July 17, 2020

Duo BMW X3 M dan X4 M Competition Berperforma Tinggi Siap Melaju di Jalan Raya

Penulis: Rizki Romdoni
Duo BMW X3 M dan X4 M Competition Berperforma Tinggi Siap Melaju di Jalan Raya  

Mobitekno – BMW Indonesia kembali meluncurkan dua mobil sekaligus melalui virtual launching pada Kamis (16/7), yaitu BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition. Kedua mobil ini diklaim sebagai kendaraan berperforma tinggi di antara SAV atau SAC milik BMW lainnya.

“Kedua kendaraan ini memiliki mesin bensin enam silinder segaris paling kuat dibandingkan model BMW M manapun dengan 510 hp,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia dalam acara Virtual Media Launch di Jakarta, Kamis (16/7).

Ramesh menambahkan, kedua kendaraan ini memiliki mesin bensin straight-six paling kuat dibandingkan model BMW M manapun dengan 510 HP. Kekuatan ini sangat serasi dengan karakteristik khas BMW M, yaitu dinamis, tangkas, dan presisi, namun tetap memberikan fungsionalitas dan kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh.

Kedua kendaraan ini sama-sama menggunakan mesin 6-silinder 3.000 cc bi-turbo dengan luapan tenaga puncak 510 hp dan torsi maksimum 600 Nm pada rentang 2.600 – 5.950 rpm. Mesin 30 hp ini lebih tinggi dibandingkan versi non-Competition. Selain itu, ada banyak teknologi baru pada mesin 6-silinder generasi paling anyar ini. Antara lain dua turbocharger mono-scroll yang masing-masing memasok udara tekan ke silinder 1 – 3 dan 4 – 6.

BMW X4 M Competition

Kemudian, katup wastegate dibuat lebih lebar demi meningkatkan efektivitas catalytic converters yang diposisikan dekat dengan mesin.

Crank shaft juga didesain baru menggunakan forged pistons, serta ada sistem electronic control oil baru, trottle valve yang juga baru, sampai exhaust system dengan quad pipe yang baru juga. Hasilnya, kedua mobil ini dapat melesat 0-100 km/jam hanya dalam 4,1 detik.

Kedua BMW M Competition ini menggunakan BMW M rem compound berukuran 395 mm 4 piston untuk bagian depan dan 370 mm single piston mengisi bagian belakang. Penggunaannya mampu mengurangi beban putaran roda sebesar 6,5 kg.

BMW X3 M Competition

Kedua model akan tersedia di Indonesia dalam jumlah yang sangat terbatas, dijual oleh dealer resmi BMW M mulai 17 Juli dengan harga Rp 2.189.000.000,- (off-the-road) untuk BMW X3 M Competition  dan Rp 2.229.000.000,- (off-the-road) untuk BMW X4 M Competition.

Tags: , , , , ,


COMMENTS