February 29, 2020

BenQ EW600: Smart Projector untuk Bisnis Berbasis Android yang Bikin Nyaman Penggunanya

Penulis: Desmal Andi
BenQ EW600: Smart Projector untuk Bisnis Berbasis Android yang Bikin Nyaman Penggunanya  

Mobitekno – Proyektor sudah seperti perangkat wajib ditengah aktivitas rapat atau presentasi. Dengan sebuah proyektor, konten apapun bisa dilihat lebih detail oleh banyak orang. Namun, seiring semakin majunya teknologi, proyektur juga harus mampu menyesuaikan, terutama saat banyak orang sudah menggunakan perangkat pintar lainnya yang dapat digunakan secara mobile.

BenQ EW600 didesain khusus sebagai Smart Projector untuk bisnis, karena didesain khsusus menyesuaikan pengguna yang sudah semakin mobile. Tren Bring Your Own Device (BYOD) dimana para pekerja banyak yang menggunakan perangkat pribadi untuk bekerja, turut melatar-belakangi hadirnya proyektor pintar ini. BenQ sendiri menginformasikan, 65 persen perusahaan mengizinkan karyawannya untuk mengoneksikan perangkat probadinya ke jaringan perusahaan. Sementara 78 persen perusahaan telah mencatat bahwa ada peningkatan dua kali lipat koneksi perangkat probadi ke jaringan perusahaan dibandingkan dua tahun lalu.

Aktivitas mobile yang hanya membutuhkan perangkat pintar tentunya terbawa juga ke ruang rapat, diskusi, atau presentasi. Tanpa harus membutuhkan laptop, proyektor BenQ EW600 pun dapat memproyeksikan bahan presentasi dengan mudah dan cepat, melalui jaringan nirkabel. Inilah salah satu keunggulan dari Smart projector BenQ EW600.

Apakah hanya itu saja kemampuan BenQ EW600? Tentu saja tidak. Masih banyak kemampuan lain yang bisa dirasakan dari proyektor yang ukurannya tidak terlalu besar ini, terutama jika dikaitkan dengan aktivitas mobile dengan smartphone dari para penggunanya. Untuk mengetahui lebih jelas lagi, Anda bisa membaca ulasan Mobitekno ini yang sudah merasakan keunggulan Smart Projector BenQ EW600 selama beberapa minggu.

UTAMA2 BENQ EW600

 

Kelengkapan

Proyektor dari BenQ ini hadir dengan kotak kemasan yang sedikit lebih kecil dibandingkan proyektor BenQ untuk kelas bisnis lainnya. Begitu paket datang ke meja redaksi Mobitekno, tim redaksi pun tidak perlu menunggu lama untuk membukanya. Dan, berikut ini beberapa item yang ada di dalam paket penjualannya:

  1. Proyektor BenQ EW600 berwarna putih
  2. Kabel Power
  3. Remote Control
  4. Kabel VGA
  5. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi

Kelengkapan BenQ EW600

Desain

Smart Projector BenQ EW600 memang didesain khusus untuk pengguna yang mobile. Mengapa? Dilihat dari ukurannya saja, proyektor ini tidak sebesar proyektor yang biasa kita temukan. Dimensinya yang hanya 296 x 232 mm serta tinggi 12 mm membuat proyektor mudah untuk dibawa. Apalagi bobotnya juga hanya 2,5 kg.

Dimulai dari bagian atas yang biasanya terdapat beberapa tombol penting. Pada bagian atas proyektor ini terdapat tombol-tombol pintas yang dapat mengakses fungsi utama proyektor. Dengan desain yang intuitif sehingga mudah dijangkau, Anda bisa menemukan tombol power on/off, navigasi, Input, Eco Blank, Back, Home, dan Setting. Tiga tombol terakhir menyerupai tombol yang ada pada smartphone Android. Hal ini tentu wajar, karena BenQ EW600 juga berbasis Android.

DESAIN BenQ EW600_1
Tombol akses yang bisa diakses dari bodi atas proyektor

Di sampingnya, tampak jelas logo BenQ dengan font yang cukupm besar. Di bagian ini ada juga dua tombol putar untuk mengatur lensa agar bisa mencapai besar proyeksi dan fokus yang diinginkan. Saat menyalakan proyektor, atur terlebih dahulu dua tombol putar ini sehingga objek yang diproyeksikan tampak jelas terlihat.

