January 31, 2020

Tinggalkan Apple, Huawei Menguntit Samsung Menjadi OEM Terbesar Kedua Pada 2019

Penulis: Rizki Romdoni
Tinggalkan Apple, Huawei Menguntit Samsung Menjadi OEM Terbesar Kedua Pada 2019  

Mobitekno – Menurut sebuah laporan terbaru dari Counterpoint Research, Apple sukses menjual lebih banyak smartphone di Q4 2019 daripada produsen lain. Akan tetapi kesuksesan Apple tidak bisa dioptimalkan untuk menyalip Huawei menjadi OEM (Original Equipment Manufacturer) terbesar kedua pada tahun 2019. Samsung tetap menjadi produsen yang unggul secara keseluruhan, namun Huawei terus menguntit di bawahnya yang semakin dekat setiap tahun.

Keseluruhan kinerja 2019 Huawei terbilang solid, meskipun konflik perdagangan sedang berlangsung. Pangsa pasar perusahaan tumbuh dari 14% menjadi 16%, sementara Apple menurun dari 14% menjadi 13%. Meskipun mengalami penurunan pangsa pasar, pendapatan iPhone Apple naik YoY untuk pertama kalinya sejak September 2018.

Laporan Counterpoint Research 2019

Keberhasilan Huawei sebagian besar disebabkan oleh kinerja yang maksimal di negaranya. Cina menyumbang sekitar 60% dari pengiriman perusahaan, dan Huawei mengklaim 40% dari keseluruhan pasarnya.

Untuk saat ini, ketegangan politik antara Huawei dan pemerintah AS tidak terlalu menghambat penjualan global. Namun dalam skema besar, larangan perdagangan masih relatif baru, dan dampaknya mungkin akan berlangsung selama beberapa tahun mendatang.

Akan menarik untuk melihat di mana Huawei akan berada dalam beberapa tahun. Setelah melewati Apple, dimana merupakan suatu prestasi besar, dan pada kecepatan OEM saat ini, Huawei tampaknya bisa melampaui Samsung dalam waktu yang tidak lama lagi. Itu bisa saja terwujud bila Huawei dapat menangkis serangan AS di masa depan dan terus mendapatkan pangsa pasar di luar Cina.

Tags: , , , , ,


COMMENTS