January 26, 2020

India Renggut Posisi AS sebagai Pasar Smartphone Terbesar Kedua di Muka Bumi

Penulis: Rizki Romdoni
India Renggut Posisi AS sebagai Pasar Smartphone Terbesar Kedua di Muka Bumi  

Mobitekno – Cina telah melampaui Amerika Serikat (AS) sebagai pasar ponsel cerdas terbesar di muka bumi beberapa tahun yang lalu. Akan tetapi sekarang, orang Amerika bahkan tidak bisa mengklaim tempat kedua. Counterpoint Research memperkirakan bahwa India sudah melampaui AS dan menempati posisi kedua terbesar, dengan pengiriman 158 juta ponsel ke negara itu pada 2019.

Hal itu disebabkan oleh sebagian besar lonjakan produsen Cina yang menawarkan perangkat dengan harga ‘agresif’. Sebanyak 72 persen ponsel yang dikirim ke India berasal dari merek seperti Xiaomi, Vivo, Realme dan Oppo.

Pangsa Pasar Smartphone India 2019 | Sumber: Counterpoint Research Market Monitor 2019

Pangsa Pasar Smartphone India Q4 2019 | Sumber: Counterpoint Research Market Monitor Q4 2019 

Laporan ini bukan untuk mengatakan bahwa merek non-Cina bernasib buruk, namun hasilnya cenderung beragam. Contohnya, Apple tumbuh dengan cepat pada akhir 2019 berkat potongan harga iPhone XR dan debut iPhone 11. Lalu, Samsung, menerima hasil yang stagnan pada periode yang sama, dan akhirnya turun lima persen pada 2019.

Tidak mengejutkan bahwa India akan menyalip Amerika Serikat mengingat populasi mereka yang besar dan pasar yang sedang berkembang, dimana lebih banyak orang dapat membeli smartphone. Namun ini masih bisa berdampak signifikan pada cara pabrikan ponsel menjual perangkat di luar apa yang Anda lihat sejauh ini. Misalnya, perusahaan mungkin lebih cenderung akan merancang ponsel dengan mempertimbangkan pasar India.

Tags: , , ,


COMMENTS