July 30, 2020

Epson Luncurkan Seri ColorWorks C6050 & C6550 Terbaru: On Demand Label Printing Incar Lintas Industri

Penulis: Rizki Romdoni
Epson Luncurkan Seri ColorWorks C6050 & C6550 Terbaru: On Demand Label Printing Incar Lintas Industri  

Mobitekno – Selain dikenal sebagai pemimpin teknologi global dalam menciptakan inovasi berkelanjutan, Epson juga lihai dalam menangkap peluang bisnis untuk sama-sama memberdayakan kanal mitranya. Belum lama ini, perusahaan meluncurkan seri ColorWorks C6050 & C6550, yang mencakup model-model C6050A/P dan C6550A/P.

Seri tersebut merupakan yang ‘spesial’ di antara label print Epson lainnya dan tentunya lebih memperluas jajaran produk dan solusi Epson untuk memenuhi kebutuhan new normal di berbagai sektor, termasuk kemasan makanan dan minuman, kemasan bahan kimia, kemasan produk manufaktur serta kebutuhan sektor kesehatan dan farmasi

Sebagai latar belakang, tren label market atau industri label saat ini meningkat dalam kurun 5 tahun (2015-2020) dengan CAGR 6%, dimana digital label mencatat pertumbuhan 200% dari tahun 2015. Merespons data tersebut, Epson gerak cepat memperkenalkan seri ColorWorks terbaru ini, yang secara spesifik dirancang untuk meningkatkan produktivitas tanpa mengurangi kualitas hasil cetak pada konsep pencetakan label sesuai permintaan (On Demand Label Printing).

Zanipar SA Siadari, Senior Product Marketing Manager Visual Instrument & Printer Epson Indonesia, menggambarkan, “Proses di pasaran cukup panjang, memakan waktu lebih lama, kemudian over-production (harus ada minimum order). Nah, dengan ColorWorks seri 6000 keuntungannya adalah on-demand printing, menghilangkan cost-cost yang tidak penting, lalu secara desain dapat mengubah packaging dengan cepat dengan color accurate yang sangat baik,”

seri ColorWorks C6050 & C6550

Model C6050P dan C6550P adalah printer label inkjet pertama di dunia yang dilengkapi peeler (alat pengupas) yang menghilangkan kesulitan mengupas kertas belakang label secara manual, sehingga membuat pencetakan label warna lebih cepat sekaligus mampu meningkatkan efisiensi di lini produksinya.

Sementara, C6050A dan C6550A memiliki fitur auto-cutter yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan pencetakan mandiri dengan keuntungan penghematan waktu serta biaya akibat adanya fleksibilitas terhadap penyesuaikan jumlah lembar berdasarkan yang hanya diperlukan saja. Dengan demikian, hal ini memungkinkan pencetakan label warna print-and-apply sesuai permintaan.

Secara spesifikasi, seri ColorWorks dibenamkan printhead Epson yang paling canggih yakni PrecisionCore, dengan keunggulan Epson dalam kualitas dan kuantitas hasil cetak, nozel bulat printhead PrecisionCore yang sempurna mampu menghasilkan tetesan tinta yang presisi, yang mampu menjamin kualitas gambar tanpa cela secara konsisten dan pencetakan yang cepat untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

Seri C6550 terdiri dari printer C6550A (auto cutter) dan C6550P (peeler). Keduanya menghasilkan lebar cetak maksimum sebesar 211,9mm dan kecepatan maksimum sebesar 85 mm/det (300×600 dpi). Di sisi lain, seri C6050 mencakup printer C6050A (auto cutter) dan C6050P (peeler). Printer-printer ini menghasilkan lebar cetak maksimum sebesar 108mm dan kecepatan maksimum sebesar 119mm/det (300×600 dpi). Untuk harga dan ketersediaan, Epson mengklaim cukup ekonomis, yakni di kisaran Rp40 – 72 juta.

“Target kami sangat luas: manufaktur, F&B, healthcare, Rumah Sakit, farmasi, logistik, packaging kosmetik, dan lain sebagainya. Bagi UMKM, kami akan menyediakan hitung-hitungan bisnis, mulai dari medianya apa hingga diameternya berapa,” kata Zan. Selain itu, kata Zan, UMKM yang penasaran dengan hasil cetaknya tidak harus membeli mesinnya, tapi hasil print-nya bisa dibeli melalui partner-partner Epson.

Momen peluncuran seri ColorWorks C6050 & C6550 secara virtual

Terkait produk terbaru ini, Epson memasang target 10% dari tahun fiskal sebelumnya. Meski sumbangsihnya masih kecil di bawah 2%, namun tak menutup kemungkinan, produk emerging ini akan menjadi backbone new business untuk Espon.

Riswin Li selaku Head of Marketing Epson Indonesia, menuturkan, “Kami berkomitmen terhadap industri label dan kami menyadari bahwa industri label sangat beragam berdasarkan karakteristik penggunaannya serta segmen industrinya. Inilah sebabnya mengapa Epson hadir untuk menawarkan berbagai solusi pencetakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang mencari kualitas cetak, kecepatan, dan hasil cetak yang lebih tinggi.”

Tags: , , , ,


COMMENTS