September 17, 2020

Mampu Mengecas 10 Mobil Listrik Taycan Sekaligus, Porsche Perkenalkan Mobile Charger Berkapasitas 2.1 MWh

Penulis: Rizki Romdoni
Mampu Mengecas 10 Mobil Listrik Taycan Sekaligus, Porsche Perkenalkan Mobile Charger Berkapasitas 2.1 MWh  

Mobitekno – Porsche belum lama ini memperkenalkan solusi pengisian daya mobile yang terdiri dari sistem baterai 2,1 MWh seperti Megapack dalam sebuah trailer [kontainer] yang dapat mengisi daya hingga 10 mobil listrik sekaligus. Industri kendaraan listrik masih mencoba mencari tahu semua detail infrastruktur pengisian daya yang diperlukan untuk mendukung elektrifikasi.

Pada beberapa tempat dan area terpencil, segelintir pabrikan sedang mengerjakan solusi pengisian daya mobile yang cukup menarik. Misalnya Audi, yang memiliki kontainer dengan baterai dan pengisian daya yang bisa digunakan untuk mengecas mobil listrik. Lalu, ada Tesla yang telah membangun trailer dengan Megacharger, solusi penyimpanan energi yang besar, dan beberapa kios Supercharger yang terhubung dengannya.

Dan kini, Porsche meluncurkan sistem serupa untuk pengalamannya sendiri.

The Hungaroring di Budapest adalah tempat Porsche Track Experience khusus beberapa hari yang lalu, dimana ‘Soul on Track’ menawarkan pelanggan kesempatan untuk menguji Taycan di sirkuit. Namun acara mengemudi seperti itu memberikan tantangan khusus kepada penyelenggara, ketika sejumlah besar mobil Taycan perlu diisi daya dengan cepat secara bersamaan, infrastruktur lokal tentu tidak selalu sesuai dengan tuntutan pekerjaan.

Solusi di pasaran tidak membuat puas pabrikan mobil asal Jerman tersebut. Bersama dengan mitranya dalam proyek itu, akhirnya Porsche berhasil memproduksi tujuh truk pengisian daya mobile dengan sistem pengisian hak milik dan unit penyimpanan penyangga.

Ragnar Schulte, director of experiential marketing di Porsche, mengatakan, “Kami sekarang telah menggunakan truk di berbagai acara di seluruh Eropa dan telah melakukan sekitar 5.000 operasi pengisian daya – terkadang pada suhu ekstrem hingga minus 40 derajat. Oleh karena itu, kinerja mereka telah dicoba dan diuji,”

Sistemnya cukup impresif dengan peringkat daya 3,2 MW yang mampu mengisi daya 10 mobil listrik Taycan sekaligus. Sistem ini dilengkapi dengan baterai 2,1 MWh yang mampu membuktikan 30 pengisian daya sampai penuh. Terkait solusi pengisian daya baru, Porsche menyiratkan bahwa perusahaan memiliki beberapa truk yang telah dilengkapi baterai dan sistem pengisian daya.

Tags: , , , ,


COMMENTS