June 24, 2020

ColorOS Pada Oppo Find X2 dan Find X2 Pro Raih Skor Antutu Tertinggi

Penulis: Desmal Andi
ColorOS Pada Oppo Find X2 dan Find X2 Pro Raih Skor Antutu Tertinggi  

Mobitekno – Skor Antutu tertinggi untuk Oppo Find X2 dan Oppo Find X2 Pro ini ada di daftar Antutu versi Mei 2020. Masing-masing meraih skor 604.123 dan 600.884. Tentunya, keberhasilan mencatat skor Antutu ini tidak lepas dariperanan ColorOS.

Persaingan antar-brand smartphone membawa banyak smartphone tampil dengan jenis dan spesifikasi hardware yang hampir sama satu sama lain. Namun, apakah ini sangat menentukan nilai kinerjanya? Ada peranan lain yang mendorong kinerja smartphone, yaitu sistem operasi. Faktanya, sistem operasi yang menunjang kinerja sebuah smartphone.

Oppo melalui ColorOS tidak pernah berhenti untuk berinovasi dan mengembangkan sistem operasinya ini. ColorOS bahkan menjadi sistem operasi pertama di industri yang dilengkapi dengan mesin anti-fragmentation. Apa itu Anti Fragmentation? Ini merupakan teknologi yang memungkinkan memori ponsel untuk mengurangi frekuensi fragmentasi memori hingga 99 persen. Kecepatan pada pengelolaan blok besar pada RAM pun meningkat hingga 18 persen. Teknologi ini juga dapat mengurangi terjadinya splash screen, flashback, dan crash yang disebabkan oleh fragmentasi memori virtual hingga 93 persen.

“Masalah fragmentasi memori pada sistem Android sudah lama menjadi kritikan pedas. Kami mengatasi tantangan tersebut dengan menghadirkan mesin anti-fragmentation, yang dapat secara signifikan meningkatkan kelancaran pada penggunaan ponsel untuk jangka panjang,” jelas Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia, ColorOS.

Hyper Boost 3.0

Oppo juga mengembangkan sebuah teknologi yang dinamakan Hyper Boost. Teknologi ini dapat meningkatkan kemampuan scene boost, kecerdasan frame rate, dan optimalisasi sentuhan pada layar. Hyper Boost bekerja dengan cara mengaktifkan komunikasi dua arah secara real-time antara aplikasi dan sistem, sehingga dapat mengoptimalkan alokasi sumber daya sistem secara menyeluruh.

Satu teknologi yang dikembangkan Oppo dalam ColorOS adalah UI First. UI First dapat mengatur task scheduling dengan cerdas dan efisien. Teknologi ini juga dapat mengelola memori serta akses IO. Dengan teknologi ini, ColorOS mampu meningkatkan pemanfaatan RAM hingga 40% dan mendongkrak respon sistem hingga 30%, bahkan pada saat beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan.

Di ColorOS terbaru, yaitu ColorOS 7.1, Oppo menghadirkan penyempurnaan pada keseluruhan siste,, seperti mendukung refresh rate tinggi 120Hz dan meningkatkan frame rate video untuk menunjang motion picture agar terlihat lebih mulus. Hal ini dapat memberikan pengalaman menonton terbaik dan mengesankan.

“Kami percaya bahwa sebuah ponsel yang dapat berfungsi dengan sangat mulus tidak terlepas dari dukungan sistem operasi yang handal. Hanya ketika produsen ponsel dapat memadukan kinerja software dan hardware dengan tepat, jalan menuju masa depan perangkat seluler yang lebih maju dapat terbuka,” tutup Aryo Meidianto.

Tags: , , ,


COMMENTS