May 26, 2020

Tantang Mobile Legend di Genre MOBA, Lokapala Menatap Sukses di Pasar eSports Tanah Air

Penulis: Rizki Romdoni
Tantang Mobile Legend di Genre MOBA, Lokapala Menatap Sukses di Pasar eSports Tanah Air  

Mobitekno – Demi memenuhi animo masyarakat Indonesia akan gim bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), Anantarupa Studio belum lama ini merilis Lokapala, gim MOBA yang mengangkat kearifan lokal. Tak hanya kearifan lokal, nilai-nilai perjuangan dan kebudayaan lokal pun diangkat dalam gim ini. Tentu ini menjadi satu gebrakan bagi Anantarupa di pasar gim dalam negeri yang cukup berjejal gim-gim impor.

Anantarupa memahami bahwa medan yang akan dilalui ke depan tidaklah mudah. Sebut saja gim luar seperti Mobile Legends dengan Moontoon-nya atau Arena of Vaior (AOV) dengan Timi Studio Group-nya yang sudah lebih dulu memancang kuku mereka di pasar gim Indonesia. Maka dengan menggandeng PT Melon Indonesia sebagai publisher dan Telkom Group yang mendukung Lokapala, diharapkan gim karya anak bangsa ini bisa berbicara lebih banyak di rumah sendiri.

Hadir pada acara Grand Launching Lokapala yang digelar dalam kanal YouTube, CEO PT Melon Indonesia Dedi Suherman mengatakan, “Peran kami di Lokapala tentu saja meningkatkan potensi lokal dan profitabilitas pada masuk ke publishing, dimana Melon adalah perusahaan yang bisa dipertimbangkan di bidang digital game. Lokapala membawa karakter yang bersifat lokal, mengusung local heroic, punya kebanggaan. Kami berharap Lokapala bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ungkapnya.

Dedi menyatakan bahwa Melon Indonesia telah mengenal gim mana yang bisa dimonetisasi dan mana yang bertahan.

“Dan kita perhatikan game MOBA, salah satu game terbaik MOBA yang ada di dunia, saya sebut saja namanya Mobile Legend, itu sejak 2017 bertahan di tiga besar di Indonesia, di semua telco dan semua platform,” ujar Dedi.

Di samping itu, Dedi melihat perkembangan esports sangat besar di Indonesia. “Dengan dua itu, kita ketemu Lokapala adalah gim yang cocok, bergenre MOBA, yang kedua game lokal pertama yang bisa dilaksanakan dengan esports.”

Lalu apa saja keistimewaan Lokapala? COO Anantarupa Studio Diana Paskarina menjelaskan bahwa gim ini dapat masuk dalam kategori eSports, karena saat ini tren eSports sangat tinggi sekali.

“Dari sisi internal, MOBA cukup kompleks. Dalam pengembangannya, karakter Lokapala bisa mencapai 40 dengan masing-masing skill, dari sana kami bisa terus belajar mendalami dan mengembangkan lebih baik lagi. Kami memutuskan untuk MOBA, karena bisa mengangkat karakter-karakter dari tokoh Nasional atau kebudayaan Nusantara. Bisa diasah dari segi timnya, skill-nya banyak yang bisa dipelajari,” urai Diana.

Maka dari itu, kata Diana, gim Lokapala garapan Anantarupa Studio dibuat untuk memenuhi keinginan masyarakat Indonesia terutama gamers yang menyukai genre MOBA. Anantarupa Studio menjadi satu-satunya developer game yang berhasil membuat game MOBA dan eSports dari Asia Tenggara.

Saat disinggung mengenai kapan gim ini akan hadir di platform iOS, Diana menjawab saat ini Lokapala akan difokuskan terlebih dahulu di platform Android. Dalam beberapa bulan ke depan, Anantarupa baru akan men-develop untuk iOS.

Telkom Group Sangat Mendukung Lokapala

Faizal Rochmad Djoemadi selaku Direktul Digital Business Telkomgroup yang juga hadir dalam Grand Launching Lokapala, memaparkan bahwa Indonesia akan mengalami new normal, di masa ini merupakan kesempatan bagi pengembang untuk mengeluarkan gim-gim yang lebih baru, karena setelah masa pandemi ini akan memengaruhi masyarakat kebanyakan dalam bermain gim online, yakni bukan lagi sebagai permainan tapi sebagai sebuah kebutuhan.

Sejumlah pembicara saat grand launching Lokapala

“Saya yakin Lokapala bisa menjadi raja di negeri sendiri, karena Lokapala mengangkat tema yang sangat Indonesia sekali, mulai dari pemilihan karakter dan nama-namanya. Semua diambil dari tema pewayangan, mitologi dan mythical creature dari budaya Indonesia,” kata Faizal.

Ditambah lagi, kustomisasi bisa dengan cepat berkat bahasa Indonesia. Faizal menegaskan bila Lokapala sudah mencapai di titik Go Global akan bisa dibantu oleh Telkom dengan 11 subsidairy (Telin) di 10 negara, US, New Zealand, dan lain sebagainya.

Lokapala juga rencananya akan dimasukan menjadi salah satu gim yang memiliki value dan benefit di layanan Indihome Paket Gamer. Kemungkinan akan diberikannya sejumlah item gratis Lokapala dan benefit lainnya demi menarik keinginan para gamers untuk menggunakan layanan IndiHome Paket Gamer.

Ksatriya Pilih Tanding! eSports Developer Game Moba Pertama di Asia Tenggara  

Indonesia sangat dikenal dengan budaya gotong-royongnya. Maka dari itu melalui Lokapala, Anantarupa Studio beserta mitra industri kreatifnya berkomitmen untuk membantu warga Indonesia berjuang melawan wabah COVID-19 dengan membuat misi Bela Negara.

Pada kampanye ini Lokapala berjuang bersama Gotong Royong Tim yaitu:

  1. Asosiasi Cipta Karya Adikarsa (CAKRA)
  2. Anantarupa Studio
  3. Telkom Group
  4. Caravan Studio
  5. Yayasan Jagoan Indonesia
  6. Elwin Hendrijanto
  7. Ryan Gozali (Lima)
  8. Dennis Adishwara

Ksatriya Pilih Tanding memiliki jargon “Tetap di Rumah, Bermain di Rumah dan Menolong dari Rumah”.

Semua Ksatriya Lokapala dipanggil untuk membantu dan ikut berpartisipasi dalam misi Bela Negara ini, yaitu dengan cara ikut dalam turnamen online yang dilakukan dari rumah. Turnamen ini diadakan di 20 kota yang diikuti oleh perwakilan komunitas kota.

Adapun nanti dana yang terkumpul akan 100% digunakan untuk mendukung segala sesuatu yang diperlukan oleh petugas kesehatan untuk menangani pandemi, serta dampak kemunculannya, misalnya APD, suplemen, hand sanitizer dan lainnya.

Tags: , , ,


COMMENTS