September 15, 2020

Oppo Perkenalkan ColorOS 11, Akan Hadir di 28 Smartphone Oppo

Penulis: Desmal Andi
Oppo Perkenalkan ColorOS 11, Akan Hadir di 28 Smartphone Oppo  

Mobitekno – Oppo secara resmi memperkenalkan sistem operasi ColorOS 11 kepada para pengguna Oppo. Sistem operasi berbasis Android 11 beta ini membawa banyak fitur di dalamnya, termasuk fitur-fitur yang dapat meningkatkan performa produk smartphone Oppo. Kehadiran ColorOS 11 ini tidak lama setelah Google memperkenalkan Android 11 pada tanggal 8 September 2020.

“Setelah Google melakukan pembaruan dan peningkatan Android 11 pada 8 September 2020, tidak lama para pengguna Oppo langsung mendapatkan notifikasi untuk versi beta. Tentunya ada beberapa perbedaan yang ada di ColorOS 11 ini dibandingkan ColorOS sebelumnya,” ujar Aryo A Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia di acara ColorOS 11 Media Briefing, 15/9/2020. “Tidak hanya menyajikan Android 11 tercepat, ColorOS 11 juga melakukan kolaborasi dengan Google,” lanjut Aryo.

Salah satu hasil kolaborasi ini adalah penyempurnaan fitur 3-Finger Screenshot menjadi 3-Finger Translate. Screen capture yang menggunakan tihga jari ini ini bisa langsung ditranslate ke dalam bahasa lainnya. Ini merupakan kerjasama yang apik antara tim Google Lens dengan tim ColorOS. Jadi, hasil screen capture tidak hanya bisa disimpan, tetapi juga bisa ditranslate.

Fitur menarik lainnya yang hadir di ColorOS 11 adalah Dark Mode. Fitur ini memang sebelumnya sudah hadir di ColorOS 7. Namun, di versi 11, ColorOS memiliki kustomisasi khusus dimana sistem akan mengizinkan aplikasi-aplikasi yang belum mendukung dark mode, bisa menerapkan dark mode di ColorOS 11. Bahkan, durasi dark mode bisa diatur oleh pengguna. Selain itu, di ColorOS 11, Oppo menyediakan tiga opsi Dark Mode, yaitu ada tiga opsi dark mode di ColorOS 11 ini, yaitu Enhanced, Medium, dan Gentle.

Oppo juga menyempurnakan fitur Always On Display dengan tawaran kustomisasi yang lebih personal. Jadi, fitur ini tidak hanya menampilkan jam atau layar hitam seperti sebelumnya, tetapi juga bisa meletakkan hal lain di layar tersebut, termasuk personalisasi melalui pola-pola yang disediakan yang bisa mengikuti pergerakan jari.

Kebebasan lain juga bisa dilihat pada fitur wallpaper. Kini pengguna bisa membuat wallpaper sendiri dengan mudah dan cepat. Sebuah algoritma khusus diintegrasikan ke ColorOS 11. Algoritma ini bisa membuat mendeteksi warna-warna pada sebuah foto lalu kemudian menterjemahkannya menjadi sebuah wallpaper menarik. Selain wallpaper, di ColorOS 11 ini pengguna juga bisa membuat nada dering sendiri dimana suara atau musiknya bisa ditentukan sesuai dengan mood pengguna.

Kustomisasi memang menjadi hal yang menonjol dari ColorOS 11. Ini yang membedakan ColorOS 11 dengan ColorOS sebelumnya.

Ketersediaan ColorOS 11 untuk Jajaran Produk Smartphone Oppo

Setelah diumumkan, Oppo langsung mengeluarkan informasi mengenai produk-produk mana saja yang akan mendapatkan update ColorOS 11 ini. Produk flagship seperti Find X2 Series mendapatkan giliran pertama untuk ColorOS 11 berbasis Android 11 Beta. Selanjutnya ada jajaran Reno Series dan beberapa A-Series. Total ada 28 produk Oppo yang akan mendapatkan update ColorOS 11 ini, mulari dari 14 September 2020 hingga kuartal 2 tahun 2021.

Produk Oppo yang akan mendapat update ColorOS 11 berbasis Android 11 Beta

Menariknya, Indonesia mendapat kesempatan pertama untuk mencicipi ColorOS 11 ini di produk Oppo Find X2. Selain kesempatan spesial, Indonesia menjadi salah satu negara yang menyumbang fitur-fitur pada ColorOS 11 ini berdasarkan banyaknya feedback yang masuk ke Oppo.

“Salah satu yang terlihat di ColorOS 11 hasil feedback dari masyarakat Indonesia adalah UI-nya yang bisa dikustomisasi. Hal in karena banyak pengguna Oppo di Indonesia menginginkan perangkat yang simpel, terlihat modern, elegan, dan mudah digunakan. Fitur berikutnya yanng berdasarkan feedback masyarakat Indonesia adalah Battery Guard. Fitur ini bisa melihat kebiasaan pengguna dalam melakukan pengisian ulang smartphonenya,” tutup Aryo.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS