August 16, 2020

Perjalanan Samsung DeX yang Semakin Sempurna, Galaxy Note20 Series Kini Mengadopsi Wireless DeX

Penulis: Desmal Andi
Perjalanan Samsung DeX yang Semakin Sempurna, Galaxy Note20 Series Kini Mengadopsi Wireless DeX  

Mobitekno – Era digital seperti saat ini membuat aktivitas hidup setiap orang semakin dinamis. Oleh sebab itu, produktivitas pun tidak terhalang lagi harus dilakukan dari kubikal meja kerja saja. Melalui smartphone misalnya. Orang kini lebih bebas dan dinamis dalam melakukan pekerjaannya dimanapun dan kapanpun mereka berada. Keberadaan smartphone sudah menjadi salah satu bagian penting dari kehidupan banyak orang.

Samsung Galaxy Note20 Series yang hadir belum lama ini juga hadir untuk menunjang produktivitas penggunanya. Namun begitu, tidak hanya memiliki performa untuk melakukan pekerjaan, Galaxy Note20 Series ini juga mumpuni untuk diajak bermain dan menikmati hiburan. Berkat spesifikasi yang andal, terutama dari penggunaan prosesor Exynos 990 yang dipadukan dengan memori 8GB RAM LPDDR5, Galaxy Note20 Series mampu melakukan hampir semua hal. Performa smartphone yang ditambah inovasi Samsung yang tiada henti membuat Galaxy Note20 Series bisa menjawab tantangan produktivitas yang ada di era modern saat ini.

Salah satu fitur yang terus berinovasi dan kini hadir semakin sempurna adalah Samsung Desktop Experience, atau lebih dikenal dengan Samsung DeX. Fitur ini memudahkan Anda untuk mengakses smartphone dan PC atau laptop secara bersamaan tanpa harus repot. Pekerjaan Anda menggunakan smartphone dan PC pun menjadi lebih fleksibel. Performa dari smartphone pun membuat Samsung DeX bisa berjalan mulus di perangkat PC, laptop, atau smart monitor.

Perjalanan Samsung DeX

Samsung DeX sendiri pertama kali hadir di tahun 2017 di perangkat Samsung Galaxy S8 dan S8+. Saat pertama kali hadir, DeX masih membutuhkan sebuah docking untuk menyambungkan smartphone ke PC atau layar yang lebih besar. Docking Station ini berisi berbagai macam port, seperti USB C, ethernet, USB 2.0, dan HDMI. Dengan kata lain, Samsung DeX membuat smartphone menjadi sebuah CPU. Oleh sebab itu, diperlukan spesifikasi andal untuk mendukung performanya karena pengguna akan merasakan seperti menggunakan PC Desktop.

Setelah itu, Samsung DeX terus dikembangkan dan turut hadir juga di berbagai smartphone flagship keluaran Samsung, termasuk Galaxy Note Series. Di tahun 2019, Samsung semakin serius mengembangkan DeX karena dianggap dapat mendukung kebutuhan masyarakat secara mobile. Di tahun ini, keberadaan docking station pun diganti dengan sebuah perangkat adaptor DeX HDMI, kabel, dan multiport, yang berukuran lebih kecil.

Kini, di tahun 2020, walau masih didera kondisi pandemi Covid-19, inovasi untuk DeX ini terus berlanjut. Seiring dengan perkenalan dan peluncuran Samsung Galaxy Note20 Series, Samsung semakin memudahkan penggunanya dengan menghadirkan Wireless DeX. Kini, untuk menggunakan DeX tidak memerlukan kabel lagi. Cukup dengan teknologi Wi-Fi Direct, smartphone dan PC atau berbagai monitor pintar lainnya bisa terhubung dengan mudah.

“Jadi Samsung DeX yang ada sekarang berbeda dengan sebelumnya. Jika pada Galaxy Note Series sebelumnya masih menggunakan Docking Station dan kabel, kini Galaxy Note20 Samsung DeX hadir dengan lebih simple, tanpa kabel. Sebagai smartphone yang membawa pesan Power to Work dan Power to Play, tentunya hal ini sangat mendukung produktivitas terutama di pandemi Covid-19, dimana banyak orang melakukan aktivitas masih dari rumah. Menyelesaikan pekerjaan, menonton hiburan, atau hal lainnya bisa dilakukan secara bersamaan,” ujar Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, saat di acara Galaxy First Look, 6 Agustus 2020.

Samsung DeX versi awal masih menggunakan Docking Station seperti ini.

Wireless DeX yang Tidak Merepotkan Lagi

Ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan pengguna Galaxy Note20 Series dengan hadirnya Wireless DeX ini. Salah satunya adalah konektivitas yang lebih sederhana. Kini tidak perlu lagi menyambungkan berbagai kabel ke dalam docking station Samsung DeX. Cukup nyalakan Desk Mode, proses mirroring dapat berlangsung cepat.

