August 17, 2020

Diprediksi Akan Menjadi Teknologi Canggih di Smartphone, Apa Itu Ultra Wideband di Galaxy Note20 Ultra?

Penulis: Desmal Andi
Diprediksi Akan Menjadi Teknologi Canggih di Smartphone, Apa Itu Ultra Wideband di Galaxy Note20 Ultra?  

Mobitekno – Ada yang menarik dalam kehadiran Samsung Galaxy Note20 Series. Samsung memang menyematkan banyak inovasi dan teknologi ke dalam smartphone ini. Tujuannya, sudah tentu untuk meningkatkan produktivitas para penggunannya. Mulai dari S pen yang kini hadir dengan latensi rendah, S Notes yang dapat bekerja lebih optimal, prosesor Exynos 990 dengan fabrikasi 7nm, memori 8GB RAM LPDDR5, hingga fitur kamera yang bisa melakukan zoom 50x. Namun, ada satu teknologi lagi yang hadir di Galaxy Note20 Ultra dan ini baru diterapkan Samsung ke produk smartphonenya, yaitu teknologi Ultra Wideband (UWB).

Hingga saat ini bisa dikatakan Samsung Galaxy Note20 Ultra sebagai smartphone Android pertama yang mengusung Ultra Wideband. Teknologi ini sebenarnya sudah hadir cukup lama dan ditujukan untuk digunakan untuk perangkat-perangkat pintar. Ini merupakan teknologi canggih yang dapat meningkatkan kecepatan transfer data lebih kencang dari teknologi lainnya yang biasa kita kenal saat ini, seperti bluetooth dan Wi-Fi.

Apa Itu Ultra Wideband?

Dikutip dari Wikipedia, Ultra Wideband atau dikenal sebagai UWB merupakan teknologi radio yang dapat menggunakan tingkat energi sangat rendah dalam melakukan komunikasi jarak pendek. Teknologi ini menggunakan bandwidth dengan memanfaatkan frekuensi yang berjangkauan luas. UWB juga menggunakan spektrum radio yang tersebar. Dengan demikian transmisi data akan memiliki halangan atau hambatan yang sangat kecil. Hal ini tentu berbeda dengan Bluetooth atau Wi-Fi yang menggunakan spektrum tetap. Selain itu, UWB juga dapat beroperasi pada daya yang sangat rendah dan jarak jangkauan sekitar 10 meter.

Dengan bandwidth yang besar serta spektrum yang tersebar tentunya banyak keuntungan yang bisa didapat dengan teknologi ini. Tidak heran di awal kehadirannya, teknologi UWB ini dimanfaatkan oleh militer dalam melakukan tugasnya. Teknologi UWB ini lebih presisi dibandingkan Bluetooth dan Wi-Fi. Namun, semakin berkembangnya teknologi, UWB memiliki tujuan yang lebih besar, yaitu sebagai teknologi yang mendukung koneksi perangkat pintar, terutama Internet of Things. Hal ini pun sempat dijelaskan Samsung dalam acara peluncuran Galaxy Note20 Series. Samsung akan lebih serius dalam mendukung Smart Things yang kini menjadi bagian juga dari Galaxy Ecosystem.

Bandwidth besar dan spektrum lebih luas membuat transfer data menjadi lebih cepat dan presisi dibandingkan Bluetooth dan Wi-Fi

Ultra Wideband untuk Internet of Things

Melihat banyak keunggulan dari teknologi UWB ini dan perkembangan perangkat IoT yang semakin pesat, banyak perusahaan smartphone mulai mengembangkan dan berencana menyematkan teknologi ini ke dalam smartphone buatannya. Namun, Samsung melangkah lebih cepat melalui Galaxy Note20 Ultra.

Walaupun perangkat yang mendukung UWB ini masih terbilang jarang, tetapi teknologi yang menggunakan frekuensi tinggi (hingga 8,250 Mhz) ini sudah siap digunakan untuk mendukung perangkat pintar lainnya. Misalnya, dengan UWB pengguna Galaxy Note20 bisa meminta Smart Assistant untuk membuka pintu rumah atau pintu mobil. Tentunya keduanya juga harus memiliki teknologi yang sama.

Dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki teknologi UWB ini, penggunaan UWB yang pada awal tahun 2000 hanya terbatas pada militer saja, kini berkembang jauh. UWB akan menjadi teknologi berikutnya di dunia smartphone yang mendukung ekosistem perangkat pintar IoT.

“Ultra Wideband sendiri merupakan teknologi yang masih terbilang baru. Dan di kita sendiri baru ada di Galaxy Note20 Ultra. Berbeda dengan Quick Share yang lebih dikhususkan untuk bertukar data, UWB menyasar ke perangkat IoT. Salah satu contohnya, jika pintu rumah atau mobil sudah menggunakan UWB juga, hanya dengan mendekatkan Galaxy Note20 Ultra, pintu bisa membuka sendiri,” ujar  Taufiqul Furqan, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, di acara Galaxy First Look, 6 Agustus 2020.

Ultra Wideband akan berperan besar dalam ekosistem IoT

Bagi yang berminat memiliki Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra, pre-order bisa melakukan proses pemesanan melalui sistem pre-order. Samsung sudah membuka pre-order ini sejak 6 Agustus 2020 dan akan berlangsung hingga 19 Agustus 2020. Samsung memberikan penawaran menarik selama masa pre-order, yaitu:

  • Galaxy Note20 dibanderol dengan harga Rp 14.499.000. Setiap pemesanan akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds+ senilai Rp 2.399.000.
  • Galaxy Note20 Ultra varian 256GB memiliki harga Rp 17.999.000, sementara varian 512GB dibanderol senilai Rp 19.999.000. Setiap pemesanan Galaxy Note 20 Ultra akan disertai dengan  e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds Live senilai Rp 2.599.000.

Peserta pre-order juga berkesempatan untuk mendapatkan Bank Cashback hingga Rp1.000.000 dengan bunga cicilan 0% dan periode hingga 24 bulan bila menggunakan mitra-mitra Bank Samsung di Indonesia. Sedangkan bagi yang sudah register sebelumnya di situs resmi Samsung dan melanjutkan dengan pembelian akan mendapatkan smart case cover senilai Rp699.000.

Dan untuk konsumen yang ingin langsung melakukan Trade-In dengan smartphone lamanya, Samsung juga memberikan kesempatan di masa pre-order ini. Konsumen dapat mengunduh aplikasi GLPTradeIn. Aplikasi akan langsung mengidentifikasi smartphone Anda dan jumlah yang harus dibayarkan untuk melanjutkan pre-order Galaxy Note20 Series.  Konsumen akan mendapatkan kode yang dapat digunakan langsung untuk melakukan pre-order di situs resmi Samsung.

Untuk mengikuti pre-order atau mendapatkan informasi lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengunjungi situs pre-order Samsung di www.galaxylaunchpack.com serta berbagai e-commerce yang telah bekerja sama dengan Samsung untuk pre-order kali ini, yaitu Lazada, JD.ID, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka.com, Dinomarket, dan Globalteleshop.

Khusus bagi pelanggan yang melakukan pre-order di periode 5-9 Agustus 2020 akan berkesempatan mengikuti program flash sale, yaitu potongan hingga 30% untuk perlindungan 24 bulan seharga Rp1.469.300 dan potongan hingga 5% untuk perlindungan 12 bulan seharga Rp1.281.550. Untuk detail lebih lanjut mengenai paket perlindungan Samsung Care+, konsumen dapat langsung mengunjungi https://www.samsung.com/id/offer/samsung-care-plus/.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS