June 25, 2020

Review Synology DiskStation DS220j, NAS yang Membuat Anda Memiliki Layanan Cloud Eksklusif

Penulis: Desmal Andi

Desain

Saat dikeluarkan dari kotak kemasannya, Synology DS220j berwarna putih ini terlihat begitu kompak untuk ukuran sebuah produk NAS dengan 2 slot untuk hard disk. Berdasarkan informasi dari websitenya, produk ini memiliki ukuran dimensi 165 mm x 100 mm x 225.5 mm. Dengan empat bantalan karet yang ada di sisi bawah, Synology DS220j dapat berdiri kokoh dan tahan terhadap guncangan. Bodinya sendiri memiliki lapisan terluar yang dibuat dari bahan plastik tebal dengan lapisan warna putih glossy. Cukup stylish, tetapi harus waspada terhadap goresan, agar tampilan NAS Synologyini tetap enak dilihat.

Desain 1
Bodi luar dari plastik tebal dengan permukaan glossy

Mari kita lihat dengan lebih detail. Bagian depannya terdapat lampu-lampu LED indikator operasional NAS ini. Lampu-lampu LED ini menunjukkan indikator status, LAN, Disk 1, dan Disk 2. Turun ke bagian bawah terdapat tombol power dengan lampu LED dengan warna berbeda, yaitu biru. Sementara di bagian pojok kiri bawah terdapat logo jenis produk ini, yaitu DS220j.

Di sisi samping kanan dan kiri, tampil dengan dessain yang sama. Terdapat logo besar Synology yang juga berfungsi sebagai lubang ventilasi untuk sirkulasi udara. Logo ini menjadi ciri khas produk Synologyselama ini, terutama untuk jenis NAS.

Pindah ke bagian belakang. Di sini selain terdapat kipas berukuran cukup besar, terdapat juga port-port penting untuk menghubungkan perangkat ini ke router. Ada port LAN RJ45 dan dua buah port USB 3.0. Di bawahnya terdapat konektor untuk menghubungkan kabel power. Lubang reset juga terdapat di bagian ini, di sebelah port USB. Sementara untuk keamanan, disediakan juga kensington key untuk mengikat perangkat ini saat sedang digunakan.

Di bagian bawah tampil biasa-biasa saja. Selain empat bantalan karet untuk mengamankan hard disk dari getaran, ada juga deretan lubang-lubang tambahan ventilasi udara.

Itu tadi desain yang terlihat pada bagian luar. Bagaimana untuk bagian dalamnya? Sebelumnya, perangkat ini ditempatkan dalam paket kemasannya tanpa dikunci dengan baut. Jadi, Anda bisa membuka casing SynologyDS220j ini dengan cara mendorong case bagian kiri (bagian case yang berukuran bear) ke arah depan. Pegang kedua sisi case karena keduanya akan terpisah satu sama lain. Sisi satunya hanya sebagai penutup. Sementara sisi lainnya terdapat bagian penting dari NAS ini, yaitu dua slot hard disk.

Di balik dua slot hard disk terdapat motherboard sebagai mesin dari Synology DS220j ini. Oya, material yang digunakan di dalam ini sama seperti kebanyakan case CPU untuk PC, yaitu dari logam.

Hard disk yang digunakan harus sudah memiliki konektor SATA. Anda bisa menggunakan hard disk laptop berukuran 2,5 inci. Namun, dibutuhkan holder khusus yang dijual terpisah. Untuk memasang hard disk, tinggal tancapkan hard disk ke konektor SATA yang ada. Anda bisa memasukkan satu atau dua hard disk sekaligus. Agar tidak bergeser, hard disk dapat dikunci dengan baut yang sudah disediakan di kedua sisinya.

desain harddisk
Tampak dalam, Dua HDD yang dipasang ke masing-masing slotnya
Tags: , , , , ,


COMMENTS