June 25, 2020

Review Synology DiskStation DS220j, NAS yang Membuat Anda Memiliki Layanan Cloud Eksklusif

Penulis: Desmal Andi
Review Synology DiskStation DS220j, NAS yang Membuat Anda Memiliki Layanan Cloud Eksklusif  

Mobitekno – Bagi pengguna smartphone, laptop, atau PC desktop, tentunya sudah tidak asing lagi dengan layanan cloud storage seperti Google Drive, One Drive, atau Dropbox. Sudah diakui banyak orang, keberadaan cloud storage seperti ini memudahkan mereka untuk menyimpan data, dokumen, dan file-file penting dengan lebih nyaman. Cukup simpan dokumen di salah satu layanan cloud storage, Anda pun bisa mengakses dokumen tersebut dimanapun Anda berada, tanpa terbatas oleh waktu.

Dengan adanya layanan tersebut, pengguna smartphone atau laptop tidak perlu khawatir dengan kapasitas media penyimpanan di dalam perangkatnya yang terbatas. Anda dapat membaginya ke penyimpanan cloud untuk meringankan beban storage internal.

Namun, layanan ini tentunya ada harganya. Memang, di paket standar Anda bisa mendapatkan secara gratis. Akan tetapi, kapasitas storage yang diberikan terbilang kecil untuk ukuran atau kebutuhan penyimpanan dokumen saat ini. Jika ingin menambahnya, tentu harus mengeluarkan uang ekstra untuk berlangganan dengan kapasitas-kapasitas storage yang sudah ditentukan.

Sebenarnya, fungsi layanan seperti ini bisa Anda buat sendiri di rumah atau tempat pekerjaan Anda. Syaratnya, dibutuhkan koneksi internet yang terus menyala. Masalah internet ini tentunya sudah tidak menjadi masalah karena banyak Internet Provider yang menawarkan paket internet unlimited dengan biaya terjangkau. Syarat kedua, tentunya dibutuhkan perangkat Network Attached Storage (NAS). NAS ini bisa diisi dengan hard disk yang kapasitasnya tentu ditentukan oleh Anda sendiri. Anda bisa memasukkan hard disk berkapasitas sangat besar (hingga ukuran Terabyte) untuk ruang penyimpanan dengan metode cloud system.

Salah satu produk NAS yang bisa melakukan hal ini adalah Synology DiskStation DS220j. Produk ini bahkan dilengkapi dengan 2-bay personal cloud storage, yang tentunya bisa diisi dengan dua buah hard disk. Dengan demikian, Anda bisa menempatkan atau menyediakan ruang penyimpanan untuk file-file penting di perangkat ini. Dan, tentunya bisa diakses darimanapun Anda berada. Oya, dengan beberapa tambahan aplikasi, Anda pun bisa membuat perangkat ini seperti menggunakan layanan Google. Misalnya, saat Anda menjepret foto dengan smartphone, hasil foto bisa langsung tersimpan di Synology DS 220j ini. Jadi, Anda bisa membuat sistem seperti pada Google Photos di perangkat Android. Ingin tahu caranya? Ikuti ulasan Mobitekno berikut ini.

pendahuluan

Tags: , , , , ,


COMMENTS