January 17, 2020

IGL Musim Kedua: Turnamen PES dan FIFA 2020 Siap ‘Kick Off’

Penulis: Rizki R
IGL Musim Kedua: Turnamen PES dan FIFA 2020 Siap ‘Kick Off’  

Mobitekno – Usai menuai kesuksesan pada pergelaran FIFA 19 FUT musim pertama pada tahun lalu dengan menjaring hampir 2.000 peserta, Indonesia Gaming League (IGL) kini kembali hadir di musim kedua dengan menggelar tiga turnamen game sepakbola populer, yaitu FIFA FUT 2020, FIFA 20 Kick Off & eFootball PES 2020. IGL musim kedua didukung penuh oleh Asosiasi Video Game Indonesia (AVGI) dan akan bekerja sama dengan 1011 event.

Frans Silalahi selaku Ketua Umum IGL menyatakan bahwa kompetisi ini bisa menarik banyak komunitas PES atau FIFA di seluruh kota se-Indonesia. Turnamen yang dihelat pun bisa menjadi ajang pembuktian diri bahwa dialah yang terbaik di Indonesia.

“Perbedaannya dengan musim pertama, kami mencatat nyaris 2.000 peserta dalam platform FIFA Kick Off di 20 kota dan FUT 2019. Di musim ini, IGL akan tiba di 32 kota dengan 64 titik venue. Tentunya, dengan perluasan titik permainan dan kehadiran PES bisa membuat pemain tertarik mengikuti kompetisi ini. Tak hanya itu, dari sisi hadiah juga bertambah. Kalau tahun lalu itu total hadiah Rp130 juta, tahun ini Rp260 juta ” jelas Frans.

Tak hanya turnamen, IGL juga akan meluncurkan situs web resmi dan sebuah aplikasi. Nantinya, semua informasi terkait berita turnamen, eSports, pendaftaran calon pemain, profil pemain FIFA maupun PES yang telah lolos hingga klasemen akan dihadirkan secara menyeluruh dan akan dilakukan pembaruan secara berkala.

frans silalahi

“Bicara tahun lalu, provinisi Bali menjadi satu daerah dengan potensi pemain FIFA yang baik. Terbukti telah menjuarai regional timur,” jelas Frans.

Satu hal yang unik adalah untuk penyelenggaraan laga Kick Off FIFA dan eFootball PES wilayah Banten dan sekitarnya akan dihelat di kantor DPRD Banten. Sebagaimana diutarakan oleh Klemens, Ketua Kepengurusan AVGI daerah Banten, “Kami sangat senang bisa membantu dan menudkung penuh IGL musim kedua demi memajukan perkembangan eSports di Tanah Air.

Skema Turnamen

PES Kick Off: Dari 64 top player yang berhasil lolos akan bertanding kembali hingga jumlahnya menjadi 16 pemain. Kemudian, 8 pemain yang berhasil menang dalam fase tersebut akan otomatis lolos ke Big League, sementara 8 pemain lainnya akan memperebutkan empat slot tersisa guna berkompetisi di Big League.

PES Online: untuk online akan dibuka dua series, dimana masing-masing series bakal diisi oleh 512 slot. Dalam setiap series akan dipilih 6 pemain terbaik. Artinya, akan ada 12 pemian dari divisi online yang akan tergabung di Big League PES Kick Off yang berjumlah 24 orang.

Beralih ke FIFA Kick Off, skemanya tetap sama dengan PES. Bedanya, akan ada 8 pemain undangan dari IGL musim lalu yang berpartisipasi di ajang tersebut. Selain itu, 24 slot tersisa akan diperebutkan ratusan pemain dari 64 titik.

Di ajang FUT, IGL akan membuka maksimal 512 slot pemain per pekan. Nantinya, bakal ada 8 qualifier. Setiap pekan, IGL akan mengambil 4 pemenang kualifikasi guna mendapatkan 32 pemain yang siap berkompetisi di ajang FUT Champions dengan skema knock out dalam dua leg pertandingan.

Kualifikasi ketiga turnamen ini akan digelar mulai 18 Januari hingga awal April 2020. Soal pendaftaran bisa dilakukan di venue kompetisi dan mendaftarkan diri melalui aplikasi IGL yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store atau App Store.

Tags: , , , ,


COMMENTS