June 24, 2020

Permudah Masyarakat Berkurban dan Berdonasi, Dompet Dhuafa Luncurkan Chat Pay

Penulis: Karyo | Editor: Rizki Romdoni
Permudah Masyarakat Berkurban dan Berdonasi, Dompet Dhuafa Luncurkan Chat Pay  

Mobitekno – Dompet Dhuafa senantiasa berupaya mempermudah masyarakat untuk menyalurkan donasinya dengan bantuan teknologi digital. Saat di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, Dompet Dhuafa meluncurkan satu kemudahan baru dengan meluncurkan Chat Pay atau WhatsApp Dompet Dhuafa Digital Banking.

Kemudahan tersebut menambah layanan masyarakat untuk berdonasi dan berkurban di kondisi tatanan baru kehidupan akibat pandemi Covid-19.

Menurut Imam Rulyawan, selaku Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa, layanan tersebut diharapkan dapat memudahkan masyarakat berdonasi, baik dalam menunaikan zakat, sedekah, infak maupun wakaf yang dapat diakses hanya dengan ponsel pintar. Sehingga, saat masyarakat tetap beraktivitas dari rumah atau dalam pembatasan sosial, tetap dapat menggulirkan kebaikan-kebaikan untuk sesama.

“Melalui Chat Pay, Dompet Dhuafa mengajak semua lapisan masyarakat untuk berkurban dan berdonasi, semudah menarikan jari tangan di layar smartphone. Kemudahan tersebut menjadi kemasan terbaru berbagi kebaikan dari Dompet Dhuafa di tengah pandemi Covid-19,” ucap Imam, Senin (22/6).

Imam menjelaskan bahwa perkembangan teknologi komunikasi menjadi motivasi Dompet Dhuafa untuk terus menghadirkan kemudahan berdonasi hingga membayar kurban dari genggaman. Munculnya beberapa pilihan membayar kurban secara online atau melalui aplikasi digital, turut mendongkrak penghimpunan dana sosial termasuk kurban. Adanya Chat Pay tentu menambah daftar layanan kemudahan tersebut.

Terkait caranya, Imam memaparkan, “Pengguna tinggal masuk dalam WhatsApp Dompet Dhuafa Digital Banking. Kemudian mengenalkan diri, selanjutnya Anda akan diarahkan dengan mengetik Daftar#Nama Lengkap#Email hingga petunjuk untuk ketik MENU, maka petunjuk selanjutnya anda di arahkan pada 3 pilihan yaitu DONASI, KURBAN dan INFORMASI,”

“Sebagai contoh jika anda pilih KURBAN, selanjutnya akan muncul pilihan KURBAN dengan jenis Domba/kambing Standar (23-28 kg) Rp. 1.490.000 Ketik: STANDAR; Domba/Kambing Medium (29-34 kg) Rp. 1.690.000 Ketik: MEDIUM; Domba/kambing Premium (> 35kg) Rp. 1.890.000 Ketik: PREMIUM; Sapi (250-300kg) Rp. 12.975.000 Ketik: SAPI, lalu ketik pilihan kurban contoh (SAPI). Kemudian secara otomatis muncul Rekening Virtual Account (VA) yang bisa di copy dan digunakan untuk pembayaran melalui transfer via ATM maupun Mobile Banking berserta jumlahnya,” Imam melanjutkan.

Sementara itu pengamat ekonomi makro, DR. Hendri Saparini mengatakan bahwa WhatsApp Pay adalah salah satu inovasi digital yang sangat baik, yang akan memudahkan kegiatan berdonasi masyarakat Indonesia.

“Beban kita belum selesai dalam menghadapi Covid-19, untuk membagi beban tersebut yaitu dengan Inovasi WhatsApp Pay hal tersebut akan memudahkan masyarakat untuk gotong royong secara digital. Selain memudahkan bersedekah, aplikasi ini juga memudahkan masyarakat untuk menunaikan ibadah kurban. Masyarakat akan semakin mudah berkurban dengan harga terjangkau sekaligu memberdayakan peternak yang saat ini mereka juga terdampak pandemi Covid-19,” ujarnya.

Di lain sisi, Yuniara Kuswinda, Transactional Business Division BNI Syariah, menyambut baik program Kurban Dompet Dhuafa tahun ini yang menggandeng BNI Syariah sebagai bank partner, untuk layanan transaksi perbankan menggunakan Virtual Account BNI Syariah.

“Dompet Dhuafa telah menjadi nasabah BNI Syariah sejak periode awal berdirinya BNI Syariah. Sejauh ini, kerja sama BNI Syariah dengan Dompet Dhuafa terkait dengan penyaluran bantuan kemanusiaan dan transaksi menggunakan rekening giro BNI Syariah untuk rekening penampungan Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF),” jelas Yuniara Kuswinda.

Sebagai Hasanah Banking Partner, BNI Syariah memudahkan transaksi pembayaran kurban dan donasi melalui virtual account. Dengan menggunakan virtual account BNI Syariah, masyarakat dimudahkan dalam hal pembayaran. Karena menggunakan beberapa opsi pembayaran baik single bank, multibank, dan multi channel. Diharapkan dengan penggunaan virtual account, BNI Syariah turut mendorong target untuk program kurban Dompet Dhuafa tahun ini, sebesar 40.000 hewan kurban atau naik 60% dibandingkan tahun sebelumnya.

“Di tengah pandemi, kenaikan transaksi online menjadi bukti tren positif masyarakat dalam bertransaksi. Maka, di sini saya optimis bahwa kerja sama dengan Dompet Dhuafa tersebut akan mendapat sambutan baik dari masyarakat,” pungkas Yuniara Kuswinda.

Tags: , , , ,


COMMENTS