March 30, 2020

Perangi Corona, Pabrikan Otomotif Garap Masker dan Ventilator

Penulis: Rizki Romdoni
Perangi Corona, Pabrikan Otomotif Garap Masker dan Ventilator  

Mobitekno – Perusahaan dan pemasok otomotif di seluruh dunia bergotong royong menggenjot pembuatan produk perawatan kesehatan, mulai dari masker wajah hingga sistem ventilator canggih untuk memenuhi kekurangan barang-barang itu di rumah sakit dan fasilitas perawatan di Amerika Utara, Eropa dan Asia. Berikut ini beberapa diantaranya:

General Motors

General Motors Co mengatakan akan bermitra dengan Ventec Life Systems yang berbasis di Washington untuk membuat ventilator di GM’s Kokomo, Indiana. Pabrik komponen listrik ini akan dikebut hingga April, dengan tingkat produksi 10.000 per bulan, hingga 200.000 unit.

Tak hanya itu, GM juga akan membuat masker bedah di fasilitas Warren, Michigan, mulai awal April dan akan ditingkatkan hingga 50.000 masker sehari.

Ford Motor 

Ford Motor Co mengatakan akan bermitra dengan GE Healthcare untuk memperluas produksi ventilator GE, sambil mengembangkan desain yang disederhanakan yang dapat dibangun oleh Ford di salah satu pabriknya. Ford juga mengatakan akan bekerja sama dengan 3M Co., untuk meningkatkan produksi respirator 3M, sembari mengembangkan model yang lebih sederhana untuk dibangun di pabrik Ford.

Operator tengah merakit pelindung wajah medis. Ford Motor Company, bekerja sama dengan UAW, akan mengumpulkan lebih dari 100.000 pelindung wajah plastik yang sangat dibutuhkan per pekan di lokasi produksi Ford untuk membantu para profesional medis, pekerja pabrik, dan pegawai toko.

Pabrikan itu mengatakan mungkin akan membuat masker wajah N95 bagi responden pertama di pabrik Michigan pada tingkat hingga 100.000 seminggu.

Toyota Motor

Toyota Motor Corp mengatakan sedang menyelesaikan kesepakatan dengan dua perusahaan untuk membantu meningkatkan produksi ventilator dan respirator. Mereka berharap bisa mulai memproduksi pelindung wajah cetak-3D yang diproduksi massal pekan depan, dan mencari mitra untuk membuat filter untuk masker wajah.

FIAT Chrysler Automobiles

Fiat Chrysler Automobiles NV menyatakan bahwa akan mulai memproduksi lebih dari satu juta masker wajah sebulan yang akan didistribusikan kepada responden awal dan petugas kesehatan di Amerika Utara.

Tesla

Tesla Inc., dikabarkan akan membuka kembali pabrik panel surya Buffalo, New York, untuk memproduksi ventilator Medtronic. Perusahaan juga mengatakan telah membeli 1.255 ventilator di China dan mendistribusikannya di Amerika Utara.

BYD

BYD Co., dari China mengatakan telah membuka pabrik masker wajah terbesar di dunia di Cina dengan menghasilkan 5 juta masker sehari ditambah 300.000 botol desinfektan.

SAIC Motor 

Perusahaan patungan antara SAIC Motor Corp Ltd, GM dan Wuling mengubah salah satu pabriknya di Cina untuk membuat masker wajah dan membangun mesin tambahan untuk meningkatkan produksi masker.

Volkswagen Group 

Volkswagen AG (VOWG_p.DE) mengatakan sedang menguji printer 3D untuk membuat komponen untuk ventilator.

Tags: , , , ,


COMMENTS