September 23, 2020

AMD Luncurkan Prosesor Mobile AMD Ryzen™ dan Athlon™ 3000 C-Series, Prosesor Mobile Chromebook Berbasis “Zen” Pertama

Penulis: Karyo | Editor: Rizki R
AMD Luncurkan Prosesor Mobile AMD Ryzen™ dan Athlon™ 3000 C-Series, Prosesor Mobile Chromebook Berbasis “Zen” Pertama  

Mobitekno – AMD baru saja mengumumkan prosesor Mobile AMD Ryzen™ dan Athlon™ 3000 C-Series yang merupakan mobile AMD Ryzen™ pertama dan prosesor mobile AMD Athlon™ terbaru untuk platform Chromebook. Performanya diklaim lebih cepat hingga 178% dibandingkan dengan generasi sebelumnya dalam menjelajah di web.

Desain prosesor ini bekerja sama dengan Google, memperkenalkan jajaran prosesor mobile AMD Ryzen dan Athlon 3000 C-Series untuk perangkat Chromebook pertama bertenaga arsitektur “Zen” dengan sistem dari Acer, ASUS, HP, dan Lenovo yang diluncurkan pada Q4 2020. Prosesor mobile AMD Ryzen 3000 menawarkan performa hingga 212% lebih baik untuk multitasking dan kreasi konten dibandingkan dengan AMD Chromebook generasi sebelumnya.

Dengan built-in AMD Radeon™ Graphics, prosesor mobile AMD Ryzen 3000 C-Series menyertakan grafis paling kuat yang tersedia di Chromebook. Secara rinci, prosesor ini dibangun pada arsitektur “Zen” yang bertenaga dengan grafis AMD Radeon terbaik di kelasnya,

“Chromebook berbasis prosesor AMD Ryzen dan prosesor Athlon menghadirkan perpaduan CPU, grafis, dan performa keseluruhan untuk tetap produktif serta kemudahan dalam pembelajaran jarak jauh dan bekerja jarak jauh yang memberikan pengalaman terbaik,” kata Saeid Moshkelani, senior vice president and general manager, Client Compute, AMD, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/9).

Prosesor mobile 3000 C-Series yang hemat daya ini memungkinkan desain Chromebook lebih tipis dan ringan dengan ketahanan baterai yang lama serta kemampuan Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5 untuk konektivitas yang ditingkatkan. Rangkaian prosesor seri 3000-C ini terdiri dari AMD Ryzen™ 7 3700C, AMD Ryzen™ 5 3500C, AMD Ryzen™ 3 3250C, AMD Athlon™ Gold 3150C, dan AMD Athlon™ Silver 3050C.

Ryzen 2

Beberapa keunggulan prosesor ini di antaranya adalah memberikan performa premium untuk Chromebook, dimana menghadirkan:

  • Kinerja grafis lebih baik hingga 251% dibandingkan dengan AMD Chromebook generasi sebelumnya[ii]
  • Kinerja produktivitas lebih cepat hingga 104% dibandingkan dengan AMD Chromebook generasi sebelumnya.
  • Editing foto yang lebih baik hingga 152% dari AMD Chromebook generasi sebelumnya.

Prosesor mobile AMD Ryzen dan Athlon 3000 C-Series segera hadir dalam sistem dari mitra OEM utama di pasar konsumen, pendidikan, dan enterprise.

Athlon 1

“Chromebook terus menjadi pasar yang berkembang pesat di mana pelanggan mencari desain menarik dan fitur terbaik untuk mendukung pekerjaan, pendidikan, dan gaming mereka dengan Chrome OS,” kata John Solomon, Vice President of Chrome OS, Google.

Ia menambahkan, “Kemitraan kami dengan AMD, bersama dengan penawaran Chromebook berbasis prosesor Ryzen yang belum pernah terjadi sebelumnya, memberi konsumen bahkan pilihan yang lebih luas dari desain Chromebook dengan harga terjangkau yang menghadirkan konektivitas super cepat, ketahanan baterai yang lama, dan kemampuan untuk mentenagai beban kerja multitasking,”

Tags: , , , ,


COMMENTS