July 29, 2020

Hadirkan Jenius QR, Pembayaran Non Tunai Melalui Jenius Kini Lebih Mudah dan Aman

Penulis: Desmal Andi
Hadirkan Jenius QR, Pembayaran Non Tunai Melalui Jenius Kini Lebih Mudah dan Aman  

Mobitekno – Satu layanan baru kembali dihadirkan Jenius, solusi keuangan dari Bank BTPN. Melalui sebuah acara peluncuran online, Jenius menghadirkan jenius QR. Layanan ini memanfaatkan jaringan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang menjadi standar pembayaran nasional non tunai melalui kode QR.

Dari survei yang dilakukan Jenius pada periode Mei-Juni 2020, didapatkan hasil bahwa kebanyakan responden melakukan aktivitas belanja, baik di tengah suasana Work From Home maupun Work From Office. Ini menandakan bahwa transaksi keuangan masih tetap berjalan. Oleh sebab itu, kehadiran Jenius QR akan memudahkan digital savvy bertransaksi dengan lebih aman, tanpa menggunakan uang tunai atau kartu debit.

“Melalui Jenius QR yang diluncurkan ini, masyarakat bisa bertatap muka secara fisik dengan penjual, namun pembayarannya tidak perlu berkontak fisik. Caranya, dengan memindai QR Code dengan aplikasi Jenius di perangkat mobile,” ujar Waasi Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, Senin 27/7/2020. “Hadirnya Jenius QR ini juga hasil masukan dari para pengguna Jenius dan masyarakat. Kami menggunakan metode kokreasi dimana Jenius mendengarkan masukan-masukan dari pengguna untuk pembayaran yang lebih nyaman dengan cara pembayaran non tunai,” lanjut Waasi.

Waasi Sumintardja

Hadirnya jenius QR ini juga sejalan dengan hasil studi yang dilakukan Jenius. Perilaku Masyarakat Digital Savvy Selama Masa Adaptasi Kebiasaan Baru” kepada 307 masyarakat digital savvy Indonesia, ditemukan bahwa 52% responden masih menjalankan working from home dan 48% telah working form office. Hasil survei juga menunjukkan lima aktivitas yang paling sering dilakukan di luar rumah selama masa adaptasi kebiasaan baru oleh responden yang masih working from home adalah berbelanja di minimarket (61%), berbelanja di supermarket (44%), berbelanja di pasar tradisional (30%), beribadah di luar rumah (28%), dan olah raga luar ruangan (20%).

Waasi Sumintardja juga menambahkan bahwa, transaksi dengan Jenius QR ini bisa dilakukan mulai dari nominal Rp 1 ribu hingga Rp 2 juta. Menariknya, Jenius QR juga bisa digunakan di jaringan e-wallet lainnya seperti GoPay, OVO, DANA, dan masih banyak lagi.

Dengan pengguna Jenius yang sudah mencapai lebih dari dua juta pengguna, Jenius pun menargetkan Jenius QR ini kepada para mereka yang sudah mulai terbiasa dengan pembayaran dengan kode QR. Selainn itu, fitur ini pun diharapkan dapat menarik masyarakat lain untuk menggunakan transaksi non tunai dengan memanfaatkan kode QR.

Dari sisi keamanan pun, Jenius QR dilengkapi dengan keamanan berlapis, seperti biometrik sdik jari, wajah, maupun PIN. Penggunaan fitur keamanan ini pun bisa diterapkan pada transaksi dengan jumlah nominal tertentu, agar pengguna bisa lebih memerhatikan transaksi yang dilakukannya.

 

Tags: , ,


COMMENTS