April 23, 2020

Hasil Uji Jaringan: Sinyal Telkomsel Sudah Siap Hadapi Lonjakan Trafik di Ramadan dan Idul Fitri

Penulis: Desmal Andi
Hasil Uji Jaringan: Sinyal Telkomsel Sudah Siap Hadapi Lonjakan Trafik di Ramadan dan Idul Fitri  

Mobitekno – Walau Presiden RI Joko Widodo sudah memutuskan untuk melarang aktivitas mudik, tetapi Telkomsel tetap siap menghadapi lonjakan trafik di bulan Ramadan dan Idul Fitri 2020 (RAFI 2020). Kesiapan ini diinformasikan Telkomsel pada Selasa 21 April 2020 berdasarkan hasil uji jaringan dan penguatan virtual monitoring yang mereka lakukan.

Masyarakat memang dilarang untuk mudik. Namun, ada kemungkinan kendaraan niaga yang berhubungan dengan distribusi sembako dan kebutuhan masyarakat lainnya tetap bisa beroperasi penuh. Oleh sebab itu, berdasarkan dari hasil uji jaringan dengan melakukan test drive secara langsung, coverage sinyal Telkomsel sudah mencapai 100 persen di semua jalur Tol di Sumatra, Jawam dan Kalimantan. Begitu juga dengan jalur kereta api Trans-Jawa.

“Telkomsel memastikan masyarakat Indonesia bisa tetap bersilaturahmi dengan seluruh keluarganya walau dilakukan dari rumah. Kesiapan jaringan Tekomsel ini merupakan upaya kami untuk membantu pemerintah dalam mendistribusikan bahan pokok dan kebutuhan kesehatan selama Ramadan dan Idul Fitri,” ujar Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel.

Dari hasil uji jaringan, kekuatan sinyal 4G di sepanjang tol Trans Sumatra mencapai 90,94 persen dengan tingkat keberhasilan panggilan 98,74 persen. Sementara di sepanjang tol Trans Jawan kekuatan sinyal 4G dan keberhasilan panggilan mencapai 99 persen. Untuk jalur kereta api juga sama, sinyal 4G sudah meng-cover 100 persen dengan success call senesar 97,22 persen. Untuk di jalan utama dan jalan tol Balikpapan-Samarinda parameter success call rate sudah mencapai 97,92%, dengan cakupan sinyal 4G mencapai sekitar 90% mengikuti proses pengembangan infrastuktur di sepanjang jalur tersebut yang masih berjalan.

Untuk uji jaringan ini, parameter pengukuran yang digunakan adalah kekuatan daya pancar dan daya terima perangkat (Coverage), tingkat kesuksesan panggilan (Call Setup Success Rate/CSSR), tingkat kontinuitas panggilan (Call Completion Success Rate/CCSR), lama durasi dalam melakukan panggilan (Call Setup Time/CST), kualitas suara (Mean Opinion Score/MOS), dan kecepatan akses data (Data Throughput). Secara umum, drive test yang dilakukan memberikan hasil yang baik, dengan perolehan Coverage 91.48%, CSSR 99.68%, CCSR 98.70%, CST 5.87 detik, MOS≥3: 96.15%, dan rata-rata Data Throughput mencapai 8.97 Mbps (average).

Di samping itu, sebagai bagian dari dukungan terhadap imbauan pemerintah untuk menerapkan physical distancing dalam proses bekerja, sebagian besar proses operasionalisasi monitoring dan penanganan aktivitas pengamanan jaringan selama masa RAFI 2020 ini dilakukam secara virtual monitoring. Implementasi virtual monitoring diharapkan mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan jaringan sekaligus menjaga keselamatan dan kesehatan karyawan Telkomsel selama pemberlakuan situasi darurat nasional Covid-19.

Karyawan atau teknisi Telkomsel yang karena jenis pekerjaannya harus bertugas di lapangan dalam menjaga kualitas jaringan juga telah dibekali perlengkapan keamanan yang sesuai dengan standar protokol kesehatan yang berlaku. Seluruh upaya ini dilakukan Telkomsel juga untuk mendukung upaya penyesuaian proses kerja dengan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah ditetapkan Pemerintah RI dan sudah dijalankan di berbagai daerah.

 

 

 

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS