February 20, 2020

Dijagokan Jadi Raja Smartphone Entry Level, Ini Daya Tarik Realme C3

Penulis: Iwan RS
Dijagokan Jadi Raja Smartphone Entry Level, Ini Daya Tarik Realme C3  

Mobitekno – Realme Indonesia ingin menunjukkan keagresifannya di pasar smartphone lokal. Setelah bulan lalu meluncurkan smartphone empat kamera Realme 5i (kisaran Rp 1,8 hingga 2 juta), Realme kembali meramaikan pasar dengan meluncurkan smartphone entry level terbaru, Realme C3, pada bulan Februari ini (19/2/2020) di Jakarta.

Berbekal layar 6,5 inci (HD+, 720 x 1560 pixel, 20:9 ratio, SBR 89,8 persen, ~270 ppi) dengan poni yang lebi kecil (disebut Mini drop), Realme C3 diklaim menawarkan pengalaman gaming, audio dan video yang maksimal bagi pengguna tanpa harus menguras dompet.

Menurut Palson Yi, Senior Brand Manager Realme Indonesia, smartphone penerus Realme C2 ini membawa peningkatan performa karena diperkuat chipset 12nm MediaTek Helio G70 (CPU Octa-core 2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.7 GHz Cortex-A55 dan GPU Mali-G52 2EEMC2) yang lebih bertenaga. Realme C3 menjadi smartphone pertama di Indonesia yang mengusung chipset Helio G70 dari MediaTek.

Menurut Palson Yi, Realme C3 ingin meneruskan kesuksesan Realme C series sebelumnya yang sudah diluncurkan di Indonesia. “Realme C series, C1 dan C2 sudah terjual 10,2 juta, ini merupakan suatu kesuksesan kita dan dilanjutkan dengan menghadirkan Realme C3,” ujar Palson.

Ditambahkan oleh Felix Christian, Product Manager Realme Indonesia, “Realme C3 saat ini menjadi the new entry level king kami, memiliki upgrade dari seri sebelumnya. Warna Frozen Blue, terinspirasi dari gletser dan Blazing Red yang terinspirasi dari lava yang panas”.

Dari segi kamera belakang, ponsel ini memiliki tiga lensa, yaitu makro lens 2 MP aperture f/2.4, utama 12 MP f/1.8 dan portrait 2 MP f/2.4, dengan berbagai fitur di antaranya chroma boost, mode portrait, dan 4cm super macro.

“Kamera depan dengan AI Beauty 5 MP menghasilkan gambar yang maksimal dengan aperture f/2.4. Fiturnya, ada panorama selfie yang bisa digunakan untuk mendokumentasikan momen bersama keluarga di satu frame,” ujar Felix

Realme C3 ditenagai dengan baterai 5000mAh yang menurut pengujian Realme mempunyai daya tahan hingga 727,2 jam, telepon 43,9 jam, navigasi 25,6 jam, musik 19,4 jam, nonton 20,8 jam dan main game PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds) 10,6 jam. Sebagai bonus, kapasitas baterai Realme C3 yang besar juga dapat digunakan sebagai powerbank untuk perangkat lain (dengan kabel OTG).

Cukup disayangkan, Relame C3 masih menggunakan port Micro-USB untuk charging dan transfer data di saat smartphone di kelas entry level sudah banyak yang beralih ke port

Realme C3 memiliki slot card untuk tiga kartu, masing-masing untuk dua SIM card dan satu microSD (hingga 256 GB). Realme C3 juga telah mendukung fasilitas biometrik melalui sensor finger print (di sisi belakang) yang responsif (screen unlock hanya 0,27 detik) dan sistem pengenalan wajah di bagian depan.

Sebagai produsen smartphone yang ‘berakar’ dari Oppo, Realme mulai menunjukkan jatidirinya yang lebih independen. Dimulai dari menghadirkan user interface (UI) terbaru, yaitu Realme UI (berbasis Android 10). Realme UI membawa beberapa fitur turunan dari UI terbaru Oppo, Color OS 7, dengan memberikan tampilan/desain yang berbeda.

“Realme UI membuat warna lebih menarik, ikon lebih dinamis minimalis yang bisa dikustomisasi, walpaper tersedia 11 pilihan, dan dengan tampilan animasi lebih menarik dan enak dilihat memberikan pengalaman mulus dan dinamis,” papar Felix.

Realme C3 hanya dengan dalam satu varian, yaitu dengan kapasitas RAM dan internal storage 3 GB/32 GB. Harganya dipatok sebesar Rp 1,699 juta. Selama masa flash sale (penjualan online pada tanggal 25 Februari pukul 09.00 WIB) di realme.com, Lazada, dan AkuLaku) harganya ‘hanya’ Rp 1,549 juta. Selain itu, pada hari peluncurannya (19/2/2020) pukul 19.00 WIB di realme.com digelar juga undian penjualan perdananya dengan cashback 100 persen. Pemenang akan mendapatkannya langsung (diantarkan langsung) oleh Palson Yi,” ujar Felix.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS