May 17, 2020

Solusi SanDisk Ini Bikin Semua Orang Siap Hadapi Situasi “The New Normal”

Penulis: Desmal Andi
Solusi SanDisk Ini Bikin Semua Orang Siap Hadapi Situasi “The New Normal”  

Mobitekno – Adanya pandemi Covid-19 ini membuat penduduk seluruh dunia diimbau untuk melakukan aktivitasnya dari rumah. Tentunya hal ini membuat perangkat-perangkat pintar menjadi andalan untuk melakukan pekerjaan dan aktivitas lainnya di rumah. Salah satunya adalah smartphone dan laptop. Bahkan, menurut survei JFK baru-baru ini, peningkatan kedua perangkat ini mengalami peningkatan selama situasi Work From Home berlangsung. Kenyataan ini dipaparkan langsung oleh perwakilan Western Digital saat berlangsungnya Webinar Datascrip Solution Day e-Conference 2020 yang berlangsung Jumat, 15 Mei 2020.

“Siapa yang tidak mengenal smartphone saat ini? Tentunya di situasi sekarang ini, ad banyak orang melakukan komunikasi virtual. Dan, smartphone menjadi salah satu perangkat yang diandalkan,” ujar Tjhin Merry selaku Western Digital (WD) Sales Manager. “Bahkan, menurut Deka Insight, 97 persen orang menjadikan smartphone sebagai Daily Driver Gadget mereka. Ini membuat adanya tren penyimpanan digital di masyarakat,” lanjut Tjhin Merry.

Tjhin Merry menyampaikan solusi SanDisk untuk situasi WFH

Merry juga menambahkan bahwa sebagian besar konten yang ada saat ini diambil menggunakan smartphone. Mulai dari pengambilan foto, video, penggunaan VR, AR, hingga rekaman video beresolusi 4K, semua bisa dilakukan smartphone. Oleh sebab itu, tren ini juga mengakibatkan adanya peningkatan jumlah download aplikasi smartphone. Dampaknya, banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan kehabisan memory internal. Dengan demikian, memori tambahan yang biasanya berbentuk MicroSD pun menjadi andalan mereka.

SanDisk memiliki beberapa jenis microSD yang dapat meningkatkan kinerja smartphone terutama di sisi storage. Bahkan, tidak hanya solusi berbentuk perangkat keras, Sandisk juga menyediakan aplikasi pendukung untuk mengelola file-file yang disimpan di dalam microSD. Aplikasi yang disediakan seperti Sandisk Secure Access juga dapat menjaga file-file penting dalam folder yang dijaga password. Ini tentunya membuat nyaman bagi penggunanya karena saat ini data merupakan harta yang berharga. Solusi yang disediakan SanDisk ini tidak hanya berlaku untuk penyimpanan dalam bentuk microSD, tetapi juga flash drive.

Salah satu solusi dari aplikasi SanDisk untuk meningkatkan kinerja smartphone

New Normal dengan Laptop

Selain smartphone, WD juga melihat laptop menjadi andalan banyak orang untuk melakukan pekerjaan dari rumah. WD menilai ternyata banyak orang tidak siap dengan situasi The New Normal ini. Mengapa? Mereka baru menyadari perangkat laptop yang dimiliki memiliki keterbatasan kinerja saat digunakan untuk bekerja secara online. Hal ini disampaikan langsung oleh Soetrisno Poerwadi selaku WD Sales Manager Indonesia.

Menurut Soetrisno, ada enam hal yang sebaiknya dimiliki oleh perangkat PC atau laptop agar nyaman digunakan untuk situasi Work From Home. Keenam hal tersebut adalah, perfotma tinggi, durabilitas yang baik, andal, konsumsi daya yang rendah, biaya kepemilikan yang tidak tinggi, dan tentunya memiliki brand terpercaya.

Namun begitu, SanDisk memiliki solusi untuk meningkatkan kinerja PC atau laptop ini. Salah satu diantaranya menggunakan jenis penyimpanan SSD, bukan lagi HDD. Penggunaan SSD bisa meningkatkan kinerja laptop cukup signifikan. Proses baca dan tulis yang dihasilkan akan meningkat. Dengan demikian, kinerja laptop pun menjadi kencang.

SSD plus dari SanDisk merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kinerja laptop. SSD ini memiliki kecepatan baca hingga 545 MB per detik. Hal yang sama juga berlaku untuk kecepatan tulis, yaitu mencapai 450 MB per detik. Dengan bobot yang ringan dan bentuk lebih ringkas, SSD tentunya menjadi pilihan yang ideal untuk mempercepat kinerja laptop, tanpa harus mengganti keseluruhan laptop.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS