January 24, 2020

Permintaan iPhone 11 Menguat, Apple Dorong TSMC Meningkatkan Produksi Chip A13

Penulis: Rizki Romdoni
Permintaan iPhone 11 Menguat, Apple Dorong TSMC Meningkatkan Produksi Chip A13  

Mobitekno – Sebuah laporan mengabarkan bahwa Apple telah mendorong TSMC untuk meningkatkan produksi prosesor A13. Pasalnya, permintaan iPhone 11 lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya. Laporan tersebut tiba setelah iPhone 11 dan iPhone 11 Pro diterima dengan baik di Cina dengan jumlah penjualan yang sehat.

Bloomberg telah menerbitkan berita dan menyatakan bahwa seri iPhone 11 “mengungguli pasar dan harapan Apple.” Dengan kata lain, raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino harus meningkatkan kapasitas produksi untuk ponsel cerdasnya untuk memenuhi permintaan yang tinggi. TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company) merupakan produsen utama prosesor PC dan seluler. Perusahaan ini juga merupakan merek terkenal yang memasok chipset A13 untuk Apple yang digunakan dalam jajaran iPhone 11-nya.

Chipset A13 Bionic milik Apple 

Lebih jauh, alasan utama Apple meningkatkan produksi chipset juga terkait dengan model iPhone yang terjangkau. Dilaporkan bahwa perangkat ini akan menampilkan desain yang mirip dengan iPhone 8 tetapi dengan prosesor A13 yang lebih baru dan lebih cepat. Sayangnya, itu belum dikonfirmasi secara resmi, akan tetapi iPhone 8 menjadi salah satu iPhone terlaris dalam beberapa tahun terakhir karena harganya yang lebih murah.

Akhir tahun ini, Apple juga akan meluncurkan jajaran iPhone 2020 yang akan tiba dengan prosesor generasi baru, kemungkinan SoC A14. Produksi untuk chipset generasi berikutnya ini akan mulai pada kuartal kedua tahun 2020, dan akan berada pada proses 5nm yang baru. A13 diproduksi pada proses 7nm, yang berarti bahwa iterasi yang lebih baru harus lebih kuat dan hemat energi.

iphone 11

Jajaran iPhone 11

Para analis telah mengklaim bahwa seri iPhone 11 berkinerja lebih baik dari yang diperkirakan sebelumnya. IPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max saat ini menyumbang sekitar 69 persen dari semua iPhone yang dijual pada kuartal keempat tahun 2019.

Tags: , , ,


COMMENTS