DESAIN BenQ EW600_2
Fungsi untuk Zoom dan Focus

Sekarang beralih ke bagian depan. Di bagian kanan terdapat lensa yang tampak menonjol. Lensa ini dapat memproyeksikan gambar dari ukuran 60 inci hingga 180 inci. Sementara di bagian kiri terdapat kisi-kisi untuk ventilasi udara panas saat proyektor sedang bekerja. Lubang ventilasi ini menyambung ke bagian samping. Ventilasi juga ada di sisi lainnya secara full.

DESAIN BenQ EW600_3
Bagian depan dimana lensa berada

Beralih ke bagian belakang. Di sinilah semua fitur agar proyektor dapat bekerja berada. Dimulai pada bagian kiri. Ada dua port audio untuk In dan out. Dengan dua port ini, Anda tidak hanya mentransfer audio dari perangkat sumber ke proyektor, tetapi juga dapat menyambungkan ke speaker eksternal yang lebih bagus untuk suara yang lebih jelas. Selanjutnya ada juga koneksi VGA untuk monitor, jika proyeksi ingin ditampilkan pada sebuah monitor atau layar televisi. Koneksi VGA juga disediakan untuk PC. Makin ke kanan terdapat satu port HDMI, Mini USB, dan dua port USB. Sementara itu, konektor untuk sumber daya listrik berada di bawahnya.

Sebenarnya ada fungsi wireless yang ditanam di bagian belakang ini. sebuah dongle khusus untuk wireless bisa ditemukan di jika Anda membuka covernya. Dongle inilah yang membuat proyektor menjadi pintar karena menyediakan fungsi wireless yang bisa terkoneksi dengan perangkat lainnya dengan lebih mudah dan cepat. Namun, untuk mengetahui keberadaan dongle ini, Anda harus membuka baut kecil di covernya.

Seperti pada proyektor BenQ lainnya, pada bagian bawah terdapat tiga kaki yang dapat diatur untuk mengatur ketinggian proyektor. Atur kaki-kaki ini untuk mendapatkan posisi proyeksi yang paling pas. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan fitur Keystone untuk mengatur tampilan agar hasil proyeksi simetris.

 

Fitur dan Performa

BenQ EW600 memang dihadirkan sebagai Smart Projector untuk Bisnis. Hal ini bisa dilihat dari berbagai fitur pintar yang ditanam di dalamnya. Sebelumnya, Mobitekno melakukan pengujian proyektor ini pada ruangan 4×4 meter persegi. Sejumlah perlengkapan pendukung pun kami siapkan, seperti notebook dan smartphone.

Sebagai langkah awal, tentu saja hasil proyeksi harus disesuaikan dengan media layar yang ada. Jadi, kami memanfaatkan fungsi keystone yang ada di proyektor ini. Fungsi ini bisa diakses melalui remote control maupun tombol akses (setting) yang berada di bodi atas proyektor. Cukup sesuaikan nilainya hingga mendapatkan bidang proyeksi yang simetris sehingga nyaman dilihat.

FITUR BenQ EW600_1
Fungsi keystone

Berikutnya, kami lakukan proyeksi dengan cara konvensional terlebih dahulu, yaitu melalui kabel VGA dan HDMI. Proyektor bekerja dengan pintar. Begitu kabel terkoneksi, pindahkan source berdasarkan jenis kabel, proyeksi dari notebook pun langsung tampil dengan jelas. Proyektor ini memang menyediakan koneksi melalui kabel VGA dan HDMI di bagian belakang. Hal yang sama juga berlaku untuk sumber konten berasal dari USB flash disk. BenQ EW600 dapat mendeteksi dengan cepat.

Skenario berikutnya tentu memanfaatkan fungsi smart yang ada di proyektor ini, yaitu wireless. User Interface yang ada di BenQ EW600 sudah cukup jelas membantu para pengguna untuk melakukan berbagai hal dengan proyektor. Untuk koneksi dengan smartphone Android misalnya, Anda cukup mengikuti wizard saja. Di dalam Home Screen, ada tiga opsi yang disediakan untuk melakukan koneksi dengan device lain secara wireless, yaitu “Wireless Projection for IOS & MacOS”, “Wireless Projection for Android”, dan “Wireless Projection for PC”. Agar koneksi lancar, pastikan terlebih dahulu perangkat smartphone atau PC berada di satu jaringan yang sama dengan proyektor.

FITUR BenQ EW600_2
Opsi untuk wireless projection, IOS, Android, dan PC

Melalui sistem wireless ini, proyektor pun bisa digunakan secara bersamaan. Jadi, jika ada banyak orang yang terlibat dalam sebuah diskusi atau rapat yang membutuhkan proyektor, masing-masing orang bisa menampilkan dokumen atau konten lainnya dari dalam smartphone atau PC mereka secara wireless. Cukup dengan melakukan “Cast” atau mirroring ke proyektor dari dalam smartphone atau PC.

Untuk menghubungkan proyektor dengan jaringan internet di ruangan juga sangat mudah dilakukan. Dari Home Screen, cukup masuk ke Internet Settings, lalu aktifkan Wireless Network Settings, dan masuk ke jaringan Wi-Fi yang ada. Menariknya, proyektor ini menyediakan fitur pendukung yang bagi banyak orang cukup berguna, yaitu diagnosa sistem jaringan dan speed test jaringan internet. Dengan begitu, kecepatan internet yang tersefdia bisa diketahui. Jadi, besarnya konten yang akan di-mirror ke layar bisa dianalisis terlebih dahulu. Jika internet lambat, Anda bisa memproyeksikan file-file yang ukurannya kecil saja sehingga jalannya diskusi bisa lebih lancar.

Satu fitur wireless lainnya adalah Bluetooth. Fitur ini tentu saja menambah kemudahan dalam mengoneksikan perangkat lainnya yang memiliki bluetooth ke proyektor ini. Contohnya, Anda bisa mengoneksikan mouse atau keyboard bluetooth untuk kemudahan navigasi dalam melakukan presentasi. Anda pun bisa memutar video atau musik favorit dari perangkat smartphone ke proyektior BenQ EW600 dengan koneksi bluetooth.

Fitur pintar lainnya adalah kenyataan bahwa BenQ EW600 tidak hanya bisa terkoneksi dengan jaringan internet yang ada, melainkan juga bisa berlaku sebagai repeater (Hotspot). Bahkan, BenQ EW600 menyediakan dua jenis koneksi yaitu 2.4G dan 5G. Jika koneksi internet yang ada sangat cepat, sebaiknya gunakan mode 5G. Aktifkan fungsi Hotspot ini, lalu beri nama untuk “Hotspot Name”, serta jangan lupa untuk memberikan password. Jadi, peserta rapat cukup mengoneksikan ke hotspot yang disediakan proyektor. Hal ini sangat berguna jika kondisinya hanya ada akses wifi yang sangat terbatas. Jadi, cukup proyektor yang terkoneksi ke jaringan yang ada lalu menyebarkannya melalui fitur Hotspot.

Karena berbasis Android 6.0, proyektor BenQ EW600 bisa mendukung beberapa aplikasi. BenQ sendiri telah menyediakan aplikasi seperti WPS Office, File Manager, dan Chrome. Anda bisa meng-install aplikasi lainnya dari bagian “BenQ Suggests”. Namun, sayangnya masih sedikit aplikasi yang direkomendasikan BenQ. Dengan aplikasi seperti Chrome misalnya. Anda bisa menjelajah internet dengan bebas hanya dari proyektor. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan tampilan yang lebih luas, dibandingkan melakukannya di layar PC maupun smartphone.

Fungsi aplikasi File Manager pun bisa mendeteksi file-file yang ada, baik di dalam ROM maupun memori eksternal seperti USB Flash Disk yang tersambung ke proyektor ini. Di dalam File Manager, file-file bisa dikelompokkan berdasarkan jenisnya, seperti Image, Music, dan Video.

Balik ke user interface yang disediakan BenQ. UI pada BenQ EW600 ini sangat jelas menampilkan fungsi dan fitur yang disediakan pada proyektor BenQ EW600. Iconnya sangat mudah dibaca karena tampil dengan ukuran yang cukup jelas. Penempatan iconnya juga rapi. Anda sebagai pengguna juga bisa mengatur susunan icon ini sesuai dengan keinginan dari menu Settings. Jadi, fitur atau fungsi yang sering digunakan bisa tampil lebih dominan di dalam Home Screen. Cara ini layaknya Anda mengoperasikan smartphone Android atau Apple iPhone, mudah dan nyaman.

Fitur benQ EW600_13
User Interface BenQ EW600

Kepintaran BenQ EW600 sebagai Smart Projector untuk Bisnis adalah ketersediaan aplikasi pendukung untuk navigasi yang lebih mudah. Aplikasi bernama BenQ Smart Control ini bisa di-install ke smartphone dari Playstore agar navigasi atau kontrol proyektor bisa lebih mudah dan cepat. Jika sudah terpasang di smartphone, cukup koneksikan ke jaringan internet yang sama, aplikasi bisa mendeteksi proyektor dengan cepat. Dari aplikasi ini ada dua tab yang memudahkan Anda untuk navigasi, yaitu Dpad dan Mouse. Jika memilih DPad, Anda disuguhkan tombol-tombol fungsi utama seperti pada remote control. Sementara di tab Mouse, Anda bisa mengoperasikan proyektor seperti pada notebook. Smartphone bisa berfungsi sebagai trackpad. Cukup sentuh layar trackpad dan lakukan single click untuk memilih dan double click untuk menjalankan fungsi yang dipilih.

FITUR BenQ EW600_14
BenQ Smart Control

Bagian terakhir adalah remote control. BenQ EW600 memiliki remote control yang berukuran kompak, tetapi dengan fungsi tombol yang sudah mewakilkan fungsi-fungsi yang bisa dijalankan dari proyektor. Menariknya, walaupun tidak memiliki fungsi backlight di remote, BenQ menyematkan fungsi laser pointer di bagian atasnya. Jadi, saat presentasi, Anda tidak perlu repot menggunakan perangkat laser pointer lainnya untuk menjelaskan konten yang ada. Hal ini bisa dilakukan dari remote control BenQ EW600.

Remote Control BenQ EW600 yang dilengkapi fungsi laser pointer

 

Spesifikasi

Smart Projector BenQ EW600 tidak akan pintar kalau tidak didukung dengan spesifikasi yang andal. BenQ telah menanamkan berbagai teknologi dan hardware yang terbaik di kelasnya guna membuat proyektor ini bisa lebih mudah dan nyaman digunakan oleh banyak orang. Berikut ini spesifikasi lengkap Smart Projector BenQ EW600:

Resolusi 1280 x 800 pixels, 16:10
Teknologi proyektor DLP Single 0.65″ WXGA
Kecerahan cahaya 3.600 Lumens
Contrast Ratio 20.000:1
Daya lampu 200 watt
Ukuran Proyeksi 60 inci sampai 180 inci persegi
Usia Lampu Normal 5000 jam;

Economic 10000 jam;

SmartEco 10000 jam;

LampSave 15000 jam

Konsumsi Daya Max 320Watt, Normal 280 Watt, Eco 235 Watt
Dimensi 296 x 120 x 232  mm
Bobot 2,5 kg
Smart System Android 6.0 dengan ROM 16GB dan RAM 2GB
Audio Built-in speaker
Bluetooth 4.0

 

Kesimpulan

BenQ EW600 dihadirkan untuk menunjang bisnis agar tidak terpaku di satu ruangan saja. Mobilitas pengguna bisa diselaraskan dengan fungsi pintar yang ada dalam proyektor ini. Bentuknya yang ringkas dan bobotnya yang tidak terlalu berat juga membuat proyektor ini lebih mudah dan nyaman dibawa. Selain itu, fungsi pintar yang ada, seperti dukungan koneksi wireless, baik dengan Wi-Fi maupun Bluetooth membuat BenQ EW600 begitu fleksibel digunakan dengan perangkat mobile lainnya. Dengan dukungan wireless ini, proyektor pun tidak bergantung hanya kepada PB atau laptop. Anda yang hanya membawa smartphone sebagai perangkat harian, bisa dikoneksikan dan bekerjasama dengan BenQ EW600.

KESIMPULAN benQ EW600

Proyektor ini dapat memproyeksikan mulai dari 60 inci hingga 180 inci. Ukuran proyeksi ini sudah cukup besar untuk menunjang diskusi atau presentasi dengan banyak orang. Remote Controlnya yang dilengkapi laser pointer juga sangat membantu dalam proses presentasi. Bahkan, dengan aplikasi BenQ Smart Control, navigasi proyektor semudah Anda menggunakan notebook atau PC.

Dengan basis Android 6.0 tentu saja sistem dapat menerima aplikasi yang biasa digunakan di perangkat Android lainnya. Aplikasi WPS Office misalnya. Dengan aplikasi ini, selain bisa menjadi aplikasi bantu dalam menampilkan dokumen berformat office, Anda juga bisa bekerja langsung di dalamnya. Begitu juga dengan Google Chrome. Anda tidak perlu melakukan mirroring dari smartphone untuk melakukan “browsing”. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah langsung dari BenQ EW600.

Dengan kemampuan yang dimilikinya, sudah jelas BenQ EW600 memang layak dijuluki Smart Projector untuk bisnis. Saat ini Smart Projector BenQ EW600 dibanderol dengan harga Rp 17.500.000. Produk ini pun bisa ditemukan di toko official BenQ di ecommerce Tokopedia.

Tags: , , , , ,


COMMENTS