesia belum lama ini mengumumkan teknologi “Service Awareness” barunya yang disebut dapat meningkatkan pengalaman bermain online games bagi penggunanya. Teknologi ini mampu secara cerdas mendeteksi jenis online games yang dimainkan pengguna dan memberikan prioritas jaringan sesuai dengan online games yang dimainkan.

Berdasarkan hasil pemantauan dari implementasi awal, teknologi ini di sejumlah area di Jabodetabek pada Maret lalu, teknologi “Service Awareness” diklaim pihak 3 Indonesia dapat menurunkan latensi (latency) dalam bermain game hingga hampir 30 persen selama jam-jam sibuk.

Teknologi “Service Awareness” memberikan jaringan prioritas untuk respon yang lebih cepat untuk games seperti, Arena of Valor (AOV), Mobile Legends, Free Fire, dan PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile.

“Games tembak-menembak sangat sensitif terhadap latency. Ketika pengguna 3 membuka salah satu dari games AOV, Mobile Legends, Free Fire atau PUBG, secara otomatis, pengguna layanan 3 langsung ditempatkan pada jaringan prioritas untuk memberikan latency yang lebih rendah,” ujar Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia.

“Dengan demikian, mereka akan dapat menembak dengan lebih cepat dan mendapatkan pengalaman bermain yang jauh lebih baik,” tambahnya.

Berdasarkan pemantauan 3 Indonesia, bermain online games adalah salah satu kegiatan yang paling digemari pelanggannya. Sejak masa WFH (Work from Home) dari pemerintah di pekan kedua Maret 2020, penggunaan Internet untuk games melonjak lebih dari 50% sepanjang bulan April hinga Mei 2020.

“Penurunan latency ini merupakan bagian dari program penyempurnaan jaringan kami untuk menjadikan jaringan kami semakin kuat, semakin luas, dan semakin andal. Fitur “Service Awareness” ini memberikan pengalaman bermain mobile games yang lebih lancar dan menyenangkan. Kami berharap anak muda Indonesia akan semakin nyaman menikmati gaya hidup digital dengan jaringan 4.5G Pro 3 Indonesia,” tutup Desmond.

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS