July 24, 2020

Ini Dia Fitur-fitur Unggulan yang Mengagumkan pada Oppo Reno4

Penulis: Desmal Andi
Ini Dia Fitur-fitur Unggulan yang Mengagumkan pada Oppo Reno4  

Mobitekno – Oppo Reno4 menjadi smartphone terbaru Oppo yang hadir membawa fitur fotografi profesional untuk para mengguna smartphone.Oppo Reno 4 Series sendiri sudah hadir secara resmi di negara asalnya pada Juni 2020 kemarin. Kini, Oppo Indonesia pun siap membawa Reno4 series ini ke Indonesia dengan membawa banyak keunggulan pada sisi fotografi.

“Reno4 ini dianggap Oppo sebagai smartphone yang sangat trendi dan akan menjadi sebuah tren terutama dilihat dari sisi fotografi. Oppo Reno4 juga melanjutkan kemampuan fotografi yang ada di seri Reno sebelumnya,” ujar Aryo Medianto A, PR Manager Oppo Indonesia, saat melakukan eksperimen Oppo Reno4 dengan media di Jakarta, 23/7/2020. “Namun, berbeda dengan Reno sebelumnya yang memfokuskan pada fotografi landscape, kini Oppo Reno4 lebih berfokus pada fotografi wajah atau model. Oleh sebab itu, ada banyak fitur dan filter yang memudahkan pengguna Oppo Reno4 mendapatkan hasil foto wajah yang mengagumkan, baik dari kamera belakang maupun dari kamera depan,” lanjut Aryo.

Aryo juga melanjutkan bahwa Reno4 tidak hanya mampu menghasilkan foto yang mengagumkan, tetapi juga video. Fitur-fiturnya mampu membuat seorang pengguna Oppo Reno4 menjadi layaknya seorang fotografer atau videografer profesional. Ini tentunya memudahkan mereka yang gemar membuat konten foto atau video karena mereka tidak perlu repot lagi mengolah atau mengedit hasilnya dengan software editing yang tentunya memakan waktu lama.

Aryo Meidianto A dan Rio Motret

Berikut ini fitur-fitur yang hadir untuk fotografi dan videografi di Oppo Reno4 Series

AI Color Portrait Mode

Fitur ini tentunya bisa menjad andalan untuk menghasilkan sebuah foto yang ikonik. Dengan kemampuan Artificial Intelligence (AI) yang disematkan ke dalam kamera, Color Portrait Mode mampu membuat sebuah foto dengan latar belakang hitam dan putih. Namun, objek manusianya tetap terjaga dengan warna terbaiknya. Ini dapat menghasilkan foto yang yang lebih berseni. Fitur ini akan menjadi tren di kalangan anak muda. Menariknya, fitur ini tidak hanya berlaku untuk objek foto, tetapi juga video. Dan tidak hanya dapat digunakan untuk kamera belakang saja, tetapi juga pada kamera depan.

Monochrome Video

Video monokrom tentunya memiliki karakter yang berbeda dengan video biasa. Monokrom membuat video menjadi lebih berkelas. Oppo Reno4 siap melakukan hal ini dengan menggabungkan tiga jenis filter video yang akan menambahkan efek menyerupai film layar lebar. Video pun bisa mempertahankan warna RGB pada objek manusia dengan latar belakang monokrom.

Night Flare Portrait

Night Flare Portrait akan menghasilkan efek neon nan artistik pada bagian background (latar belakang) objek foto orang. Efek ini akan terlihat hasilnya ketika pengambilan foto dilakukan di lokasi yang sarat dengan kelap-kelip lampu perkotaan, yang membuat objek foto tampil lebih cerah.

Smart Slow Motion 960fps

Video gerak lambat (slow motion) bisa membuat berbagai objek yang tampil dalam video terlihat lebih detail. Namun, kemampuan merengkum frame menjadi kunci pada mode slow motion di sebuah kamera. Reno4 kini memiliki Smart Slow Motion Mode dengan kemampuan 960fps. Ini tentunya dapat membuat kamera menangkap ekspresi mikro sepersekian detik menjadi lebih detail.

Ultra Steady Video 3.0

Fitur yang sudah ada sejak Oppo Reno2 ini sekarang menjadi lebih sempurna. Pada Reno4, fitur ini tidakhanya bisa digunakan di kamera belakang, tetapi juga kamera depan. Kamera depan Reno4 dilengkapi dengan algoritma Electronic Image Stabilization. Ultra Steady Video 3.0 menggunakan stabilisasi gambar yang disempurnakan guna mempermudah pengguna untuk menangkap video yang stabil dari sebuah aktivitas berintensitas tinggi. Selain itu, kamera belakang Reno4 dilengkapi Video Ultra Steady dan Ultra Steady Video Pro yang memungkinkan pengguna merekam video lebih stabil pada saat berjalan, berlari, atau bersepeda.

Hasil dari AI Portrait Mode Oppo Reno4. Objek tetap mempertahankan warna aslinya, sementara latar belakang menjadi hitam putih.

“Melalui fitur-fitur yang dihadirkan di Oppo reno4 seperti AI Portrait Mode atau video monokrom, membuat saya lebih mudah mengabadikan sebuah momen. Anda bisa bayangkan untuk menjadikan foto dengan objek berwarna dengan latar belakang hitam putih, biasanya dilakukan dengan sebuah proses di software editing foto. Buat pengguna pro mungkin bisa melakukannya hanya dalam hitungan menit. Namun buat pengguna biasa, menghasilkan foto seperti tangkapan Oppo Reno4 ini dengan software editing tentunya bisa memakan waktu berjam-jam,” ujar Rio Motret, Fotografer profesional yang sudah merasakan kemampuan Oppo Reno4 di sisi kamera.

Seperti smartphone Oppo lainnya, Oppo Reno4 juga dilengkapi dengan aplikasi video editing SOLOOP pre-installed di dalamnya, sehingga pengguna Oppo reno4 bisa mengedit video dengan lebih mudah. Mereka bisa membuat konten menarik untuk kebutuhan media sosial.

Spesifikasi umum Oppo Reno4: 

Rear Camera Feature Ultra Steady Video 3.0

AI Color Portrait Mode

Monochrome Video

Slow Motion: 960fps@720P, 480fps@1080P, 240fps@720P, and 120fps@1080P

Front Camera Feature Ultra Steady Video

AI Color Portrait Mode

Slow Motion: 240fps@720P and 120fps@1080P

Front Ultra Steady Video: work with most filters at 30fps@720P and 30fps@1080P, and with bokeh and beautification at 30fps@720P

Video Feature SOLOOP video editor

 

Tags: , ,


COMMENTS