June 19, 2020

Enam Seri Honda Racing Simulator Championship akan Digelar Honda untuk Amatir dan Profesional

Penulis: Desmal Andi
Enam Seri Honda Racing Simulator Championship akan Digelar Honda untuk Amatir dan Profesional  

Mobitekno – Bukan Honda jika tidak bergelut di dunia balapan. Ungkapan ini dilontarkan Honda saat meluncurkan event balap virtual honda Racing Simulator pada Kamis, 18 Juni 2020, secara online. Ajang balap virtual dengan nama Honda Racing Simulator Championship (HRSC) ini akan digelar honda Prospect Motor (HPM) yang bekerjasama dengan HM Engineering, perusahaan yang memproduksi perangkat simulator. Rencananya ada enam seri yang akan digelar selama tahun 2020 ini.

“Adanya Honda Racing Simulator Championship ini menjadikan ajang balap virtual ini sebagai yang pertama digelar oleh pabrikan otomotif di Indonesia. Racing memang sudah ada di dalam DNA Honda. Oleh karena itu, Honda tidak bisa dipisahkan dengan aktivitas balapan,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director Honda Prospect Motor. “Ajang ini bisa menjadi wadah untuk para pembalap pemula dalam mengasah bakatnya. Balapan akan digelar dalam enam seri mulai,” lanjut Billy.

Babak kualifikasi akan digelar terlebih dahulu untuk menyaring 60 pembalap terpilih. Selanjutnya, dari 60 pembalap tersebut, Honda akan membaginya ke dalam dua kelas, yaitu Amatir dan profesional. Adanya kelas amatir memungkinkan masayarakat umum pun bisa ikut serta di ajang balapan ini. Hadiah sebesar Rp 65 juta untuk lima pembalap terbaik di dua kelas akan menanti di akhir seri balapan.

Sementara untuk para pemenang balapan, Honda pun menyediakan hadiah senilai Rp 5 juta untuk pemenang pertama di kelas amatir, Rp 4,5 juta untuk pemenang kedua, dan Rp 3 juta untuk pemenang ketiga.

Sementara di kelas profesional, Honda menyediakan Rp 20 juta untuk pemenang pertama, Rp 10 juta untuk pemenang kedua, Rp 8 juta untuk pemenang ketiga, Rp 6,5 juta untuk pemenang keempat, dan Rp 5,5 juta untuk pemenang kelima.

Honda

Balapan dengan Konsep One Make Race

Konsep yang akan diusung dalam balapan vitrrual ini adalah One Make Race. Jadi, Honda akan menyediakan mobil balap Honda Civic Type R Sport yang masih bisa disesuaikan oleh pembalap untuk menyesuaikan sirkuit. Pembalap pun akan berlomba untuk mengumpulkan poin dari setiap seri yang diikutinya. Ada enam seri yang akan dijalankan, yaitu Seri balapan Jepang (Sirkuit Suzuka), Malaysia (Sepang), Inggris (Silverstone), Brasil (Interlagos), Belanda (Zaandvoort), dan Portugal (Estoril).

Bagi masyarakat yang berminat mengikuti ajang balapan virtual ini, pendaftaran sudah dibuka sejak 15 Juni 2020 hingga 4 Juli 2020. Sementara kompetisi balapan akan dimulai pada 4 Juli 2020 hingga 29 Agustus 2020. Balapannya sendiri akan disiarkan langsung melalui akun Youtube dan Facebook resmi Honda Prospect Motor.

Balap virtual yang dieselnggarakan Honda Prospect Motor ini akan menjadi aktivitas yang pas bagi para pencinta dan pemilik bakat balapan di Indonesia, di tengah pandemi Covid-19. Apalagi, kondisi New Normal yang akan dihadapi semua masyarakat, semakin menunjukkan bahwa masayarakat akan terbiasa dengan dunia serba digital.

“Ajang balapan virtual ini tampaknya tepat digelar di kondisi menuju New Normatl. Kini masyarakat semakin terbiasa menggunakan platform digital dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari,” tutup Billy.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS