April 27, 2020

Samsung Galaxy S20 Ultra Bisa Zoom 100x, Bagaimana Sih Cara Kerjanya?

Penulis: Desmal Andi
Samsung Galaxy S20 Ultra Bisa Zoom 100x, Bagaimana Sih Cara Kerjanya?  

Mobitekno – Salah satu keunggulan dari Samsung Galaxy S20 Ultra adalah di bagian kamera. Selain memiliki resolusi tertinggi dibandingkan dua varian Galaxy S20 lainnya ytaitu 108MP, smartphone ini juga bisa melakukan zoom hingga 100x. Dengan begitu objek yang begitu jauh pun masih bisa dilihat detailnya. Banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana Samsung Galaxy S20 Ultra bisa melakukan hal tersebut. Berikut ini penjelasannya.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki 4 kamera di bagian belakang. Selain 108MP wide angle, ada juga 12MP super wide angle, 48MP telefoto, dan kamera 3D TOF untuk menambah kedalaman gambar. Untuk mendapatkan zoom hingga 100x, sejatinya bukan murni dari hasil hardware kamera. Samsung memadukan hardware optical zoom, sensor kamera, dan tentunya image processing dari software khusus. Teknologi ini mereka sebut Space Zoom.

Cara kerjanya, Samsung justru lebih memanfaatkan hardware dari kamera telefoto. Lensa telefoto di Galaxy S20 Ultra ini didesain sebagai lensa lipat atau lensa periskop. Lensa lipat ini memiliki kaca tembahan untuk memantulkan cahaya dari kamera 108MP ke kamera telefoto.

Lensa telefoto ini sebenarnya hanya dapat melakukan proses zoom hingga 4x saja. Oleh sebab itu, untuk melakukan zoom 4x sampai 10x, Samsung menggunakan kombinasi sensor dengan binning. Proses ini diyakini Samsung tidak akan menurunkan kualitas foto.

Nah, untuk proses zoom hingga 100x, Samsung memadukannya lagi dengan teknik digital yang memanfaatkan AI. Dengan teknik digital melalui software khusus dan AI, Samsung bisa memperpanjang rentang zoom dari 4x menjadi 100x. Adanya dukungan AI membuat gambar tetap pada kualitas terbaiknya. Teknik dengan bantuan AI ini mereka namakan Super Resolution Zoom.

Jadi, perpaduan hybrid zoom, Super Resolution Zoom, dan AI, membuat Samsung Galaxy S20 Ultra dapat melakukan zoom dengan baik hingga 100x. Gabungan semuanya ini mereka namakan “Space Zoom”.\

Space Zoom Samsung Galaxy S20 Ultra (sumber: FoneTech)

Dengan teknik yang sudah dijelaskan tadi, sebenarnya Samsung hanya mengandalkan satu kamera telefoto yang berkemampuan 48MP saja. Kamera 108MP membantu dalam penangkapan gambar sehingga hasilnya tetap berkualitas baik walaupun sudah mendapat proses pengolahan digital.

Space Zoom ini sebenarnya juga ada di varian Galaxy S20 lainnya. Hanya saja, berbeda dengan Samsung Galaxy S20 Ultra, Galaxy S20 dan Galaxy S20+ hanya dapat melakukan space zoom hingga 30x saja.

Bagi Anda yang ingin mengetahui seputar informasi promosi Samsung Galaxy S20, bisa mengunjungi halaman ini. Sementara untuk informasi seputar Samsung Galaxy S20 Series bisa mengunjungi website resmi Samsung Galaxy S20.

Tags: , , ,


COMMENTS