Wireless DeX ini juga mendukung hampir samua smart monitor yang ada saat ini. Dengan demikian, dukungan perangkat untuk DeX ini sudah sangat luas. Ditambah dengan keyboard dan mouse yang juga menggunakan teknologi wireless, Anda sudah bisa merasakan kemampuan smartphone dalam bentuk desktop dengan kekuatan CPU dari Galaxy Note20 Series. Jika dikoneksikan dengan PC dan laptop pun, ini membuat aktivitas dan produktivitas menjadi lebih baik. Saat Anda sedang asyik menonton Youtube di aplikasi PC, dan tiba-tiba ada e-mail yang harus dijawab di perangkat smartphone, semuanya bisa dilakukan di satu perangkat saja secara bersamaan.

Wireless DeX yang tidak bikin repot. foto: androidheadline.com

Multitasking dan Gaming yang Lebih Maksimal

Samsung DeX juga identik dengan multitasking. Dengan mengaktifkan DeX Mode di PC, Anda juga bisa melakukan share pekerjaan dengan rekan lainnya. Tampilan yang lebih besar membuat pekerjaan tersebut menjadi lebih nyaman untuk dikerjakan secara bersama-sama. Proses editing, menambahkan catatan, hingga melengkapi dokumen, bisa dilakukan lebih leluasa. Apalagi, Anda pun bisa membuka aplikasi lainnya untuk mendukung pekerjaan ini.

Tidak hanya untuk pekerjaan. Untuk bermain game pun menjadi lebih maksimal. Mungkin ada beberapa orang yang merasa lebih nyaman bermain game dengan layar yang lebih besar. Dengan Samsung DeX, semua ini bisa dilakukan. Beberapa kesulitan yang kadang dihadapi gamer yang tidak terbiasa dengan tampilan mobile bisa diatas. Bahkan, dengan menambahkan mouse gaming dan keyboard gaming, bermain game di layar besar tentu bisa menambah pengalaman Anda.

Keunggulan-keunggulan yang dimiliki Samsung DeX ini tentunya patut dicoba untuk pengguna Galaxy Note20 series. Pengalaman yang lebih advance pun bisa didapat dengan menggunakan DeX Mode ini. Apalagi teknologi Wireless DeX bisa membuat meja kerja lebih rapi sehingga tidak mengganggu Anda dalam bekerja, bermain, ataupun menikmati hiburan.

Bagi yang berminat memiliki Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra, pPre-order bisa melakukan proses pemesanan melalui sistem pre-order. Samsung sudah membuka pre-order ini sejak 6 Agustus 2020 dan akan berlangsung hingga 19 Agustus 2020. Samsung memberikan penawaran menarik selama masa pre-order, yaitu:

  • Galaxy Note20 dibanderol dengan harga Rp 14.499.000. Setiap pemesanan akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds+ senilai Rp 2.399.000.
  • Galaxy Note20 Ultra varian 256GB memiliki harga Rp 17.999.000, sementara varian 512GB dibanderol senilai Rp 19.999.000. Setiap pemesanan Galaxy Note 20 Ultra akan disertai dengan  e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds Live senilai Rp 2.599.000.

Peserta pre-order juga berkesempatan untuk mendapatkan Bank Cashback hingga Rp1.000.000 dengan bunga cicilan 0% dan periode hingga 24 bulan bila menggunakan mitra-mitra Bank Samsung di Indonesia. Sedangkan bagi yang sudah register sebelumnya di situs resmi Samsung dan melanjutkan dengan pembelian akan mendapatkan smart case cover senilai Rp699.000.

Dan untuk konsumen yang ingin langsung melakukan Trade-In dengan smartphone lamanya, Samsung juga memberikan kesempatan di masa pre-order ini. Konsumen dapat mengunduh aplikasih GLPTradeIn. Aplikasi akan langsung mengidentifikasi smartphone Anda dan jumlah yang harus dibayarkan untuk melanjutkan pre-order Galaxy Note20 Series.  Konsumen akan mendapatkan kode yang dapat digunakan langsung untuk melakukan pre-order di situs resmi Samsung.

Untuk mengikuti pre-order atau mendapatkan informasi lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengunjungi situs pre-order Samsung di www.galaxylaunchpack.com serta berbagai e-commerce yang telah bekerja sama dengan Samsung untuk pre-order kali ini, yaitu Lazada, JD.ID, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka.com, Dinomarket, dan Globalteleshop.

Khusus bagi pelanggan yang melakukan pre-order di periode 5-9 Agustus 2020 akan berkesempatan mengikuti program flash sale, yaitu potongan hingga 30% untuk perlindungan 24 bulan seharga Rp1.469.300 dan potongan hingga 5% untuk perlindungan 12 bulan seharga Rp1.281.550. Untuk detai lebih lanjut mengenai paket perlindungan Samsung Care+, konsumen dapat langsung mengunjungi https://www.samsung.com/id/offer/samsung-care-plus/

Tags: , , , ,


COMMENTS